Translate this page from Indonesian to .......

English French German Spain Italian Dutch Japanese Korean Chinese Simplified

Widget edited by Computer Trend
Adeline Adinoto
Tips Menghadapi Gempa
Reviewed by : Adeline Adinoto
Mungkin sudah agak terlambat untuk menulis mengenai tips menghadapi gempa karena gempa besar yang melanda Indonesia sudah lewat hampir 2 bulan. Namun ada baiknya kita selalu waspada dan tidak ada salahnya untuk memperhatikan beberapa tips yang perlu kita lakukan ketika terjadi gempa bumi yaitu :
  1. Tetap tenang. Jika sedang berada di dalam rumah, tetaplah di ruangan. Berlindunglah di kolong meja atau tempat tidur. Jauhi dinding, lemari, jendela, pintu, dan sumber api (listrik)
  2. Lindungi kepala dan badan anda dari reruntuhan bangunan dengan bersembunyi di bawah meja atau benda lain yang dapat menahan tekanan (dengan catatan benda yang dipakai berlindung harus benar-benar kokoh). Jika tidak begitu yakin dengan kekuatannya, ambil posisi di samping suatu benda, di samping sofa, di samping benda besar yang akan remuk sedikit tapi menyisakan ruangan kosong di sebelahnya. Jika anda berada di tempat tidur pada saat gempa terjadi, bergulinglah ke samping tempat tidur. Ruangan kosong yang aman akan berada di samping tempat tidur.
  3. Jika Anda sedang memasak, matikan kompor terlebih dahulu, selain itu, jika memungkinkan, matikan saluran gas yang berada dalam rumah Anda. Seringkali gempa yang terjadi tidak menghancurkan rumah tetapi rumah justru terbakar karena pemilik rumah membiarkan kompor tetap menyala.
  4. Jika Anda berada di dalam gedung perkantoran atau Anda sedang bekerja di gedung bertingkat, sebaiknya Anda jangan terburu-buru untuk keluar. Tunggu sampai gempa sedikit mereda dan berlindung di dekat pilar atau tembok bagian dalam. Setelah gempa mereda, keluarlah melalui jalur darurat yang telah disediakan sambil melindungi kepala.
  5. Jika sedang mengendarai mobil, berhentilah perlahan-lahan ke kiri bahu jalan, keluarlah dan menjauh dari mobil untuk menghindari jika terjadi pergeseran. Ada baiknya juga berbaring di sebelah kendaraan. Semua kendaraan yang hancur memiliki ruangan kosong yang aman kira-kira setinggi 1 meter di sampingnya. Jangan berhenti di dekat pom bensin, karena sangat rawan terjadi ledakan.
  6. Jika sedang berada di gunung, waspadailah terhadap kemungkinan terjadi tanah longsor atau pohon tumbang. Dan jika berada di pantai, waspada terhadap kemungkinan bahaya tsunami.
  7. Jangan masuk ke dalam rumah meski guncangan gempa telah berbenti. Masuk ke dalam rumah sangat berbahaya. Masuklah kembali ke dalam rumah setelah mendapat pemberitahuan dari pihak yang berwenang bahwa tidak ada lagi gempa susulan.
Selain tips-tips saat gempa terjadi, ada baiknya juga kita mempersiapkan diri sebelum gempa terjadi sebagai berikut :
  1. Siapkan kondisi peralatan di rumah Anda seperti lilin, senter atau alat penerangan lainnya. Dan pastikan, kondisi baterai dalam keadaan baik. Siapkan pula air mineral kemasan dan alat pertolongan pertama.
  2. Jika memungkinkan, periksa kembali konstruksi rumah Anda apakah sudah benar-benar aman, dan kenali strukturnya untuk mengetahui di bagian mana Anda dapat berlindung dengan aman jika terjadi gempa.
  3. Belajar melakukan P3K dan menggunakan alat pemadam kebakaran. Jangan lupa mencatat nomor telepon penting yang dapat dihubungi pada saat terjadi gempa bumi.
  4. Persiapkan keadaan rumah agar dapat meminimalkan akibat gempa. Contohnya, perabotan seperti lemari ataupun kabinet diatur menempel pada dinding dengan cara dipaku atau diikat.
  5. Bangunan dari kayu adalah tipe konstruksi yang paling aman selama gempa bumi. Kayu bersifat lentur dan bergerak seiring ayunan gempa. Jika bangunan kayu ternyata tetap runtuh, banyak ruangan kosong yang aman akan terbentuk. Disamping itu, bangunan kayu memiliki sedikit konsentrasi dari bagian yang berat. Bangunan dari batu bata akan hancur berkeping-keping. Kepingan batu bata akan mengakibatkan luka badan tapi hanya sedikit yang meremukkan badan dibandingkan beton bertulang.
Semoga tips-tips tersebut dapat sedikit memberikan pengetahuan tambahan dan bahan pertimbagan bagi Anda ketika gempa terjadi.

Baca juga tips-tips lainnya :

Tips berselancar dengan Aman di Dunia Maya
Tips Meletakkan Ponsel yang Tepat
Tempat Makan di Bandung Pindah Lokasi

Lanjutkan Membaca “Tips Menghadapi Gempa”  »»
Adeline Adinoto
Cover Up Your Cooking Equipment
Reviewed by : Adeline Adinoto
Do you like cooking ? I think cooking is a fun activity. Either you cook for yourself or for your family, cooking is always fun for me. Not just you can get the food with your own taste, but you can also share your taste with everyone.

For those who love to cook, the cooking equipment plays an important role. The better your equipment, the easier for you to cook. I love cooking in my garden. So I have some garden cooking equipment, like outdoor barbeque and grill. I love them very much, so I like to keep them clean and covered. One of my problem is when I was looking for the cover for my outdoor cooking equipment. Luckily I found the cover on Sam's Club. They provide many kind of grill covers like barbeque covers, smoker covers, kettle covers, and college grill cover.

I'm very satisfied with the covers I bought there. Not just they are made from fine material, but also the price is very good and the model is very nice. So if you are looking for any grill cover, I suggest you to try looking there just like me. Hope this information can help you to keep your equipment in top shape.

Lanjutkan Membaca “Cover Up Your Cooking Equipment”  »»
Labels: 1 comments | | edit post
Adeline Adinoto
Tips Berselancar dengan Aman di Dunia Maya (Tips Berinternet dengan Aman)
Reviewed by : Adeline Adinoto
Internet sekarang ini merupakan hal yang tidak bisa dilepaskan begitu saja dari kehidupan kita sehari-hari. Bagi sebagian orang ber-internet atau berselancar di dunia maya sudah merupakan kebutuhan primer seperti menghirup oksigen. Maka tak heran di lagu Saykoji tentang online memang sudah merupakan penggambaran yang tepat akan generasi sekarang yang tak terpisahkan dengan aktivitas surfing di internet. Hanya saja untuk berselancar di dunia maya, ada beberapa tips-tips yang sebaiknya menjadi bahan pertimbangan Anda sekalian, karena salah-salah Anda akan menjadi korban. Berikut ini adalah tips-tips atau kiat-kiat dari Blog Kuliner yang bisa menjadi bahan pertimbangan Anda :
  1. Hati-hatilah saat memberikan informasi yang sifatnya pribadi
    Berpikirlah dua kali saat akan mengumumkan hal-hal yang sifatnya pribadi di dunia maya, misalnya memasukkan nomor telepon dan alamat, nama orang tua, dll. Hal-hal seperti itu bisa disalahgunakan oleh pihak-pihak yang berniat jahat pada Anda. Atau malahan dengan berbekal informasi yang lengkap tentang diri Anda, pihak-pihak yang berniat jahat memanfaatkan data diri Anda untuk menggunakan data Anda untuk melakukan kejahatan di internet, seperti transaksi fiktif dan lain-lain.
  2. Jangan meng-“upload” foto yang di dalamnya ada orang lain, dan foto tersebut merupakan foto yang “sensitive” bagi orang tersebut
    Misalnya saja sebenarnya Anda hanya iseng ingin menampilkan foto tersebut di Facebook, namun apa daya ternyata orang yang bersangkutan merasa sangat berkeberatan dan marah. Nah, berhati-hatilah, Anda bisa termasuk kategori “cyber bullying”.
  3. Berhati-hatilah terhadap email tak dikenal
    Jika Anda menerima email dari seseorang yang tidak Anda kenal, berhati-hatilah, jangan sembarangan membuka email itu, bisa jadi di dalamnya terdapat virus, teliti dulu sebelumnya, apalagi jika terdapat link-link yang tidak jelas asal usulnya.
  4. Berhati-hatilah saat berbelanja di toko online
    Dengan maraknya pertumbuhan toko online yang memanjakan konsumennya dengan berbagai macam kemudahan, berhati-hatilah, jangan sampai Anda tertipu dengan toko online yang ternyata palsu. Selidiki dahulu reputasi toko online yang bersangkutan. Bagaimanakah kredibilitasnya? Telitilah dahulu saat Anda berkeputusan untuk memberikan data kartu kredit Anda, jangan sampai tertipu.
  5. Jangan sembarangan membuat tulisan yang sifatnya dugaan atau tuduhan
    Masih ingat kasus email atau surat elektronik Prita Mulyasari? Benar-benar menyeramkan bukan? Hindari memposting tulisan yang sifatnya dugaan, gunjingan, atau tuduhan menyangkut orang-orang atau lembaga yang bisa berakibat pada pencemaran nama baik atau tuduhan.
  6. Perhatikan etika
    Berinternet di dunia maya berlakulah sopan seperti di dunia nyata, dengan demikian Anda bisa terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.
  7. Pergunakan “report spam” jika perlu
    Jika Anda mendapatkan email dari seseorang yang berpromosi kepada Anda, dan sebelumnya tidak meminta izin dan ternyata isi email tersebut mengganggu Anda, laporkan email itu sebagai “report spam” agar yang bersangkutan dikategorikan sebagai spammer.
Semoga kiat-kiat di atas bisa membantu Anda. Simak juga tips-tips lainnya di Blog Kuliner :

Tips Menggunakan AC dengan Tepat
Tips Meningkatkan Kemakmuran Finansial dengan Feng Shui
Tips Hidup Sehat


Lanjutkan Membaca “Tips Berselancar dengan Aman di Dunia Maya (Tips Berinternet dengan Aman)”  »»
Labels: 3 comments | | edit post