Translate this page from Indonesian to .......

English French German Spain Italian Dutch Japanese Korean Chinese Simplified

Widget edited by Computer Trend
Adeline Adinoto
Daftar List Oleh-Oleh Jajanan Makanan Enak Khas Bandung
Reviewed by : Adeline Adinoto
Kalau Anda berkunjung ke Bandung Kota Kembang, selain berbelanja/shopping berbagai macam barang, Anda tentunya tak kan melewatkan kesempatan mencicipi berbagai hidangan atau jajanan khas Bandung. Bagi Anda yang bingung tentang apa saja sih oleh-oleh jajanan makanan enak khas Bandung kota Parahyangan?

Mungkin bagi Anda yang belum pernah ke Bandung dan bingung, ada beberapa rekomendasi/info tentang daftar/list oleh-oleh Bandung/jajanan Bandung/makanan enak khas Bandung yang mungkin dapat membantu dari Blog Kuliner, diantaranya adalah:

  1. Pisang Bolen/Pisang Molen
  2. Pisang Molen Kartika Sari
    Pisang Bolen/Pisang Molen sudah terkenal sejak dulu merupakan salah satu oleh-oleh yang banyak dicari di Bandung, bahkan selain rasa yang original, sekarang tersedia pula dalam berbagai pilihan rasa. Nah, untuk mencari jajanan atau oleh-oleh yang satu ini, jangan khawatir, pisang bolen/pisang molen ada di banyak tempat, di antaranya adalah Kartika Sari, Prima Rasa, Mayasari, bahkan di sepanjang jalan di mana tempat turis/pelancong datang ke Bandung banyak tersedia oleh-oleh Bandung yang satu ini, seperti di Cihampelas, di sepanjang jalan Pasteur, di daerah jalan Dago dan Riau yang banyak terdapat Factory Outlet. Harganya sendiri, untuk pisang bolen/pisang molen berkisar Rp 27.000 – Rp 35.000 an per kotak atau per paknya.
  3. Brownies
  4. Brownies
    Untuk Brownies Bandung, walaupun makanan enak/oleh-oleh khas Bandung yang satu ini baru booming dalam beberapa tahun terakhir, tapi banyak sekali yang terjun ke dalam bisnis makanan yang satu ini. Ada berbagai macam versi dari Brownies, mulai dari Brownies Kukus, Brownies Panggang, dll. Tempat-tempat yang bisa dikunjungi bila Anda berminat memborong oleh-oleh atau jajanan khas Bandung yang satu ini adalah Amanda Brownies, Kartika Sari, Prima Rasa, dll. Harga untuk Brownies berkisar antara Rp 30.000 – 60.000 an per kotak/ per pak nya. Nah, silahkan memborong oleh-oleh Bandung yang satu ini.
  5. Peuyeum
  6. Nah, yang dinamakan peuyeum ini banyak di jumpai tergantung di toko-toko oleh-oleh sebagai salah satu ikon khas Bandung. Di kawasan Cibaduyut, Cihampelas, Pasteur, bahkan di daerah sekitar terminal pun banyak dijual peuyeum Bandung. Banyak wisatawan yang membawa pulang peuyeum sebagai oleh-oleh khas Bandung. Bagi Anda yang belum tahu apa itu peuyeum, peuyeum adalah tapai (tape) singkong. Seperti ini loh bentuk peuyeum :
    Peuyeum
  7. Keripik
  8. Keripik untuk oleh-oleh yang merupakan keripik khas Bandung bermacam-macam, di antaranya keripik oncom, keripik pedas yang akhir-akhir ini sedang booming, dll. Untuk keripik pedas berbagai nama pun disiapkan produsen untuk menarik konsumen, seperti keripik setan, pikset, dll. Keripik pedas yang terkenal di Bandung di antarnya adalah Keripik Ma’Icih dan Keripik Karuhun. Keripik-keripik tipe ini terkenal dengan derajat kepedasan yang berbeda-beda disesuaikan dengan selera konsumen. Keripik Karuhun : * Keripik Singkong Level S ( Standart / Sedang ) * Keripik Singkong Level P ( Pedas ) * Keripik Singkong Level SP ( Sangat Pedas ) * Keripik Singkong SI ( Sambel Ijo ) * Keripik Singkong SISP ( Sambel Ijo Super Pedas ) * Dorokdok ( Keripik Kulit )
    Keripik Karuhun
    Keripik Ma’Icih/Keripik Maicih juga demikian, dengan mengandalkan tingkat level kepedasan yang berbeda-beda, namun umumnya dijual dari level 3 sampai dengan level 5, Anda bisa mencicipi keripik singkong pedas. Keripik Maicih juga mudah dijumpai dimana-mana, terutama di daerah-daerah tempat turis berkumpul seperti jalan Cihampelas, kawasan Dago dan Riau tempat banyak Factory Outlet, dll.
    Keripik Ma'Icih
    Harganya sendiri untuk keripik/oleh-oleh Bandung yang satu ini tidaklah bisa dibilang murah, malah terhitung agak mahal. Keripik Ma Icih sendiri mantap untuk rasa pedasnya, namun saran penulis, kurang cocok bila menjadi oleh-oleh untuk orang lanjut usia, karena agak keras alias kurang renyah untuk ukuran orang tua, biasanya anak-anak muda yang menggemari keripik ini. *Update* Terakhir penulis membeli Keripik Ma Icih dihargai Rp. 18.000, namun coba saja dulu keripik/oleh-oleh Bandung yang satu ini, apakah sesuai dengan selera Anda? Bila ya, maka tak ada salahnya memborong oleh-oleh Bandung yang satu ini.
  9. Serabi Bandung atau Surabi Bandung
  10. Nah, serabi/surabi yang berasal dari kota kembang Bandung berbeda tipenya dengan serabi yang berasal dari Solo, Jawa Tengah. Seperti inilah tampilan serabi/surabi Bandung:
    Serabi Bandung
    Variasinya sekarang menjadi sangat banyak karena penjual otomatis mengikuti permintaan konsumen. Salah satu tempat yang terkenal dengan Surabi/serabi Bandung adalah kawasan Setiabudi Bandung, yaitu Surabi Enhaii Bandung (NHI Bandung). Kenapa dinamakan Surabi Enhaii, lokasinya karena terletak dekat dengan kampus Enhaii (NHI) Bandung Utara. Ada juga Surabi Ina yang juga menjajakan berbagai macam variasi surabi/serabi. Nah, bagi Anda yang ingin membawa pulang surabi Bandung sebagai oleh-oleh, datang saja ke lokasi-lokasi di atas.
  11. Baso Tahu Siomay
  12. Jajanan atau makanan yang satu ini termasuk banyak terdapat dimana-mana. Biasanya jajanan/makanan yang satu ini dihidangkan setelah dikukus panas-panas. Pilihannya sendiri bermacam-macam. Selain Baso Tahu, Siomay, Kol, Kentang, terkadang tersedia pula Paria dan Kulit. Setelah diiris, disiram dengan sambal kacang, kecap manis, dan diberi air jeruk nipis untuk menambah rasa nikmat. Baso Tahu yang terkenal di Bandung diantaranya adalah Baso Tahu Tulen dan Raja Baso Tahu Saboga. Banyak pengunjung atau wisatawan yang memborong Baso Tahu Siomay sebagai oleh-oleh khas Bandung, karena oleh-oleh yang satu ini terbilang praktis, Anda tinggal mengukus lagi di rumah dan dinikmati hangat-hangat, hmmm, lezat!
    Baso Tahu Siomay
  13. Batagor
  14. Jajanan yang satu ini sudah pernah dibahas di Blog Kuliner sebelumnya. Cemilan/jajanan/oleh-oleh khas Bandung yang satu ini memang banyak ditawarkan di seantero Bandung. Beberapa yang terkenal sebagai tempat memborong oleh-oleh Bandung yang satu ini adalah Batagor Kingsley, Batagor Riri, Batagor H. Isan, Batagor Abuy, dan lain-lain. Kudapan yang merupakan baso tahu/siomay yang digoreng ini mengandalkan perpaduan rasa antara sambal kacang, kecap, dan rasa dari batagor itu sendiri. Jajanan/oleh-oleh khas Bandung yang satu ini paling enak dimakan hangat-hangat.
    Batagor
  15. Martabak Bandung
  16. Kota Kembang Bandung juga terkenal dengan martabaknya, terutama martabak manisnya. Beberapa yang terkenal adalah Martabak San Fransisco, Martabak Good di Jalan Cibadak, Martabak Intisari di Jalan Sudirman dan lain-lain. Banyak pembeli yang membeli makanan atau oleh-oleh khas yang satu ini untuk dibawa ke kota lain. Namun menurut pendapat penulis Blog Kuliner http://kulinerbandungku.blogspot.com , martabak manis palng enak jika dimakan selagi hangat, karena kulit martabaknya akan memberikan sensasi kriuk yang renyah dan gurih bila jajanan/makanan enak yang satu ini dinikmati ketika sudah menjadi dingin.
    Martabak Manis Bandung
  17. Oncom
  18. Oncom merupakan salah satu makanan khas yang terkenal di Bandung. Selain dibuat keripik, biasanya makanan yang satu ini sering juga dibuat sambal, yaitu sambal oncom. Seringkali menemani Anda yang bersantap nasi kuning di Bandung. Rasanya sendiri agak khas. Bentuk mentahnya agak-agak menyeramkan, namun jangan salah, jika sudah diolah di tangan sang ahli, hmmmm, sedap!Nah, Anda berniat mencobanya? Oleh-oleh Bandung yang satu ini tersedia di banyak tempat, terutama keripik oncomnya, daerah sekitar Pasteur, Cihampelas, juga di beberapa terminal bus, banyak menyediakan keripik oncom Bandung.
    Oncom
  19. Gepuk
  20. Nah, makanan yang satu ini termasuk salah satu yang menjadi buruan para wisatawan untuk oleh-oleh dari Bandung. Ada beberapa toko terkenal untuk urusan Gepuk Bandung, diantaranya adalah Gepuk Ny Yong dan Gepuk Ny Ong. Kedua Toko di atas memang terkenal untuk urusan oleh-oleh Gepuk Bandung. Bingung mau mencoba beli yang mana? Coba saja salah satu, lain kali datang ke Bandung lagi, Anda bisa membandingkan mana yang lebih cocok dengan selera Anda.
    Gepuk
  21. Tahu Bandung
  22. Tahu Bandung memang terkenal empuk, lembut di mulut dan gurih. Tahu Bandung sendiri banyak dijadikan oleh-oleh, hanya saja memang tidak praktis membawa-bawa oleh-oleh yang satu ini jika Anda berasal dari tempat yang jauh, karena tentu saja harus berhati-hati jika membawa oleh-oleh Tahu Bandung, salah-salah bisa hancur di perjalanan, belum lagi takut bocor dan basah. Beberapa Tahu Bandung yang terkenal adalah Tahu Lembang, Tahu Tauhid, Tahu Talaga/Tahu Yun Sen dan Tahu Yun Yi.
    Tahu Lembang (Tahu Tauhid) Bandung
  23. Karedok
  24. Karedok
    Makanan enak khas Bandung yang satu ini biasanya tersedia di Rumah Makan yang menyajikan masakan Sunda. Rasa dari kumpulan sayuran yang mentah, seperti kol, kacang panjang, tauge, timun, leunca (khas Sunda) yang kemudian ditambah dengan ulegkan yang pas dari bumbu kacang, akan menentukan rasa dari karedok. Hidangan yang satu ini sebaiknya dimakan ditempat, karena jika dibawa pulang untuk oleh-oleh tentu akan merepotkan.
  25. Cireng
  26. Nah, cireng ini merupakan singkatan dari ‘Aci Goreng’. Cireng merupakan cemilan/makanan/jajanan Sunda atau khas Bandung yang banyak dijumpai dimana-mana. Cireng yang original memang polos terbuat dari tepung kanji yang digoreng. Namun, seiring waktu dibuat berbagai macam variasi rasa mengikuti selera dari konsumen. Jika ingin dijadikan oleh-oleh dari Bandung, Anda juga bisa membeli yang mentah dan siap goreng, daripada membeli yang sudah jadi, takut melempem atau keras.
    Cireng
  27. Lotek
  28. Makanan yang satu ini biasanya berupa rebusan sayuran segar, yang kemudian diberi bumbu kacang yang diuleg. Bila Anda ingin mencicipi makanan yang satu ini, Anda bisa berkunjung ke Lotek Kalipah Apo, Lotek Kelenteng/Lotek Klenteng (yang ini terletak di sekitar area dekat Kelenteng/Klenteng yang berada di Jalan Kelenteng Bandung), Lotek Mahmud, Lotek Alkateri, dll. Saran Blog Kuliner makan Lotek Bandung di tempat paling lezat, karena bumbu kacangnya tidak akan berair seperti jika dibawa pulang.
    Lotek
  29. Bandros
  30. Makanan atau tepatnya jajanan Bandung yang satu ini biasanya dijual dengan menggunakan pikulan, yang berkeliling dari tempat yang satu ke tempat yang lain. Penjual Bandros terkadang juga mangkal di suatu tempat tertentu. Rasa jajanan Bandung yang satu ini terbilang gurih karena menggunakan kelapa.
    Bandros
  31. Mie Kocok/Mi Kocok
  32. Makanan khas Bandung yang satu ini banyak diburu orang jika bertandang ke Bandung, apalagi bagi Anda penggemar kikil, yang merupakan salah satu ciri khas mi kocok Bandung. Beberapa tempat yang terkenal dengan Mie Kocok Bandung adalah Mie Kocok Banteng/Mie Kocok Mang Dadeng, Mie Kocok SKM di Jalan Sunda Bandung, dll.
    Mie Kocok Bandung
  33. Kupat Tahu
  34. Makanan kuliner ini banyak dijajakan terutama pagi hari di kota Bandung, bahkan kebanyakan memakai gerobak/kaki lima yang mangkal di tempat tertentu. Kupat Tahu yang dijajakan di Bandung memakai gerobak sebenarnya banyak yang memakai atribut Singaparna, yang merupakan sebuah daerah di Jawa Barat. Namun pada perkembangannya menjadi salah satu trade mark kota Bandung. Beberapa yang terkenal adalah Kupat Tahu Gempol, yang buka mulai jam 6.00 WIB atau jam 6.00 pagi.
    Kupat Tahu
  35. Bandrek
  36. Minuman bandrek yang satu ini merupakan salah satu kebanggan orang Sunda, minuman khas Bandung yang satu ini memang berbeda jauh dengan wedang Jahe orang Jawa. Bandrek sendiri sekarang banyak dikemas dalam bentuk sachet yang bisa dijadikan oleh-oleh khas Bandung. Minuman yang satu ini disajikan hangat-hangat dan biasanya diminum untuk menghangatkan tubuh karena malam hari di Bandung udaranya memang dingin.
    Bandrek
  37. Es Cendol Bandung
  38. Memasuki bulan puasa, diseantero Bandung, banyak yang menjual jajanan/minuman menyegarkan yang satu ini. Minuman yang satu ini memang manis dan segar, apalagi jika diminum dingin-dingin di hari yang terik. Salah satu yang terkenal dengan minuman /jajanan cendol Bandung adalah Es Cendol dari Elizabeth Bandung.
    Es Cendol Elizabeth

Nah, demikianlah beberapa usulan tentang jajanan khas Bandung/cemilan khas Bandung/oleh-oleh khas Bandung dari Blog Kuliner Bandung, semoga info/sedikit informasi tentang oleh-oleh khas kota Bandung ini dapat membantu Anda. Harganya sendiri untuk berbagai macam jajanan/oleh-oleh khas Bandung ini bervariasi, ingin membeli yang mana, dari yang murah meriah sampai yang lumayan terasa di kantung, tentunya tergantung pilihan Anda.

Sampai bertemu di ulasan Blog Kuliner berikutnya!
Rating : 5
Lanjutkan Membaca “Daftar List Oleh-Oleh Jajanan Makanan Enak Khas Bandung”  »»
Adeline Adinoto
Update Info Tempat Makan Kuliner Bandung
Reviewed by : Adeline Adinoto
Kali ini Blog Kuliner akan memberikan beberapa informasi terbaru untuk tempat makan di Bandung yang membuka cabang baru, yang pernah dibahas di ulasan Blog Kuliner terdahulu. Banyak informasi terdahulu yang sudah tkurang relevan lagi dengan keadaan sekarang. Nuntuk itu penulis akan mencoba memperbaharui beberapa informasi tempat makan kuliner bandung antara lain :

  1. Dengan adanya wajah BSM (Bandung Super Mal) yang baru, beberapa franchise kuliner bandung membuka cabang di sana, diantaranya adalah:
    • Pepper Lunch
    • yang sudah pernah dibahas di Pepper Lunch PVJ Bandung
    • Suis Butcher
    • yang sudah pernah dibahas di Suis Butcher - Kuliner Bandung
    • Rumah Makan Ampera
    • yang sudah pernah dibahas di Warung Nasi Ampera Bandung
    • The Duck King
    • Restaurant yang menyediakan dim sum dan berbagai menu chinese food lainnya setelah terlebih dahulu membuka cabang di PVJ (Paris Van Java ) Bandung sejak 2008, kini membuka cabang baru pada akhir tahun 2011 di Bandung Super Mall (BSM) Bandung.
  2. Domino’s Pizza Bandung
  3. Dominos's Pizza Bandung membuka cabang di sebelah Super Indo Dago (masih satu kompleks atau satu lahan parkir dengan Super Indo Dago dan KFC Dago), yaitu di Jl Dago atau Jl IR Haji Juanda 40-42, Dago Bandung. Jadi kalau Anda ingin makan di tempat atau makan on the spot dan malas untuk pergi ke PVJ Sukajadi (Paris Van Java Mal Sukajadi) karena macet atau jauh, Anda dapat berkunjung ke Domino’s Pizza Dago. Namun, kali pertama penulis bertandang ke Domino’s Pizza Dago Bandung, Pizza yang dipesan kurang enak bila dibandingkan dengan yang biasa dinikmati di Domino’s Pizza PVJ Bandung (pizza yang dipesan terasa lebih keras, kurang empuk). Mungkin karena waktu itu baru buka, karena biasanya setiap franchise baru pasti sudah ada quality standarnya, yang sudah diawasi dengan ketat oleh pusat.

Beberapa tempat makan/tempat kuliner yang sudah pernah dibahas juga ada telah gulung tikar, seperti :

  1. Pempek Bang Awi
  2. Spring Heaven Restaurant
Demikianlah info terbaru tempat makan kuliner Bandung. Ikuti terus perkembangan wisata kuliner di Bandung hanya di Blog Kuliner.

Rating : 5
Lanjutkan Membaca “Update Info Tempat Makan Kuliner Bandung”  »»
Labels: 8 comments | | edit post
Adeline Adinoto
Century 21 Broker Properti Jual Beli Sewa Rumah Indonesia
Reviewed by : Adeline Adinoto
Mungkin para pengikut setia blog kuliner sedikit bingung dengan judul Century 21 Broker Properti Jual Beli Sewa Rumah Indonesia ini. Memang ulasan kali ini tidak berhubungan langsung dengan info kuliner. Tetapi penulis mencoba untuk mengulas tentang Century 21 Broker Properti Jual Beli Sewa Rumah Indonesia karena penulis melihat adanya kebutuhan akan properti baik itu rumah tinggal, apartemen, sewa rumah, kredit rumah, dan lain sebagainya.

Bisnis properti di Indonesia belakangan ini cukup ramai dengan prospek yang sangat menarik. Dengan pertumbuhan penduduk yang cukup tinggi mengakibatkan kebutuhan akan tempat tinggal pun menjadi semakin banyak. Oleh karena itu bisnis properti berkembang dengan sangat pesat. Tidak hanya di Jakarta saja, tetapi juga mulai merambah ke berbagai kota besar di Indonesia, seperti Bandung, Surabaya, Bali, Medan, Semarang, Yogyakarta, dan masih banyak lagi. Untuk itulah Century 21 hadir sebagai broker properti jual beli sewa rumah Indonesia.

Berdasarkan info yang didapat dari Wikipedia, Century 21 Real Estate LLC ini sebenarnya adalah sebuah agen waralaba real estate di Amerika Serikat yang didirikan pada tahun 1971. Kini Century 21 ini telah memiliki lebih dari 8000 buah kantor pada lebih dari 73 negara. Di Indonesia, Century 21 Indonesia sendiri merupakan bagian dari Grup Ciputra yang mulai beroperasi pada tahun 1997. Kini kantor-kantor Century 21 sudah dapat ditemui hampir di seluruh kota-kota besar di Indonesia.

Setelah melihat sejarah singkat mengenai Century 21 di atas, dapat dilhat bahwa Century 21 Broker Properti Jual Beli Sewa Rumah Indonesia memiliki latar belakang yang cukup kuat untuk menjadi pemimpin sebagai broker properti jual beli sewa rumah di Indonesia. Dengan dukungan kantor-kantor yang tersebar di berbagai tempat di Indonesia dilengkapi dengan agen-agen yang berkualitas, memudahkan kita untuk memperoleh bantuan untuk berbagai macam kebutuhan kita akan properti.

Ketika akan membeli atau menyewa rumah/apartemen, kesulitan kita yang terutama adalah mencari rumah di lokasi yang cocok untuk kita dengan harga yang terbaik. Dengan adanya Century 21, kita dapat dengan mudah mencari rumah-rumah mana saja yang dijual di lokasi yang kita inginkan, lengkap dengan harga yang diinginkan si penjual. Harga yang ditawarkan pun dijamin merupakan harga yang sesuai karena Century 21 selalu melakukan survey terhadap harga-harga pasaran di lokasi tersebut, sehingga kita tidak mungkin tertipu.

Begitu pula jika kita ingin menjual rumah, kita dapat dengan mudah menghubungi agen Century 21, atau datang ke kantor Century 21 terdekat. Keuntungan yang kita dapatkan disini adalah Century 21 secara rutin mempromosikan rumah-rumah yang akan dijual lewat berbagai media sehingga rumah yang kita tawarkan dapat lebih cepat terjual.

Keunggulan lain dari Century 21 Broker Properti Jual Beli Sewa Rumah Indonesia adalah tersedianya layanan pemasaran secara online. Baru-baru ini century21.com mendapatkan penghargaan pada OMMA Award dari Asosiasi Web Marketing. Penghargaa ini diberikan karena mesin pencarian yang canggih dan handal ditambah dengan strategi segmentasi konsumen membuat layanan online dapat diakses dimanapun konsumen berada sehingga hubungan dengan konsumen menjadi lebih erat.

Kesimpulan yang dapat ditarik disini, apapun kebutuhan akan properti Anda, ingatlah selalu akan Century 21 Broker Properti Jual Beli Sewa Rumah Indonesia.
Rating : 4.5
Lanjutkan Membaca “Century 21 Broker Properti Jual Beli Sewa Rumah Indonesia”  »»
Labels: 6 comments | | edit post
Adeline Adinoto
Fat Bao BSM (Fat Bao Bandung Super Mall) – Kuliner Bandung
Reviewed by : Adeline Adinoto
Rumah makan yang satu ini namanya memang unik. Fat Bao sesuai namanya memang menyediakan beraneka macam bapao / bakpao sebagai sajian utamanya. Tempat makan kuliner di Bandung yang satu ini juga menyediakan berbagai macam dim sum, serta tak ketinggalan beraneka rasa bubur.

Berikut adalah tampilan luar Fat Bao BSM Bandung:

Fat Bao BSM

Rasa berbagai bapao / bakpao di Fat Bao, diantaranya adalah :
Bao Telur Asin, Bao ChaShew, Bao Pasir Mas, Bao Pandan, Bao Talas, Bao Ayam Jamur, Bao Bebek BBQ, Bao Taosa, Bao Kacang Cokelat, Bao Durian, Bao Cokelat, Bao Strawberrry, dll. Saran penulis beberapa yang sudah dicoba dan terbukti enak adalah Bao Pasir Mas, Bao Telur Asin, Bao Cha Shew, Bao Bebek BBQ, dan lain-lain sedangkan untuk pilihan rasa seperti Bao Strawberry, Bao Talas, Bao Mocha, cenderung biasa saja.



Pilihan Rasa Bapao / Bakpao di Fat Bao BSM
Harganya sendiri untuk 3 Bao di Fat Bao adalah Rp 16.900, sedangkan untuk 6 Bao di Fat Bao adalah Rp 29.900, 9 Bao di Fat Bao adalah Rp 42.900, dan untuk selusin/12 Bao di Fat Bao BSM adalah Rp 55.900 seperti tampak pada foto berikut :

Harga Bao di Fat Bao BSM
Dim sum di Fat Bao diantaranya adalah Siomay, Cakue, Hakau, Udang Tim Jamur, Lumpia Saus Tiram, Lumpia Salad Seafood, Lumpia Kulit Tahu, Baso Sotong Roti, Sosis Sotong, Pangsit Udang Salad, dan masih banyak lagi. Harga dim sum di Fat Bao BSM dibandrol Rp 16.000 – Rp 21.000 per porsinya. Rasa dim sumnya sendiri terbilang lumayan enak.

Di Fat Bao BSM juga ada paket hemat untuk Nasi dan lauknya, seperti Nasi + Sapi Lada Hitam + Sayuran, Nasi + Ayam Jahe + Sayuran, Nasi + Udang Goreng Mayonaise + Sayuran, Nasi + Ayam Crispy + Sayuran, berbagai macam Nasi Goreng serta Bakmi, dan masih banyak lagi lainnya. Harga untuk Bao Personal Package atau paket nasi ini sekitar Rp 20.000 – Rp 40.000.

Menu Personal Package di Fat Bao BSM

Pada kesempatan ini penulis mencoba mencicipi Bakmi Hongkong Bebek BBQ Asin, seperti tampak pada foto berikut :

Bakmi Hongkong di Fat Bao BSM
Rasa Bakmi Hongkong Bebek BBQ Asin di Fat Bao BSM enak, apalagi bila memakai sambel ala Chinese Food Fat Bao yang rasanya mantap, namun sayang bebek BBQ nya terbilang keras, kurang empuk, dan porsinya sendiri tak bisa dibilang besar, sehingga bakmi dengan cepat tandas masuk perut.
Di Fat Bao juga menyediakan berbagai macam menu Chinese Food, seperti Brokoli Bawang Putih, Brokoli Seafood, Sup Asparagus Kepiting, Sup Tahu Pocay Daging Sapi, Mie Goreng Vegetarian, Mie Goreng Ayam, Sapo Tahu Seafood, Ayam Kung Pao, dll. Harganya sekitar Rp 30.000 – Rp 50.000. Ada juga Menu Special dari Fat Bao.

Menu Special Bao dari Fat Bao BSM

Selain Memesan Bapao / Bakpao, penulis juga memesan Sapo Tahu Seafood. Rasanya lumayan, hanya saja porsinya memang kecil untuk harga Rp 50.000.

Harga minuman nya sendiri untuk Chinese Tea dibandrol Rp 6.900 per gelasnya, namun bisa di refill atau bisa minta isi ulang.

Untuk yang dibawa pulang Fat Bao menawarkan menu andalannya yaitu bapao / bakpao, dengan pesan panaskan bapao / bakpao dengan microwave selama 8 detik pada posisi high, atau kukus setelah air mendidih selama 5 menit.

Kebetulan menjelang akhir tahun 2011 ini Fat Bao BSM Bandung mengadakan promo, yaitu diskon sebesar 30% untuk setiap pembayaran transaksi minimal Rp 100.000 (tentu saja sebelum pajak/ sebelum tax and service), namun berlaku untuk semua, makanan dan minuman.
Spesial Diskon akhir tahun di Fat Bao BSM

Nah, jadi bagi Anda yang penasaran, manfaatkan promo akhir tahun 2011 sebagai ajang untuk mencicipi beraneka makanan dan minuman yang ditawarkan di Fat Bao Bandung. Selamat menikmati!

Simak juga ulasan kuliner lainnya di Blog Kuliner :

King Dynasty Chinese Restaurant Bandung
De'Risol Bandung
Bubur A Hong Eleven Seven (d/h Bubur Hong Sin)
Rating : 4.5
Lanjutkan Membaca “Fat Bao BSM (Fat Bao Bandung Super Mall) – Kuliner Bandung”  »»
Adeline Adinoto
Rumah Makan Ampera/ Warung Nasi Ampera Bandung – Kuliner Bandung
Reviewed by : Adeline Adinoto
Kalau Anda berkunjung ke Bandung dan ingin menikmati sajian Sunda di Bandung, salah satu tempat kuliner yang terkenal dan menjadi incaran banyak orang untuk menikmati sajian Sunda adalah Rumah Makan Ampera/ Warung Nasi Ampera.

Selain tersedianya berbagai macam variasi masakan dan harganya yang terjangkau, lokasi Rumah Makan Ampera/ Warung Nasi Ampera juga berada di banyak tempat, cabang-cabang Rumah Makan Ampera/ Warung Nasi Ampera yang tersebar di seluruh kota Bandung, sangat memudahkan pengunjung untuk mencicipi hidangan Sunda di Rumah Makan Ampera/ Warung Nasi Ampera.

Bahkan sekarang ini Rumah Makan Ampera/ Warung Nasi Ampera, sudah banyak membuka cabangnya di berbagai kota lain selain di Bandung. Diantaranya di Jakarta, Cirebon, Karawang, Depok, dll.
Di Bandung sendiri Rumah Makan Ampera/ Warung Nasi Ampera dapat Anda temukan di Kebon Kelapa, di Jl Soekarno-Hatta, Jl Cihampelas, Jl Buah Batu, Jl Astana Anyar, Jl Pelajar Pejuang, dll, bahkan sekarang telah di buka juga Rumah Makan Ampera/ Warung Nasi Ampera di foodcourt BSM (Bandung Super Mall) di Jl Gatot Subroto 247, Bandung.

Berikut ini adalah berbagai menu yang ditawarkan :
Ayam Goreng, Ayam Bakar, Udang, Ati Ampela, Babat, Belut, Cumi, Gepuk, Ikan Mas Bakar/Goreng, Limpa, Otak, Perkedel Jagung/Perkedel Kentang, berbagai macam pepes, seperti Pepes Ayam, Pepes Ikan, Pepes Jamur, Pepes Tahu, Pepes Telor Asin, dll, ada pula Sop Buntut, Sayur Asem, dan berbagai macam sate seperti Sate Ayam, Kambing, dan Sapi, tak ketinggalan pula Tahu, Tempe, dan Usus

Beragam Menu di Rumah Makan Ampera

Rumah Makan Ampera/ Warung Nasi Ampera Bandung ini juga menyediakan berbagai macam minuman, seperti beraneka macam Juice, Es Teh/Teh, Es Jeruk, Softdrink, dll.

Masakan di Rumah Makan Ampera/ Warung Nasi Ampera dihidangkan dengan metode self service, namun dapat meminta pelayan untuk menghangatkan lauk atau meminta digoreng yang baru. Lalapan dan sambal di tempat makan kuliner Sunda yang satu ini terkenal pedas. Jadi buat Anda yang mau mengirit dengan hanya mengandalkan teh tawar hangat yang tersedia gratis, hati-hati yah! Pokoknya maknyuss.
Ulasan tentang tempat kuliner Sunda yang satu ini sudah pernah dibahas disini

Di tempat kuliner Sunda yang satu ini, Anda juga bisa memesan nasi dus, nasi bungkus, buffet/catering dengan reservasi terlebih dahulu.
Soal harga juga jangan khawatir, harga-harga disini termasuk harga wajar/harga standar, masih pas di kantong.

Baca juga ulasan Kuliner Bandung lainnya yang tak kalah enaknya :
Rumah Makan Betutu Lalah Bandung
Bebek Boromeus Bandung
Rumah Makan Raja Melayu
Bubur Ayam MH Oyo Bandung
Rating : 4
Lanjutkan Membaca “Rumah Makan Ampera/ Warung Nasi Ampera Bandung – Kuliner Bandung”  »»
Adeline Adinoto
Winner Bratwurst – Kuliner Bandung
Reviewed by : Adeline Adinoto
Tempat makan kuliner yang diberi nama Winner Bratwurst ini sudah berdiri lama di Bandung. Restaurant atau lebih tepatnya kafe yang satu ini memang mengusung tema bratwurst. Bagi Anda yang belum tahu apa itu bratwurst, bratwurst adalah sosis (bakar) ala Jerman. Winner Bratwurst Bandung ini memang mengusung tema spesialis sosis Jerman sejak 1984, dan mulai mendirikan kafe/restaurant/tempat makan kuliner sejak 1999.

Lokasi Winner Bratwurst di Bandung sendiri tersebar di beberapa tempat, diantaranya Winner Bratwurst di Jl. Setrasari No. 42, Gegerkalong Hilir, Bandung, Jawa Barat, dengan nomor telp (022) 2013138, kemudian Winner Bratwurst di Jl Setiabudi 31 Bandung. Untuk yang sibuk mondar-mandir Jakarta, tersedia juga stall di tol, yaitu di Rest Area Gerbang Tol Pasteur Bandung dan Rest Area km 125 sebelum Gerbang Tol Padalarang.

Bagi Anda yang muslim, jangan khawatir, karena Winner Bratwurst Bandung sudah mengantongi ijin halal dari MUI. Winner Bratwurst Bandung menggunakan daging sapi lokal segar yang membuat sosis terasa lebih juicy. Sosis Jerman yang satu ini menggunakan bumbu import dari Jerman, serta mengandung fiber yang baik untuk kesehatan, selain itu sosis di Kafe Winner Bratwurst Bandung juga dibuat tanpa pengawet dan pewarna buatan, sehingga aman untuk dikonsumsi. Cara pembuatannya pun dengan cara diasapi secara tradisional agar menghasilkan wangi yang khas.

Kali ini penulis menyambangi Kafe Winner Bratwurst Bandung di Jl Setiabudi 31 Bandung. Tempat kuliner ini berupa rumah jaman dulu, masih agak kurang terawat untuk kebun belakangnya yang lebar, namun nyaman untuk bersantai.

Suasana Taman di Winner Bratwurst Setiabudi Bandung
Kafe Winner Bratwurst Bandung menyediakan berbagai macam menu, untuk Appetizer & Light Meals tersedia berbagai macam pilihan, mulai dari Sausage Cream Soup, Mix Salad, Omelete, Winner’s Sandwich, Grilled Beef Burger, Winner’s Lagsana, dll. Harganya sendiri berkisar antara Rp 10.000 – Rp 30.000, seperti terlihat di bawah ini:

Appetizer di Winner Bratwurst
Kemudian untuk menu andalan di Kafe Winner Bratwurst Bandung, beberapa variasi menunya adalah Bratwurst, Bavarian Bratwurst, Bauern Bratwurst, Bratwurst with Potato Chicken, Exoten Wurst, dll. Harga menu-menu di atas berkisar antara Rp 20.000 – Rp 50.000.

Macam-macam menu Bratwurst
Penulis sendiri mencoba Bauern Bratwurst, hmmm, benar-benar lezat, rasa sosis ala Jerman ini memang patut diacungi jempol. Bauern Bratwurst di Kafe Winner Bratwurst Bandung ini disajikan dengan hash brown potatoes, wedges potatoes, broccoli or vegetables, mushroom sauces, dan tak ketinggalan salad. Berikut foto dari Bauern Bratwurst di Kafe Winner Bratwurst Bandung:

Bauern Bratwurst di Winner Bratwurst
Macam-Macam potatoes disajikan bersama Bauernn Bratwurst
Untuk yang ingin mencoba menu lain di Kafe Winner Bratwurst Bandung, tersedia juga Steak dan Pasta, seperti Spaghetti Bolognise, Fettucine Carbonara, Black Pepper Steak, dll. Tersedia juga menu Rice n Chicken. Semua variasi menu di atas harganya berkisar Rp 18.000 – Rp 34.000.

Menu Steak & Pasta di Winner Bratwurst
Menu Tambahan di Winner Bratwurst
Kafe Winner Bratwurst Bandung menyediakan juga berbagai macam minuman seperti berikut :

Menu Minuman di Winner Bratwurst
Strawberry Juice di Winner Bratwurst

Harga minumannya berkisar antara Rp 5.000 – Rp 15.000.

Dan untuk yang masih ingin menikmati penutup yang lezat, pesan saja Homemade Ice Cream dari Kafe Winner Bratwurst Bandung, yaitu Gelato Homemade Ice Cream. Seperi pada kesempatan ini penulis mencicipi Tiramisu Gelato Ice Cream Cup. Wow, yummy, rasanya benar-benar mantap saat meleleh di lidah.

Homemade Gelato Ice Cream dari Winner Bratwurst

Jadi bagi Anda yang penasaran, datang saja untuk mencicipi kelezatan Winner Bratwurst Bandung, dijamin Anda tak kan menyesal.

Kuliner Bandung lainnya :

Domino's Pizza
Tomodachi Kafe
Pepper Lunch PVJ Bandung
Lanjutkan Membaca “Winner Bratwurst – Kuliner Bandung”  »»
Adeline Adinoto
Bakso Malang Karapitan (BMK) – Kuliner Bandung
Reviewed by : Adeline Adinoto
Bakso Malang Karapitan Bandung sudah berdiri lama di Jl Karapitan 49 Bandung. Tempat makan kuliner yang satu ini sudah memiliki banyak sekali cabang dimana-mana, termasuk di Kota Jakarta.

Di Bandung sendiri Bakso Malang Karapitan (BMK) mempunyai beberapa cabang, di antaranya Bakso Malang Karapitan (BMK) cabang di Ciwalk (Cihampelas Walk), yaitu di Jalan Cihampelas 160 Bandung, kemudian ada lagi Bakso Malang Karapitan (BMK) di Kings Shopping Centre di Jalan Kepatihan Bandung, serta Bakso Malang Karapitan (BMK) di Jalan Merdeka Bandung, dan satu lagi Bakso Malang Karapitan (BMK) di Piset Square Bandung.

Di Jakarta outlet BMK (Bakso Malang Karapitan) dapat Anda jumpai di Mal Ciputra, Blok M Plaza, Supermal Karawaci, Plaza Atrium, Mal Taman Anggrek, Metropolitan Mal, kemudian di beberapa tempat lain seputar Jakarta seperti di Mega Bekasi dan Cibubur Plaza, Bogor Trade Mall dan CBD Ciledug.

Tempat makan kuliner yang mengusung tema bakso malang ini sudah mengantongi ijin halal dari MUI, selain menyediakan berbagai pilihan menu bakso, di Bakso Malang Karapitan (BMK) juga menyediakan menu-menu lain yang cukup bervariasi, seperti beberapa macam Bakmi Keriting Ayam, Nasi Goreng Gado-gado, Gado-gado Bandung, Nasi Ayam Bakar Komplit, Nasi Ayam Goreng, Nasi Ayam Kremes, Nasi Sop Iga, Nasi Soto Betawi, dan lain-lain.
Untuk Menu-menu lain diatas, harganya bervariasi,antara Rp 17.000 – Rp 20.000. Seperti dapat dilihat di bawah ini :

Menu Variasi Lain di Bakso Malang Karapitan (BMK)
Sedangkan untuk menu andalan di Bakso Malang Karapitan (BMK), yaitu berbagai macam menu Bakso/Baso, seperti Baso Malang Campur, Baso Malang Super Komplit, Baso Urat, Baso Urat Besar+Batagor+Siomay, Ceker Spesial, Batagor Bumbu Kacang, Malang Spesial Urat, dll, harganya berkisar antara Rp 10.000 – Rp 17.000, seperti terlihat di bawah ini :

Menu Bkaso (Baso) di Bakso Malang Karapitan (BMK)
Selain itu di Bakso Malang Karapitan (BMK) juga menyediakan berbagai macam minuman, seperti Pink Panther, Coco Purple, Es Cing Cau Hijau, Es Jeruk Murni, Es Jeruk Murni Kelapa, Ice Lemon Tea, Fresh Strawberry Juice, Bubble Tea Capuccino, Es Teler, dan lain-lain. Harga untuk berbagai macam minuman, mulai Rp 4.000 – Rp 11.000.


Berada di bawah bendera Champ Resto Indonesia, Bakso Malang Karapitan (BMK) terus melakukan ekspansi. Rasa bermacam-macam menu yang ada di tempat makan yang satu ini terbilang standar, namun lokasi outlet Bakso Malang Karapitan (BMK) yang kebanyakan berada di tempat yang strategis, ditunjang dengan berbagai menu yang variatif, suasana yang nyaman, menjadikan tempat makan kuliner yang satu ini tetap ramai pengunjung.
Satu hal yang termasuk menjadi favorit pengunjung adalah tersedianya cemilan/snack kerupuk gratis sambil menunggu pesanan datang, asik juga bila disantap dengan makanan pesanan Anda.

Snack gratis di Bakso Malang Karapitan (BMK)

Sampai bertemu di ulasan Blog Kuliner yang lain!

Baca juga :

Bebek Boromeus Bandung
Rumah Makan Raja Melayu
De'Risol - Risoles Bandung
Lanjutkan Membaca “Bakso Malang Karapitan (BMK) – Kuliner Bandung”  »»
Adeline Adinoto
Rumah Makan Raja Melayu – Kuliner Bandung
Reviewed by : Adeline Adinoto
Tempat kuliner yang satu ini memang menyajikan berbagai macam hidangan ala Melayu. Lokasi Rumah Makan Raja Melayu (Rajo Melayu) terletak di Jl Citarum 24 Bandung. Nomor telp Rumah Makan yang mengusung konsep kuliner Melayu ini adalah 022-7234140.

Sebetulnya kedatangan penulis ke tempat makan kuliner yang satu ini tidak disengaja, karena niat semula adalah untuk menyambangi tempat jajanan Bandung yang menjadi favorit banyak orang, yaitu De’Risol Bandung, yang juga terletak di Jalan Citarum 24 Bandung. Ulasan tempat jajanan Bandung yang satu ini dapat dibaca disini.

De’Risol Bandung di tempat Rumah Makan Raja Melayu ini untuk 2 potong risoles, diberi harga Rp 13.200. Setelah beberapa bulan tak berkunjung, ternyata dari berbagai pilihan yang ada seperti De’Risol Original, De’Risol Mix n Delight, De’Risol Meat n Great, De’Risol Cheesy Cheese, De’Risol Hot n Spicy, dan ada juga menu vegetarian yaitu De’Risol Vegie Fun, yang menjadi favorit penulis adalah De’Risol Hot n Spicy.

De’Risol Meat n Great, De’Risol Cheesy Cheese, De’Risol Hot n Spicy

Sepertinya varian De’Risol Hot n Spicy terbilang baru, karena seingat penulis dulu belum ada varian ini. Dengan bentuk segitiga yang terlihat biasa, namun dalam satu gigitan, sudah terasa kelezatan De’Risol Hot n Spicy, sangat berbeda bila mencicipi De’Risol Cheesy Cheese, walaupun keduanya memiliki bentuk luar yang sama. De’Risol Cheesy Cheese cenderung biasa saja. Sedangkan bila Anda sudah pernah mencicipi De’Risol Meat n Great, varian yang satu ini tetap bertahan dalam segi rasa. Oya, bagi Anda yang penasaran, ada juga harga De’Risol Classic yang terbilang murah meriah, yaitu Rp 4.000.

Kembali ke Rumah Makan Raja Melayu, Rumah Makan Raja Melayu Bandung, menempati tempat di belakang De’Risol, penulis tergoda untuk mencicipi berbagai hidangan yang tampak menarik. Setelah melihat-lihat berbagai macam hidangan yang tersanding (walaupun sebagian menu memang tidak terhidang disini, namun bisa dipesan), penulis memutuskan untuk mencicipi Daun Ubi Tumbuk, Ayam Pop, Gulai Kapau, dan tak ketinggalan Sambal Hijau.

Daun Ubi Tumbuk, Ayam Pop, Gulai Kapau, dan Sambal Hijau di Raja Melayu

Daun Ubi Tumbuk di Rumah Makan Raja Melayu Bandung ini terbilang lumayan enak, dibandrol dengan harga Rp 6.500, sedangkan untuk Gulai Kapaunya yang seharga Rp 8.000, terbilang cukup lezat, hanya saja terasa agak mahal sedikit dibandingkan dengan harga menu Daun Ubi Tumbuk di Rumah Makan Raja Melayu (mungkin karena harga bahan dasarnya nangka, kacang panjang dan kol, yang harganya lebih mahal dari daun ubi, hehehe), sedangkan untuk Ayam Pop di Rumah Makan Raja Melayu, terasa lezat, karena rasa sambalnya terbilang unik, rasa asam, manis, pedas, dan gurihnya berbeda dari rumah makan – rumah makan Padang lainnya. Ayam Pop di Rumah Makan Raja Melayu (Rajo Melayu) ini dibandrol dengan harga Rp 12.000, nah menurut penulis harga yang satu ini terbilang pas, menu yang menjadi rekomendasi penulis . Sayang untuk Sambal Hijau di Rumah Makan Raja Melayu yang terletak di Jl Citarum 24 Bandung ini, pelanggan harus merogoh kocek Rp 2.000, namun untuk soal rasa, Sambal Hijau di Rumah Makan Raja Melayu Bandung ini memang enak, sehingga penulis tak merasa rugi mencicipinya.

Sekilas Menu di Raja Melayu Bandung

Oya, harga-harga di atas belum termasuk tax/pajak sebesar 10%, satu lagi untuk nasi putihnya walaupun hanya memesan seporsi, namun dihidangkan dalam ceting, kuantitasnya terbilang cukup banyak bila dibandingkan dengan seporsi nasi umumnya di Rumah Makan Padang. Nasi putihnya dibandrol dengan harga Rp 4.000, terbilang umum.

Sebagai bonus di Rumah Makan Raja Melayu Bandung, diberikan segelas kecil minuman irisan timun dengan sirup melon, untuk menemani teh tawar yang dihidangkan dengan gratis. Hmmm, segar.

Ulasan-Ulasan Kuliner Bandung lainnya yang berhubungan :

Bebek Boromeus Bandung
Bengawan Solo Coffee Bandung
Bubur Ayam MH Oyo Bandung

Lanjutkan Membaca “Rumah Makan Raja Melayu – Kuliner Bandung”  »»