Translate this page from Indonesian to .......

English French German Spain Italian Dutch Japanese Korean Chinese Simplified

Widget edited by Computer Trend
Adeline Adinoto
Tips Memasak Daging Sapi
Reviewed by : Adeline Adinoto
Kali ini Blog Kuliner mencoba memberikan tips tentang memasak daging. Memasak daging, terutama daging sapi, tidak semudah yang dibayangkan. Seringkali hasilnya tidak empuk atau tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Sebelum memasak daging sapi, pertama-tama kita harus mengenali dahulu bagian-bagian daging sapi, dan memilih bagian yang sesuai untuk masakan kita. Beberapa bagian daging sapi misalnya sirloin, tenderloin, ribs, kaki, atau buntut, dan masih banyak lagi. Disini Blog Kuliner akan mencoba memberikan tips mengenai bagian-bagian daging yang cocok untuk beberapa jenis masakan.

Steak
Daging yang bisa digunakan untuk steak yaitu bagian sirloin, tenderloin, dan juga ribs. Beberapa jenis daging (disebut daging steak premium), seperti daerah punggung atas, Porterhouse, T-bone, ribeye, dan tenderloin (daerah pinggang tengah), biasanya lebih mahal. Anda juga bisa memakai daging bagian lain yang juga empuk dengan harga yang lebih murah, seperti sirloin (bagian pinggang hampir ke belakang), bagian pundak, dan tulang belikat bagian atas. Tidak disarankan menggunakan daging bagian kaki karena untuk membuatnya menjadi empuk perlu dimasak dulu beberapa jam.

Sop
Ada banyak bagian daging sapi yang bisa digunakan untuk membuat sop. Pemilihannya bergantung pada hasil dan cita rasa yang diinginkan. Beberapa bagian yang umum dipakai adalah :
Sengkel (shank), merupakan daging yang terdapat di bagian atas betis sapi. Daging ini tidak terlalu lunak, tetapi strukturnya yang khas memiliki jaringan otot dan lemak membuat daging ini paling sering dipakai untuk membuat sop dan semur.
Iga, merupakan potongan daging di sekitar tulang rusuk
Sandung lamur (brisket), potongan dari bagian dada. Biasanya lebih sering dipakai untuk membuat soto.

Setelah memilih bagian daging yang sesuai, bagian yang terpenting adalah mengempukkan daging. Ada beberapa tips yang biasa digunakan. Yang paling mudah adalah dengan membeli pengempuk daging yang tersedia di supermarket. Cara lainnya adalah dengan menambahkan air anggur hasil fermentasi ke dalam air rebusan. Ada pula cara lain dengan dibungkus daun pepaya selama kira-kira 2 sampai 3 jam. Sedangkan untuk bistik, daging dapat diberi jeruk nipis dan kecap inggris terlebih dahulu sebelum dimasak.

Semoga tips ini dapat berguna bagi yang sedang mencari cara yang tepat memasak daging sapi. sampai jumpa pada tips berikutnya.

6 Responses
  1. Osi Says:

    Begitu ya...tapi saya tidak terlalu paham/hapal dgn bentuk2 daging sapi...persaan semua daging sapi sama saja...kalo belanja di supermarket sie enak, ada tulisan yang menjelaskan jenis daging yang di jual....

    Thanks infonya


  2. imelda Says:

    MISSED IT HERE AFTER A LONG TIME BUT I AM HERE NOW SEE U AROUND


  3. bisa dicoba tuh resepnya, semoga enak hehe,mo latihan masak-memasak neh. tulisan terakhirku: Cokelat Hangat Membuatku Bernafsu


  4. Anonim Says:

    publikasikan, Lezatt..

    http://www.infokuliner.info/


  5. anak nelayan Says:

    laper nih mampir kesini dolo yaa


  6. Nina Athena Says:

    Sangat membantu sekali artikelnya! Terima kasih sudah berbagi resep dan tips memasak daging sapi yang benar dan tepat.

    Oxone