Translate this page from Indonesian to .......

English French German Spain Italian Dutch Japanese Korean Chinese Simplified

Widget edited by Computer Trend
Adeline Adinoto
Lotek Mahmud – Kuliner Bandung
Reviewed by : Adeline Adinoto
Jika Anda datang ke Bandung dan mencari tempat makan enak yang murah meriah, sempatkan diri Anda untuk bertandang ke Lotek Mahmud. Rumah makan yang berlokasi di Jl Mahmud IV/No 9 Bandung ini terbilang sederhana. Tempat makannya hanya berupa meja dan kursi kayu atau plastik, namun kelezatan dari Lotek Mahmud Bandung ini sudah teruji. Lotek Mahmud Bandung ini buka mulai pukul/jam 08.00 WIB sampai dengan pukul/jam 16.00 WIB. Telp tempat kuliner Lotek Mahmud Bandung adalah +62 22 6010347, jika Anda membutuhkannya.

Lotek Mahmud 3 Petis Tahu

Memang untuk mencapai tempat yang satu ini repot jika hujan, karena terletak di jalan yang sempit, menyebabkan mobil tidak dapat masuk langsung di depan Lotek Mahmud Bandung ini. Bagi pengendara sepeda motor, Anda masih dapat langsung berhenti di tempat tujuan. Jika Anda membawa mobil, parkir saja mobil Anda di depan jalan Mahmud IV, jangan khawatir, berhubung tempat makan kuliner di Bandung yang satu ini terbilang banyak penggemarnya, maka biasanya tukang parkir yang ada akan siap sedia memberitahu dimana kita bisa memarkir mobil. Rentetan mobil yang akan parkir untuk menikmati hidangan di Lotek Mahmud Bandung ini sudah diatur dengan baik oleh tukang parkir.

Menu yang tersedia di Lotek Mahmud Bandung ini sebenarnya terbilang sederhana namun sedap menggoda. Tersedia Lotek, Gado-gado, Nasi Rames, Nasi Lengko, Nasi Bakut, Nasi Bakmoy, Kangkung Petis, Tahu Petis, tersedia pula berbagai macam Rujak, seperti Rujak Surabaya, Rujak Uleg, Rujak Cuka, dan Rujak Banci. Untuk minuman sendiri di Lotek Mahmud Bandung ini Anda bisa menikmati Es Jeruk, Es Campur, Es Cendol, atau Es Cincau. Ada pula Es Kolak, Es Buah, Es Teh Tawar/Manis, atau malah jika Anda tidak memesan minum apapun, tersedia minuman teh tawar gratis.

Lotek Mahmud 2 Lotek Mahmud

Nasi lengko serta tahu petis di tempat makan enak Bandung yang satu ini memang tiada duanya. Jika Anda memesan tahu petis, Anda bisa memilih menggunakan nasi putih atau lontong, semua tergantung keinginan Anda. Nasi lengko ataupun lontong tahu petis dua-duanya terbilang enak, sangat pas di lidah. Anda dijamin akan puas memakannya. Harganya pun terbilang murah meriah, cukup dengan merogoh kocek Rp 11.000, Anda sudah bisa menikmati hidangan kuliner Bandung yang satu ini. Oya, bagi Anda yang tidak suka seledri, jangan lupa mewanti-wanti saat memesan tahu petis, kalau tidak akan susah menyingkirkan seledri yang sudah tercampur seperti yang dialami penulis.

Nasi Lengko Lotek Mahmud

Untuk kangkung petis, rasa yang ada terbilang manis, bagi Anda penggemar rasa manis, jangan ragu untuk menyantap hidangan Lotek Mahmud yang satu ini. Namun jika Anda merasa terlalu manis, atau merasa terlalu monoton (karena isinya hanya kangkung dengan sambal petis), minta saja krupuk (Anda bisa meminta beberapa yang biasanya akan dihidangkan di piring, atau membeli seplastik yang biasanya akan terhitung lebih murah dibandingkan membeli satuan), hmmm, dengan krupuk, makan kangkung petis dijamin akan lebih ‘maknyuss.’Saat Anda memesan jangan lupa menyebutkan kadar pedas makanan yang Anda pesan supaya sesuai dengan selera Anda. Bila saat menikmati hidangan yang ada, Anda masih merasa kurang pedas, tambahkan saja sambal yang tersedia di meja.
Nasi bakmoy serta nasi bakut juga terbilang menjadi favorit penggemar disini. Namun kelihatannya nasi bakmoy lebih dominan dipesan oleh pengunjung yang datang. Sedangkan jika Anda memilih nasi rames, Anda tidak perlu khawatir menunggu lama, karena lauk-pauk dari nasi rames sudah tersedia, tinggal menunggu diramu untuk dihidangkan di piring Anda. Harganya pun terbilang murah meriah di Bandung, hanya sekitar Rp 10.000 an. Jangan khawatir menunggu lama jika Anda memesan disini, walaupun tempat makan enak di Bandung yang satu ini terbilang sederhana, namun sistem pelayanan yang ada sudah termasuk terkoordinasi dengan baik, sehingga biasanya pengunjung tidak akan menunggu terlalu lama untuk dilayani disini.

Bagi Anda yang ingin makan tahu gejrot, jangan cemas, selagi menunggu pesanan Anda terhidang di Lotek Mahmud Bandung, Anda bisa menyantap tahu gejrot yang telah dipesan (biasanya selalu ada Tahu Gejrot yang nangkring di depan Lotek Mahmud Bandung). Bagi Anda penggemar pedas, jangan lewatkan macam-macam Es yang tersedia di Lotek Mahmud Bandung ini untuk menetralisir rasa pedas yang Anda rasakan.

Jadi bila Anda berkunjung ke kota kembang Bandung dan mencari tempat makan kuliner enak murah meriah, datang saja ke Jl Mahmud untuk mencicipi berbagai macam hidangan di Lotek Mahmud Bandung.

Lanjutkan Membaca “Lotek Mahmud – Kuliner Bandung”  »»
Adeline Adinoto
Award yang Pertama
Reviewed by : Adeline Adinoto

Thank You so much....for Hero..who give this first ever Awards...: "One Lovely Blog Award"...
This award, is really really important as this is my first awards ever. Here is Hero's link.

HERO

This One Lovely Blog Award Rules :
- Accept the award, post it on your blog together with the name of the person who has granted the award, and his or her blog link.
- Pass the award to ten other blogs. Remember to contact the bloggers to let them know they have been chosen for this award

I like to pass on this Award to the following bloggers regardless of if they have it or not already. I want to give this award to my friends. Here they are:

Resep Masakan Indonesia, Search Money, Xpresi - Riau Blogger, Tutorial Joomla, July 15th, Gondes, Riding The Horse, One 4 All, Tips and Cara, Go Freeza, Marketing Tips

To those who do not have this award, you are all welcome to grab it. And for those whose names are not included here, please feel free to grab it too, cause this award is basically for all my friend out there. Enjoy!
Lanjutkan Membaca “Award yang Pertama”  »»
Labels: 7 comments | | edit post
Adeline Adinoto
Tips untuk Menjadi Wirausahawan / Wirausahawati yang Sukses
Reviewed by : Adeline Adinoto
Di tengah ketatnya persaingan global sekarang ini, banyak lulusan-lulusan perguruan tinggi terkenal masih berbondong-bondong mencari pekerjaan. Setiap ada bursa tenaga kerja, iklan lowongan pekerjaan di surat kabar ataupun internet, banyak sekali orang yang berminat. Ditambah lagi dengan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) yang tiada habisnya. Semua itu membuat lapangan pekerjaan yang ada semakin bertambah sempit. Padahal mengapa Anda harus berdesak-desakan mengikuti arus seperti itu? Mengapa tidak terpikir untuk berwiraswasta? Bukankah jalan untuk mencapai keamanan finansial tidak melulu harus bekerja di perusahaan besar, duduk di kantor yang ber-AC dengan memakai jas atau blazer? Tidakkah Anda ingin memiliki kemapanan finansial tersendiri dengan menjadi bos bagi diri Anda sendiri? Bayangkan fleksibilitas waktu yang akan Anda dapatkan. Namun untuk mencapai semua impian itu memang tidaklah mudah. Berikut ini adalah tips-tips yang dapat menjadi bahan pertimbangan bagi Anda yang ingin menekuni usaha berwiraswasta:
  1. Mulailah bermimpi tentang bisnis yang ingin Anda miliki
    Jangan menganggap remeh impian Anda. Mimpi ini penting karena impian ini akan menjadi pembimbing tentang apa yang harus Anda lakukan.
  2. Modal nekat dan berani untuk mencoba
    Tak usah gentar untuk mewujudkan impian Anda. Tidak usah memikirkan terlalu banyak pertimbangan. Bahkan kadang orang-orang terdekat Andalah yang seringkali menjadi penghalang Anda untuk maju. Terlalu lama berpikir-pikir bisa membikin rencana usaha yang Anda inginkan gagal dimulai. Tapi tentu saja jangan asal bertindak. Wujudkanlah dengan bijaksana perencanaan yang Anda ambil.
  3. Manfaatkan sekaligus perluas jejaring untuk mencapai cita-cita
    Jangan malu untuk bertanya dan membuka kesempatan untuk bertemu dan belajar pada orang lain. Siapa tahu mereka bisa menjadi pembuka jalan untuk kesuksesan bisnis Anda. Berkacalah dari pengalaman mereka. Lakukan analisa tentang pemasaran. Perbanyak relasi Anda, karena dengan dukungan jaringan pemasaran yang apik, promosi produk ataupun jasa yang dikelola akan lebih mudah. Lakukan pemasaran yang proaktif untuk dapat menambah relasi dan jaringan pemasaran yang luas.
  4. Cari informasi sebanyak mungkin tentang berbagai hal yang berhubungan dengan rencana bisnis Anda.
    Informasi ini bisa Anda kumpulkan lewat berbagai media. Internet, seminar bisnis, ataupun media surat kabar maupun televisi bisa menjadi sumber informasi yang berguna untuk masukan Anda. Ide-ide baru bisa Anda dapatkan disini.
  5. Rekrut mereka yang mempunyai visi dan misi yang sama tetapi dengan keahlian yang berbeda.
    Penting untuk membentuk tim yang solid dengan visi dan misi yang sama. Keahlian yang berbeda dari tiap orang yang terlibat di dalamnya akan membuat anggota tim yang ada dapat saling melengkapi. Masing-masing menghargai keahlian orang lain.
  6. Jangan mudah menyerah
    Usaha yang sukses pasti memerlukan waktu. Jangan cepat menyerah bila datang halangan atau rintangan. Bangkitlah selalu. Cobalah untuk berjuang mengatasi kendala-kendala yang ada. Yakinlah bahwa kegagalan adalah proses untuk menuju kesuksesan!
  7. Rajin bekerja keras
    Bekerja keras dengan rajin akan mendatangkan kesuksesan. Giatlah jika Anda sudah memulai suatu usaha, jangan setengah-setengah. Sustainable action atau aksi yang terus menerus tanpa henti dibutuhkan untuk meraih keamanan finansial yang diimpikan. Berpikir cerdas dan bekerja keras dengan produktif akan membuat Anda bisa mewujudkan mimpi-mimpi bisnis. Usaha yang Anda kembangkan akan bisa berkembang lebih besar dan sukses.
  8. Sabar
    Apapun yang sudah Anda usahakan pasti akan berbuah bila Anda menjalankan usaha dengan serius dan tekun. Dengan kesabaran yang ada niscaya usaha Anda akan menjadi maju dan sukses.Bertahanlah dengan komitmen yang sudah Anda buat.
  9. Berani tampil beda
    Dengan tampil beda berarti produk atau jasa Anda akan mempunyai keunggulan atau kelebihan yang tidak ada pada produk atau jasa lain yang sejenis. Kunci ‘tampil beda’ dalam mengelola bisnis baru diharapkan mampu menjadikan produk atau jasa yang Anda tawarkan menjadi punya nilai tambah yang dicari oleh konsumen. Dengan menerapkan strategi ‘tampil beda’ pada bidang usaha Anda, bisnis Anda bisa mempunyai “niche market” tersendiri di pasar konsumen yang semakin ketat persaingannya.

Dengan mempraktekkan tips-tips di atas, diharapkan Anda akan dapat mencapai kebebasan finansial yang Anda inginkan. Semoga Anda dapat menjadi wirausahawan/wirausahawati yang sukses.

Artikel Terkait :

Tips Menjadi Kaya Dengan Pola Pikir Miliuner

Lanjutkan Membaca “Tips untuk Menjadi Wirausahawan / Wirausahawati yang Sukses”  »»
Adeline Adinoto
Mie Baso Akung – Kuliner Bandung
Reviewed by : Adeline Adinoto
Rumah makan Mie Baso Akung sudah melayani penggemarnya di Bandung sejak tahun 1996. Tempat makan kuliner di Bandung yang satu ini memang memiliki banyak sekali penggemar. Berlokasi di Jl Lodaya 123 Bandung, dengan nomor telp 022 7314748, Restaurant/rumah makan Mie Baso Akung Bandung ini melayani penggemarnya setiap hari, kecuali hari Jumat. Rumah makan Mie Baso Akung Lodaya Bandung buka mulai pukul 10.00 WIB sampai jam 22.00 WIB.

Photobucket Photobucket

Jika Anda baru pertama kali datang ke rumah makan di Bandung ini, jangan bingung jika melihat banyak mobil parkir di depan, namun tak terlihat pengunjung yang makan di dalam Mie Baso Akung Lodaya Bandung. Mie Baso Akung Lodaya Bandung ini mempunyai pintu masuk berupa lorong samping yang juga dipadati dengan meja-meja. Biasanya para pengunjung memenuhi bagian samping dan dalam (yang dekat dengan air mancur) terlebih dahulu. Jika bagian lorong samping Mie Baso Akung Lodaya Bandung penuh, barulah meja-meja di dalam mulai dipenuhi pengunjung. Setelah tiba di Mie Baso Akung Lodaya Bandung, pertama-tama datanglah ke kassa untuk memesan pesanan yang Anda inginkan.

Photobucket Photobucket

Menu andalan Mie Baso Akung Lodaya Bandung adalah mie/yamin dengan BPTSC (Baso, Pangsit, Tahu, Siomay, Ceker). Di Bandung jarang ada tempat makan mie yang menyajikan mie/yamin lengkap dengan dengan BPTSC (Baso, Pangsit, Tahu, Siomay, Ceker). Maka banyak pengunjung yang menjadi pelanggan di Mie Baso Akung Lodaya Bandung karena jatuh hati dengan hidangan BPTSC (Baso, Pangsit, Tahu, Siomay, Ceker) Mie Baso Akung Bandung. Hidangan BPTSC (Baso, Pangsit, Tahu, Siomay, Ceker) Mie Baso Akung Bandung ini menjadi salah satu ciri khas tempat makan enak yang satu ini. Apalagi bagi Anda penggemar ceker, jangan lewatkan kesempatan kuliner ini untuk menikmati hidangan tersebut. Gurih dan sedapnya ceker akan menambah kenikmatan makan Anda, ditambah lagi dibutuhkan kesabaran dan keterampilan khusus untuk menikmati makanan yang satu ini.
Jika ingin memesan komplit, harga yang dipatok di Mie Baso Akung Lodaya Bandung ini adalah Rp 22.000, harga yang terhitung standar (tidak sampai murah sekali, namun juga tidak mahal). Harga yamin polos Mie Baso Akung Lodaya Bandung Rp 11.000. Jika Anda memesan Yamin/Yamien Baso ataupun Yamin/Yamien Tahu Siomay, harga per mangkok di Mie Baso Akung Lodaya Bandung adalah Rp 16.500. Yamin/yamien yang ada disajikan terpisah dengan baso ataupun tahu siomay yang dipesan.

Photobucket Photobucket

Terlihat di Mie Baso Akung Lodaya Bandung ini Yamin yang dimaksud cenderung berasa manis (rasa ini merupakan rasa standar di Mie Baso Akung Lodaya Bandung, jadi jika Anda kurang menyukai rasa manis, sebaiknya Anda menegaskan keinginan Anda saat memesan di awal). Mangkok kuah yang ada terlihat hijau segar dengan sayuran cai sim. Bila Anda memesan Yamin Baso, terlihat bahwa Anda akan mendapatkan satu buah baso yang berukuran besar dengan dua buah baso berukuran sedang. Penulis berpendapat rasa baso yang besar lebih enak dari yang sedang, karena baso yang ukuran besar dirasa lebih empuk dan gurih.
Bagi penulis sendiri rasa mie atau yamin di Mie Baso Akung Lodaya Bandung sebenarnya termasuk standar (tapi banyak pengunjung di Mie Baso Akung Lodaya Bandung ini berpendapat rasa Mie Baso Akung Lodaya Bandung benar-benar enak), namun porsi mi/yamin yang ada terhitung mantap. Walaupun porsi mie/yamin terlihat biasa (tidak sedikit atau tidak banyak) di awal, Anda dijamin akan merasa kenyang setelahnya (mungkin karena kenyang menikmati kuah yang ada). Kuahnya sendiri sayangnya agak banyak merica.
Di tempat kuliner Bandung yang satu ini juga menyediakan rujak, es duren, ataupun es jeruk kelapa. Harga dari es durian Mie Baso Akung Lodaya Bandung adalah Rp 11.500, bagi Anda penggemar durian jangan lewatkan kesempatan ini untuk mencoba. Harga es jeruk kelapa Mie Baso Akung Lodaya Bandung Rp 8.000.
Jadi bila Anda berkunjung ke Bandung atau bagi Anda penggemar Mie/Yamien dan menyukai BPTSC (Baso, Pangsit, Tahu, Siomay, Ceker), maupun Anda yang sudah bosan dengan batagor (baso tahu goreng) plus kacangnya dan ingin menikmati baso tahu kuah, jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba tempat makan kuliner atau berwisata kuliner di rumah makan/restoran Mie Baso Akung Lodaya Bandung.

Artikel Terkait :

Bakmi Djowo DU 67
Kuliner Bandung Jalan Sutera
Kuliner Bandung Jajanan Malam

Lanjutkan Membaca “Mie Baso Akung – Kuliner Bandung”  »»
Adeline Adinoto
Tips Mengenyahkan Hari yang Buruk (If You Have a Bad Day)
Reviewed by : Adeline Adinoto
Apakah Anda ingin bangun pagi dengan rasa segar dan penuh energi? Seringkah Anda tidur di malam hari dengan senyum bahagia? Anda semua bisa membuat setiap hari menjadi hari yang baik dan menyenangkan. Memang terkadang ada kalanya Anda merasa hari-hari yang Anda lalui seakan dirundung kesialan-kesialan. Apapun yang Anda lakukan selalu saja terganjal atau terhalang sesuatu, mau tak mau Anda menjadi kesal karenanya. Tapi jangan khawatir ada tips-tips atau hal-hal yang bisa dipraktekkan bila Anda baru saja mengalami hari yang buruk atau hal-hal yang mengesalkan. Pertimbangkanlah tips-tips berikut, jangan sampai kekesalah Anda terus berlanjut dan malah merusak semuanya. Berikut ini adalah tips-tips atau kiat-kiat yang bisa Anda jalankan:
  1. Setiap pagi sediakan waktu untuk diri sendiri
    Atur jam weker Anda paling sedikit 15 menit lebih awal. Sesudah terbangun, baringkan diri Anda di ranjang sejenak. Bayangkan apa yang akan Anda kerjakan hari itu. Buat perencanaan yang matang.
  2. Makan sarapan
    Cobalah untuk sarapan. Tidak harus dengan nasi putih. Mungkin setangkup roti dengan segelas susu, atau secangkir teh hijau dengan buah, pilihan di tangan Anda. Dengan sarapan, Anda akan mengawali hari yang baru dengan segar bugar.
  3. Olahraga
    Bersepeda, jalan kaki, lari, apa saja yang membuat Anda mengeluarkan keringat itu baik. Anda bukan hanya jadi lebih berenergi, tapi juga merasa sedang mendisiplinkan diri sendiri. Dengan berolahgara secara teratur banyak manfaat yang akan Anda petik.
  4. Tertawa
    Tertawalah karena tertawa menyehatkan jiwa. Anda bisa berbagi tawa dengan orang-orang terkasih, nonton film komedi, atau acara lawak di TV.
  5. Berkhayal
    Ambil waktu untuk membayangkan diri Anda sendiri pada 5 tahun mendatang. Apakah Anda berada di rumah idaman Anda, punya bisnis yang sukses, tertawa bersama orang-orang tercinta Anda? Jika ya, itu baik. Lalu browsinglah di internet, baca buku atau bertanyalah pada orang-orang yang memiliki semua itu. Berdiskusilah, ambil tindakan yang membuat Anda mendekat ke arah hidup yang Anda impikan.
  6. Bebaskan pikiran
    Waktu malam, gunakan waktu sekitar 15 menit untuk tidak memikirkan apapun yang menekan. Berbaringlah dengan rileks. Bayangkan Anda pergi ke tempat yang Anda sukai, pejamkan mata, biarkan pikiran Anda mengembara. Imajinasi akan membuat Anda tetap hidup.
  7. Lepaskan
    Pertengkaran dengan belahan jiwa, keruwetan pekerjaan di kantor, kesalahpahaman yang terjadi dengan teman, lepaskanlah semua. Jangan memikirkan hal-hal tersebut menjelang tidur karena akan berpengaruh pada kualitas tidur Anda dan kegiatan di hari berikutnya.
  8. Berterimakasih
    Buat daftar 10 hal yang ingin Anda syukuri yang terjadi pada hari ini. Berterimakasih karena kelucuan anak-anak Anda, berterimakasih karena perhatian orang-orang tercinta, berterimakasih pada Sang Pencipta akan anugerah kesehatan, dll. Tak ada yang lebih baik untuk mengawali hari berikutnya dibandingkan dengan mengakhiri hari ini dengan penuh rasa syukur.
So if u had a very bad day, just try to do some of those activities up there. Hope u can be cheered up again!

Lanjutkan Membaca “Tips Mengenyahkan Hari yang Buruk (If You Have a Bad Day)”  »»
Adeline Adinoto
Batagor H. Isan – Kuliner Bandung
Reviewed by : Adeline Adinoto
Semua orang pasti sudah pernah makan batagor, jajanan ini memang populer sekali dimana-mana. Batagor sendiri singkatan dari baso tahu goreng. Di kota kembang Bandung, banyak sekali penjual batagor. Mulai dari batagor yang harganya sekitar Rp 7.000 per buah nya, sampai yang murah meriah yaitu Rp 1.500 per buah nya.
Salah satu batagor murah meriah yang terkenal di Bandung adalah Batagor H. Isan. Lokasi dari Batagor H. Isan ini pusatnya berada di jalan Bojongloa No 38 Bandung (Jalan Bojongloa berada di sekitar jalan Pasirkoja). Bila Anda di Bandung dan ingin melakukan pembelian dalam jumlah banyak di Batagor H. Isan Bojongloa No 38 Bandung untuk oleh-oleh, Anda dapat menghubungi nomor telepon 0816624382 untuk melakukan pemesanan terlebih dahulu. Seperti terlihat pada gambar, banyak pengunjung yang melakukan pembelian dalam jumlah besar. Mungkin karena harga Batagor H. Isan ini memang murah meriah, hanya Rp 1.500 per buah nya.

Batagor Isan 5 Batagor Isan 3

Cabang dari Batagor H. Isan yaitu di Cikawao No. 27A Bandung berada di tepi jalan besar, seperti terlihat pada gambar. No telp Batagor H. Isan di Cikawao No. 27A Bandung adalah 081572446688.

Batagor Isan 4 Batagor Isan 6

Tempat Batagor H. Isan yang di Cikawao No. 27A Bandung ini juga terbilang kecil. Namun, pelanggan yang ada berdatangan dari mana-mana. Tempatnya juga terbilang sangat sederhana. Memang bukan berupa tenda/kaki lima, tapi berupa warung sederhana. Sebagian orang menilai rasa Batagor H. Isan cukup enak, sebagian lagi berpendapat rasa jajanan Bandung yang satu ini sebenarnya standar saja, namun karena dari zaman dulu Batagor H. Isan konstan dalam mempertahankan rasa, dan dari segi harga terjangkau karena murah meriah, maka penggemar jajanan Batagor H. Isan semakin bertambah setiap harinya (Batagor H. Isan sudah melayani penggemarnya sejak sekitar 30 tahun yang lalu). Batagor H. Isan juga membuka cabangnya di food stall seperti di Gerobag Bandung yang berada di Giant Pasteur.

Batagor Isan 2 Batagor Isan 1

Terlihat Batagor H. Isan yang disajikan terpisah dengan sambalnya. Anda dapat makan dengan krupuk untuk lebih nikmatnya. Di tempat jajanan kuliner yang satu ini disediakan krupuk dengan ukuran yang cukup besar, harga per buah nya Rp 500. Makan Batagor H. Isan dengan krupuk, mantap banget rasanya.
Tempat jajanan kuliner Bandung yang satu ini buka mulai pukul 08.00 WIB sampai 19.00 WIB. Di Batagor H. Isan yang di Cikawao No. 27A Bandung ini juga menyediakan mie bakso yang disiapkan sebagai alternatif selain cemilan batagor. Jadi bagi Anda yang sedang menghindari makan makanan berat, yang hanya ingin memuaskan lidah karena perut Anda sebenarnya sudah kenyang, Anda dapat mencoba Batagor H. Isan yang merupakan jajanan / cemilan / oleh-oleh murah meriah di Bandung.

Artkel Terkait :

Kuliner Bandung Jajanan Malam
Kuliner Bandung Makanan Ringan
Kuliner Bandung Jalan Sutera

Lanjutkan Membaca “Batagor H. Isan – Kuliner Bandung”  »»
Adeline Adinoto
Tips Gigi Sensitif
Reviewed by : Adeline Adinoto
Jika anda merasa ngilu ketika minum kopi hangat, makan es krim, ataupun saat mengkonsumsi makanan ataupun minuman lainnya yang panas ataupun dingin, kemungkinan gigi Anda adalah gigi sensitif. Lebih dari sepertiga orang dewasa mengalami sensitivitas gigi. Penyebab utama gigi sensitif adalah gosok gigi terlalu keras dan kebersihan mulut yang kurang terjaga. Pada kebanyakan kasus, rasa sakit dimulai ketika lapisan email pelindung gigi terkikis dan atau gusi turun, mengekspos akar gigi dan dentin (lapisan bawah yang halus). Akibatnya rasa panas, dingin dan irritant lainnya langsung dipindah ke saraf. Untuk mengatasi rasa sakit, Anda dapat mencoba langkah-langkah berikut ini:
  1. Gunakan alat yang tepat
    Zat kimia di dalam pasta gigi pemutih dapat menyebabkan erosi permukaan gigi. Jadi, gunakan pasta gigi reguler yang mengandung fluoride. Sikat gigi dengan bulu sikat lembut bisa membantu mencegah penurunan dan pengikisan email lebih lanjut.
  2. Gosok gigi dengan benar
    Gosok gigi dengan cara yang benar. Sedapat mungkin langsung gosok gigi Anda bila Anda minum minuman asam seperti soda dan jus jeruk, karena dapat meningkatkan proses erosi. Tunggu sampai 1 jam, lalu gosok gigi.
  3. Makan wortel
    Hal ini baik dilakukan untuk menstimulir saliva yang melindungi gigi dan membantu mengurangi erosi gigi dengan mengencerkan dan menetralisir asam.
  4. Hindari bleaching sedapat mungkin
    Studi-studi menunjukkan bleaching, apakah dengan alat yang bisa digunakan di rumah, atau prosedur yang dilakukan di tempat praktek dokter gigi, umumnya masih dapat merusak email gigi.


Lanjutkan Membaca “Tips Gigi Sensitif”  »»
Adeline Adinoto
Bebek Mc Darmo La – Kuliner Bandung
Reviewed by : Adeline Adinoto
Jika Anda berkunjung ke Paris van Java Bandung dan mencari tempat makan enak tenda/kaki lima yang menjual bebek, Anda bisa mencoba datang ke Jl Belitung depan Taman Lalu Lintas untuk berwisata kuliner di tenda Mc Darmo La, yang mempunyai menu makanan andalan bebek. Lokasi kaki lima Bebek Mc Darmo La gampang sekali dicari karena letak tendanya persis di pinggir jalan besar Jl Belitung. Tempat makan enak di Bandung yang satu ini buka mulai jam 17.00 WIB sampai tengah malam sekitar pukul 23.00 WIB atau 24.00 WIB.

Photobucket Photobucket

Sebenarnya tempat kuliner Bandung yang satu ini tidak hanya menjual bebek saja, di tenda Mc Darmo La Belitung Bandung ini tersedia pula menu lainnya seperti Burung Dara Goreng, Ayam Goreng, Lele Goreng, Tahu/Tempe, Kol Goreng, dan tak ketinggalan Krupuk bagi para pengunjung yang suka ngemil. Namun karena para pengunjung kebanyakan memilih untuk menikmati sajian kuliner Bebek Goreng di tenda Mc Darmo La Belitung Bandung ini, maka tempat makan enak kaki lima di Bandung yang satu ini terkenal dengan sebutan ‘Bebek’ Mc Darmo La. Bahkan para tukang parkir pun memanfaatkan kendaraan yang datang silih berganti untuk mengais rejeki. Parkir untuk mobil Rp 2.000 seperti tertera di karcis parkir. Tarif jasa parkir ini tergolong langka untuk ukuran kaki lima.

Photobucket Photobucket

Tenda Bebek Mc Darmo La Belitung Bandung ini juga menyediakan berbagai macam minuman seperti aneka jus (alpukat, jambu, strawberry, tomat, mangga, dan melon), jeruk es/panas, teh manis es/panas, aqua dan teh botol. Para pengunjung sendiri selalu berdatangan silih berganti di tenda Bebek Mc Darmo La Belitung Bandung ini. Tenda Bebek Mc Darmo La ini tak pernah terlihat sepi pengunjung. Parkir kendaraan terlihat berderet setiap saat, bahkan pada pukul 17.30 an, kaki lima yang satu ini sudah terlihat ramai seperti saat penulis bersantap malam di sini.

Photobucket Photobucket

Harga untuk Tenda Bebek Mc Darmo La di Taman Lalu Lintas Belitung Bandung ini terhitung murah meriah. Memang bila dibandingkan harga Bebek Borromeus Bandung masih lebih murah dari harga di Tenda Bebek Mc Darmo La Taman Lalu Lintas Belitung Bandung ini. Namun harga kaki lima/tenda Bebek Mc Darmo La Taman Lalu Lintas Belitung Bandung ini masih lebih murah dari harga Bebek van Java Bandung. Untuk mengetahui dengan lebih detail, Anda dapat melihat ulasan saya terdahulu di Bebek Borromeus dan Bebek van Java Bandung.

Harga untuk Bebek Goreng di kaki lima Bebek Mc Darmo La Taman Lalu Lintas Belitung Bandung ini dipatok Rp 12.000, sedangkan untuk seekor Burung Dara Goreng harganya Rp 15.000. Harga untuk tahu/tempe goreng ataupun kerupuk adalah Rp 1.000. Untuk kol goreng sendiri harganya Rp 2.000, namun termasuk kurang lezat karena terlalu kering dan berminyak. Nasi putihnya sendiri seharga Rp 3.000, yang porsinya termasuk cukup banyak untuk ukuran wanita.

Photobucket Photobucket

Soal rasa sendiri perpaduan dari Bebek Goreng dengan sambal pecel yang tersedia termasuk pas. Namun, bila dibandingkan dengan rasa Bebek van Java yang mempunyai sambal yang hot, rasa sambal disini termasuk tidak pedas. Tetapi bila dibandingkan dengan rasa sambal pecel Bebek Borromeus, rasa sambal pecel di kaki lima Bebek Mc Darmo La Taman Lalu Lintas Belitung Bandung terbilang lebih berani. Sedangkan untuk daging burung dara di kaki lima Bebek Mc Darmo La Taman Lalu Lintas Belitung Bandung sendiri terasa masih kurang empuk dibandingkan dengan daging bebek yang disajikan di tenda pinggir jalan ini. Mungkin karena ukurannya yang mungil atau memang kurang lama saat dibumbui sehingga bagian yang terasa empuk hanya bagian paha atas saja. Pilihan variasi masakan di tenda kaki lima Bebek Mc Darmo La Taman Lalu Lintas Belitung Bandung ini termasuk kurang. Hanya terbatas pada ‘goreng’, tidak seperti tempat makan Bebek Borromeus yang menyajikan pilihan bakar/goreng, ataupun Bebek van Java yang menyediakan menu kalasan selain original.
Pelayanan di tempat makan kuliner Bandung yang satu ini terbilang cukup memuaskan, walaupun banyak pengunjung yang datang, namun penulis sendiri tidak menunggu terlalu lama untuk dapat bersantap di tempat ini. Koordinasi di antara para staff nya terbilang cukup baik. Bahkan pada saat membayar makanan yang sudah dipesan, si ibu bisa langsung tahu bon mana yang dimaksud walaupun penulis masih bingung mencari-cari bon pesanan di antara deretan bon yang tergeletak di meja.

Photobucket Photobucket

Jadi bagi Anda pencinta bebek, kalau Anda sudah pernah mencoba bertandang ke tempat makan Bebek Borromeus atau sudah pernah menikmati Bebek van Java, coba datang juga ke tempat makan kaki lima Bebek Mc Darmo La Taman Lalu Lintas Belitung Bandung ini untuk memperkaya wawasan kuliner Anda. Stok yang ada di tempat makan kaki lima Bebek Mc Darmo La Taman Lalu Lintas Belitung Bandung ini sepertinya tergolong lebih banyak dari Bebek Borromeus, jadi Anda tidak usah khawatir kehabisan.

Photobucket Photobucket


Artikel Terkait :

Kuliner Bandung Jalan Sutera
Kuliner Bandung Jajanan Malam
Kuliner Bandung Makanan Ringan


Lanjutkan Membaca “Bebek Mc Darmo La – Kuliner Bandung”  »»
Adeline Adinoto
Tips/Kiat Menggunakan Ponsel (Handphone/HP) yang Sehat dan Aman
Reviewed by : Adeline Adinoto
Bagaimanakah menggunakan ponsel (HP) yang sehat dan aman? Dewasa ini handphone (HP) atau telepon selular sudah merupakan kebutuhan yang tak bisa dipisahkan dalam kehidupan kita. Coba ingat, dalam sehari berapa kali kita berinteraksi menggunakan HP? Dari anak-anak sampai orang yang sudah lanjut usia menggunakan telepon selular setiap harinya. Namun apakah Anda tahu ponsel dianggap mematikan? Ternyata penggunaan handphone (HP) secara berlebihan juga memiliki efek-efek negatif. Dokter dari University of Pittsburgh Cancer Institute, Dr Ronald B Herberman memberikan 10 cara untuk menjauhkan otak Anda yang berharga dari bahaya kanker dan ancaman kesehatan lainnya akibat ponsel. Kelihatannya sepele dan kurang penting. Tapi justru dari hal-hal seperti inilah segala resiko yang bakal terjadi bisa dihindarkan. Berikut ini adalah tips-tips atau kiat-kiat menggunakan ponsel atau handphone (HP) yang sehat:
  1. Jangan biarkan anak kecil menggunakan ponsel
    Organ yang berkembang pada janin atau anak sensitif terhadap efek gelombang elektromagnetik. Maka dari itu untuk ibu hamil sebaiknya sebisa mungkin menggunakan telepon rumah biasa. Hal ini untuk mencegah efek negatif dari penggunaan HP. Selain itu sebisa mungkin hindarkan anak Anda menggunakan ponsel secara berlebihan. Tentu saja hal ini tidak berlaku dalam kondisi darurat.
  2. Jauhkan ponsel dari tubuh ketika menggunakan ponsel
    Amplitudo dari gelombang elektromagnetik itu seperempat kekuatan pada jarak dua inci dan 50 kali lebih rendah pada jarak tiga kaki. Karena itu usahakan Anda selalu menggunakan speaker phone atau wireless bluetooth headset yang memiliki sekitar 1/100 emisi elektromagnetik dari ponsel biasa.

  3. Hindari menggunakan ponsel di tempat umum
    Anda bisa “menjangkiti”orang lain secara pasif dengan gelombang elektromagnetik. Kedengarannya sangat remeh, seperti kasus perokok pasif bukan? Namun di Indonesia sendiri jika larangan merokok di tempat umum saja masih sulit untuk dipatuhi, bagaimana mengharapkan kesadaran orang-orang tentang pemakaian HP di tempat umum? Tentu lebih mustahil lagi untuk diterapkan. Jadi sebisa mungkin jangan terus-menerus berdekatan dengan orang yang sedang asik berhandphone (ber-HP) ria atau bertelepon seluler ria.
  4. Hindari membawa ponsel di badan setiap saat
    Jangan dekatkan ponsel dengan tubuh Anda apalagi pada malam hari. Anda yang biasa tidur dengan ponsel di bawah bantal atau di meja tempat tidur Anda sebaiknya mengubah kebiasaan yang merugikan itu mulai sekarang. Apalagi jika Anda atau istri Anda sedang hamil. Anda bisa menyalakan mode “offline” yang menghentikan penerimaan elektromagnetik.
  5. Hadapkan bagian keyboard ke tubuh saat mengantungi ponsel
    Pastikan bagian belakang ponsel menghadap keluar agar gelombang elektromagnetik dijauhkan dari tubuh Anda.
  6. Kontak boleh dilakukan saat percakapan hanya berlangsung beberapa menit
    Usahakan untuk menggunakan telepon seluler seperlunya. Jangan tergiur oleh iklan-iklan dari operator telepon selular yang berkali-kali menekankan Anda untuk menggunakan fasilitas jasa layanan telepon selular yang menawarkan pemakaian yang murah untuk jangka waktu yang tidak ditentukan. Hati-hati! Efek biologis dari penggunaaan ponsel dapat terjadi pada percakapan yang berlangsung lama. Apabila percakapan lebih lama dari beberapa menit, usahakan untuk menggunakan telepon biasa.
  7. Tukar sisi ponsel secara rutin untuk menghindari eksposur
    Sebelum menempelkan ponsel atau handphone (HP) Anda ke telinga, tunggu sampai lawan bicara Anda mengangkat telepon. Tindakan ini membatasi kekuatan gelombang elektromagnetik ketika dekat telinga dan durasi eksposur.
  8. Hindari pemakaian telepon saat sinyal lemah
    Usahakan untuk menghindari pemakaian telepon selular saat bergerak dengan kecepatan tinggi, seperti di dalam mobil atau kereta. Kondisi ini secara otomatis akan menaikkan kekuatan hingga maksimum karena ponsel secara berulangkali berusaha menghubungkan ke relay antena yang baru.
  9. Sering-seringlah SMS
    Berkomunikasi lewat pesan teks dianggap lebih aman dibandingkan dengan menelepon via handphone (HP) atau telepon selular. Tindakan ini membatasi durasi eksposur dan kedekatan dengan tubuh. Siapa sangka kegiatan chatting lewat handphone (HP) atau telepon selular ternyata bermanfaat untuk kesehatan?
  10. Pilih handset dengan SAR terendah
    Mungkin Anda belum mengetahui apakah SAR itu. Bagi Anda yang belum pernah mendengarnya, SAR (Specific Absorption Rate) merupakan ukuran kekuatan gelombang magnetik yang dapat diserap tubuh. Informasi rating SAR pada ponsel atau handphone (HP) Anda tersedia dengan mencari “SAR ratings cell phones” di internet, biasanya berbeda untuk tiap pabriknya.
Demikian kiranya tips-tips menggunakan ponsel (HP) yang sehat dan aman. Semoga berguna bagi kehidupan Anda.

Artikel Terkait :

Tips agar Terhindar dari Stress
Tips Mencegah Kanker Serviks
Tips Memasak Makanan Bersih dan Sehat


Lanjutkan Membaca “Tips/Kiat Menggunakan Ponsel (Handphone/HP) yang Sehat dan Aman”  »»
Adeline Adinoto
Bakmi Jowo DU 67 – Kuliner Bandung
Reviewed by : Adeline Adinoto
Lokasi tempat makan mie Jawa enak di Bandung yang satu ini adalah di Jalan Dipatiukur No 67 Bandung. Tepatnya lokasi Bakmi Jowo Dipati Ukur 67 (Bakmi Jowo DU 67) Bandung ini berada di sudut pertigaan jalan besar Dipati Ukur dengan Jalan Multatuli Bandung. Lokasi ini tidak sulit untuk ditemukan, jika Anda datang dari Dipatiukur bawah, maka rumah makan ini terletak di sebelah kiri jalan besar Dipatiukur Bandung. Pintu masuk utamanya sendiri berada di Jl Multatuli Bandung. Rumah makan Bakmi Jowo DU 67 Bandung ini buka mulai pukul 11.00 WIB sampai dengan pukul 22.00 WIB. Atau Anda dapat menghubungi nomor telepon +62 22 70535874 untuk lebih jelasnya.


Photobucket Photobucket

Suasana tempat wisata kuliner yang satu ini memang antik dan khas. Benar-benar unik karena kental sekali dengan suasana Jawa Tengah. Bangunan yang terkenal dengan kekhas-an Mie Jawa nya ini sendiri terbuat dari anyaman bambu untuk dindingnya. Tempat makan yang ada juga tidak terlalu besar. Namun terlihat penuh dan efektif. Para pengunjung terlihat bergiliran menikmati makan di rumah makan Bakmi Jowo DU 67 Bandung ini. Yang uniknya lagi para pegawai di sini senantiasa memakai seragam batik dengan rapinya. Musik yang mengalun di rumah makan Bakmi Jowo DU 67 Bandung ini juga khas musik daerah Jawa Tengah. Seperti saat penulis berkunjung terdengar kumandang lagu Gambang Suling.

Photobucket Photobucket

Salah satu yang membuat rumah makan Bakmi Jowo DU 67 berbeda dengan rumah makan lainnya adalah cara memasaknya yang menggunakan arang, yang merupakan nilai tambah yang menjual dari rumah makan Bakmi Jowo DU 67 Bandung ini. Dari foto diatas terlihat para pegawai memasak di tempat masak yang terletak di depan rumah makan Bakmi Jowo DU 67 Bandung dengan menggunakan arang. Aroma yang ada mengundang selera ketika para pengunjung turun dari kendaraan mereka. Harum masakan mie Jawa yang menggoda langsung membuat perut keroncongan. Motto Bakmi Jowo DU 67 "Asli Gunung Kidul, Dimasak dengan Arang, Citarasa Tradisional" memang benar-benar membuat rumah makan Bakmi Jowo DU 67 Bandung ini tak pernah terlihat sepi dari pengunjung.
Menu utama di tempat wisata kuliner Bandung yang satu ini adalah Nasi Goreng, Capcay, Bakmi (Mie), dan Bihun dengan variasi olahan antara lain Bakmi (Mie) Goreng/Godhog/Nyemek, Bihun Goreng/Godhog/Nyemek, Nasi Goreng Mawut/Magelangan, Nasi Godhog, Capcay Goreng/Godhog. Tersedia juga Zupa-zupa (menu yang satu ini memang bukan makanan khas Jawa Tengah, entah mengapa nyasar kesini).

Photobucket Photobucket

Untuk harga sendiri di rumah makan Bakmi Jowo Dipati Ukur 67 ( Bakmi Jawa DU 67) Bandung ini semuanya terhitung murah meriah. Harga di rumah makan Bakmi Jowo DU 67 Bandung ini berkisar antara Rp 13.500 an. Malah jika Anda memesan setengah porsi di antara pilihan menu itu, Anda cukup membayar Rp 11.000 saja (bila Anda ingin melihat gambar-gambar yang ada dengan lebih jelas, bisa di klik untuk memperbesar gambar).
Jika Anda ingin menambah ayam suwir, ati, ampela atau telur dadar misalnya, semua itu bisa diatur, yang pasti Anda sebagai pengunjung yang menentukan. Harga untuk tambahan atribut makanan di rumah makan Bakmi Jowo DU 67 Bandung murah meriah, hanya sekitar Rp 2.000 – Rp 3.500 an. Tersedia juga krengsengan, bermacam-macam krupuk dengan harga Rp 3.500 – Rp 4.500, murah meriah pokoknya. Bagi yang ingin krupuk udang di rumah makan Bakmi Jowo DU 67 Bandung disediakan juga dengan harga Rp 1.000.
Makanan yang dipesan penulis yaitu Mie Goreng dan Cap Cay Goreng benar-benar terasa sedap, enak, dan memuaskan. Rasa Mie Gorengnya khas sekali mie Jawa dari Jawa Tengah. Sepertinya istilah maknyuss dan top martokop cocok dipakai disini. Perpaduan bumbu yang ada benar-benar menggoyang lidah. Mungkin karena cara memasak yang benar-benar khas di rumah makan Bakmi Jowo DU 67 Bandung, yaitu memakai arang, sehingga menghasilkan rasa dan aroma lain daripada yang lain. Khusus untuk Capcay goreng sendiri harga Rp 13.500 tanpa nasi, sehingga jika Anda ingin menambah nasi putih harus memesan lagi. Harga nasi putih Rp 3.000.
Hanya saja bagi Anda yang tidak suka seledri jangan lupa mewanti-wanti di muka agar tidak repot saat terlanjur diberi seledri, karena rumah makan dengan andalan Mie Jawa yang satu ini hobi sekali menaburkan seledri di setiap masakan yang ada, termasuk Cap Cay sekalipun.

Photobucket Photobucket

Minuman yang khas di rumah makan Bakmi Jowo DU 67 Bandung adalah Teh Poci Nasgithel (singkatan dari paNas, leGi, dan kenThel), yang artinya panas, manis dan kental. Yang lebih mantapnya lagi jika Anda minum teh poci di rumah makan Bakmi Jowo DU 67 Bandung ini, Anda diberi gula batu untuk pemanisnya. Perpaduan rasa dari teh poci dan gula batu ini bener-bener top pokoknya. Bisa bikin Anda ketagihan. Tersedia pula wedhang jahe, jeruk peres panas/es, es teh manis/tawar, teh manis/tawar panas, dan lain-lain. Harga minuman di rumah makan Bakmi Jowo DU 67 Bandung ini benar-benar murah meriah, hanya berkisar antara Rp 1.500 sampai Rp 5000. Bahkan untuk macam-macam jus di rumah makan Bakmi Jowo Dipati Ukur 67 Bandung cukup merogoh kocek Rp 6.000 saja (jika Anda ingin melihat gambar-gambar yang ada dengan lebih jelas, bisa di klik untuk memperbesar gambar).

Photobucket Photobucket

Jadi jika Anda mencari tempat untuk berwisata kuliner di Bandung ataupun mencari tempat makan Mie Jawa / Bakmi Jawa yang enak di Bandung, jangan ragu untuk datang ke rumah makan Bakmi Jowo Dipati Ukur 67 (DU 67) Bandung karena dengan harga yang sederhana (murah), Anda bisa menikmati masakan yang tidak sederhana (kaya rasa).

Photobucket Photobucket


Artikel Terkait :

Kuliner Bandung Jalan Sutera
Kuliner Bandung Jajanan Malam
Nasi Bancakan Mang Barna & Bi O'om

Lanjutkan Membaca “Bakmi Jowo DU 67 – Kuliner Bandung”  »»
Adeline Adinoto
Tips Makanan untuk Tumbuh Kembang Otak Anak
Reviewed by : Adeline Adinoto
Orangtua mana yang tak bangga jika anaknya berprestasi. Ingin anak Anda berprestasi lebih baik di sekolah? Tumbuh kembang otak anak merupakan hal yang penting untuk diperhatikan oleh Anda para orangtua. Perhatikan makanan anak Anda. Makanan tertentu dapat membantu meningkatkan pertumbuhan otak anak Anda. Tips-tips berikut ini perlu diperhatikan untuk mengoptimalkan fungsi otak, ingatan dan konsentrasi :
  1. Salmon
    Ikan berminyak seperti salmon adalah sumber asam lemak omega-3DHA dan EPA, yang sangat penting untuk pertumbuhan dan fungsi otak. Pada kenyataannya, riset terkini menunjukkan, orang-orang yang mendapatkan lebih banyak asam lemak di dalam makanan mereka, akan mempunyai pikiran yang lebih tajam dan mendapatkan hasil tes yang lebih baik dalam tes keterampilan mental. Tuna juga merupakan sumber omega-3, tapi tidak sekaya salmon. Tuna sumber yang baik dari protein tak berlemak, tapi karena sangat kurus, maka kandungan omega-3 di dalamnya tidak begitu tinggi seperti salmon. Namun, tuna albacore mengandung lebih banyak merkuri dibandingkan tuna kalengan light, karena itu EPA menyarankan untuk tidak makan lebih dari 6 ons tuna albacore dalam seminggu. Jadi, daripada sandwich tuna, buat salad salmon untuk sandwich. Ini akan lebih baik untuk tumbuh kembang otak si kecil.
  2. Telur
    Telur terkenal sebagai sumber protein yang baik, tetapi kuning telur juga kaya dengan choline, yang membantu perkembangan ingatan.
  3. Selai kacang tanah dan bean
    Kacang tanah dan selai kacang tanah adalah sumber yang baik dari vitamin E, antioksidan ampuh yang melindungi membran-membran saraf, ditambah thiamin yang membantu otak dan sistem saraf, menggunakan glukosa untuk energi. Bean istimewa karena mengandung energi dari protein, karbohidrat kompleks, serta serat. Ditambah lagi dengan banyak vitamin dan mineral. Dari golongan ini kacang merah dan kacang pinto mengandung banyak asam lemak omega-3.
  4. Padi-padian utuh
    Otak perlu suplai glukosa terus menerus dan padi-padian utuh bisa memberikan suplai ini. Serat membantu mengatur pelepasan glukosa di dalam tubuh. Padi-padian utuh juga mengandung vitamin-vitamin B yang memberikan nutrisi pada sistem saraf yang sehat.
  5. Havermut
    Havermut termasuk dalam golongan serealia yang paling dikenal anak dan sangat baik untuk otak. Havermut memberikan energi istimewa atau bahan bakar untuk otak yang diperlukan anak di pagi hari. Havermut yang kaya serat memberi makan otak anak sepanjang pagi di sekolah. Havermut juga sumber yang baik dari vitamin E, vitamin-vitamin B, serta zat besi yang membuat tubuh dan otak berfungsi dengan kapasitas penuh.
  6. Berry
    Strawberry, blueberry, cherry, dan blackberry, secara umum semakin pekat warnanya, semakin banyak nutrisi di dalam berry. Berry meningkatkan kadar antioksidan, terutama vitamin C, yang membantu mencegah kanker. Biji berry juga sumber baik dari lemak omega-3.
  7. Sayuran warna-warni
    Tomat, ubi jalar, labu kuning, wortel, serta bayam, yang termasuk sayuran warna cerah adalah sumber terbaik antioksidan yang menjaga sel-sel otak yang kuat dan sehat.
  8. Susu dan yogurt
    Produk susu kaya dengan protein dan vitamin-vitamin B, penting untuk pertumbuhan jaringan otak, neurotramsmitter, dan enzim. Susu dan yogurt juga memberikan protein dan karbohidrat, sumber energi yang disukai otak.
  9. Daging sapi tak berlemak
    Zat besi adalah mineral esensial yang membantu anak tetap berenergi dan konsentrasi di sekolah. Daging sapi kurus adalah salah satu sumber zat besi yang diabsorp secara baik. Pada kenyataannya satu ons perhari bisa membantu tubuh menyerap zat besi dari sumber-sumber lain. Untuk vegetarian burger kacang hitam dan kedelai adalah sumber zat besi yang baik.

Semoga tips-tips di atas dapat menjadi masukan Anda untuk mengoptimalkan tumbuh kembang otak buah hati Anda. Jika Anda memperhatikan hal-hal di atas, niscaya Anda akan memetik hasil yang Anda inginkan.

Artikel Terkait :

Tips Memasak Masakan Bersih dan Sehat
Kuliner Bandung Jalan Sutera
Kuliner Bandung Jajanan Malam
Lanjutkan Membaca “Tips Makanan untuk Tumbuh Kembang Otak Anak”  »»