Translate this page from Indonesian to .......

English French German Spain Italian Dutch Japanese Korean Chinese Simplified

Widget edited by Computer Trend
Adeline Adinoto
Tips Berselancar dengan Aman di Dunia Maya (Tips Berinternet dengan Aman)
Reviewed by : Adeline Adinoto
Internet sekarang ini merupakan hal yang tidak bisa dilepaskan begitu saja dari kehidupan kita sehari-hari. Bagi sebagian orang ber-internet atau berselancar di dunia maya sudah merupakan kebutuhan primer seperti menghirup oksigen. Maka tak heran di lagu Saykoji tentang online memang sudah merupakan penggambaran yang tepat akan generasi sekarang yang tak terpisahkan dengan aktivitas surfing di internet. Hanya saja untuk berselancar di dunia maya, ada beberapa tips-tips yang sebaiknya menjadi bahan pertimbangan Anda sekalian, karena salah-salah Anda akan menjadi korban. Berikut ini adalah tips-tips atau kiat-kiat dari Blog Kuliner yang bisa menjadi bahan pertimbangan Anda :
  1. Hati-hatilah saat memberikan informasi yang sifatnya pribadi
    Berpikirlah dua kali saat akan mengumumkan hal-hal yang sifatnya pribadi di dunia maya, misalnya memasukkan nomor telepon dan alamat, nama orang tua, dll. Hal-hal seperti itu bisa disalahgunakan oleh pihak-pihak yang berniat jahat pada Anda. Atau malahan dengan berbekal informasi yang lengkap tentang diri Anda, pihak-pihak yang berniat jahat memanfaatkan data diri Anda untuk menggunakan data Anda untuk melakukan kejahatan di internet, seperti transaksi fiktif dan lain-lain.
  2. Jangan meng-“upload” foto yang di dalamnya ada orang lain, dan foto tersebut merupakan foto yang “sensitive” bagi orang tersebut
    Misalnya saja sebenarnya Anda hanya iseng ingin menampilkan foto tersebut di Facebook, namun apa daya ternyata orang yang bersangkutan merasa sangat berkeberatan dan marah. Nah, berhati-hatilah, Anda bisa termasuk kategori “cyber bullying”.
  3. Berhati-hatilah terhadap email tak dikenal
    Jika Anda menerima email dari seseorang yang tidak Anda kenal, berhati-hatilah, jangan sembarangan membuka email itu, bisa jadi di dalamnya terdapat virus, teliti dulu sebelumnya, apalagi jika terdapat link-link yang tidak jelas asal usulnya.
  4. Berhati-hatilah saat berbelanja di toko online
    Dengan maraknya pertumbuhan toko online yang memanjakan konsumennya dengan berbagai macam kemudahan, berhati-hatilah, jangan sampai Anda tertipu dengan toko online yang ternyata palsu. Selidiki dahulu reputasi toko online yang bersangkutan. Bagaimanakah kredibilitasnya? Telitilah dahulu saat Anda berkeputusan untuk memberikan data kartu kredit Anda, jangan sampai tertipu.
  5. Jangan sembarangan membuat tulisan yang sifatnya dugaan atau tuduhan
    Masih ingat kasus email atau surat elektronik Prita Mulyasari? Benar-benar menyeramkan bukan? Hindari memposting tulisan yang sifatnya dugaan, gunjingan, atau tuduhan menyangkut orang-orang atau lembaga yang bisa berakibat pada pencemaran nama baik atau tuduhan.
  6. Perhatikan etika
    Berinternet di dunia maya berlakulah sopan seperti di dunia nyata, dengan demikian Anda bisa terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.
  7. Pergunakan “report spam” jika perlu
    Jika Anda mendapatkan email dari seseorang yang berpromosi kepada Anda, dan sebelumnya tidak meminta izin dan ternyata isi email tersebut mengganggu Anda, laporkan email itu sebagai “report spam” agar yang bersangkutan dikategorikan sebagai spammer.
Semoga kiat-kiat di atas bisa membantu Anda. Simak juga tips-tips lainnya di Blog Kuliner :

Tips Menggunakan AC dengan Tepat
Tips Meningkatkan Kemakmuran Finansial dengan Feng Shui
Tips Hidup Sehat


Labels: | edit post
3 Responses
  1. osi Says:

    Terima kasih sharing nya...benar sobat...kudu hati2 dgn yang namanya dunia maya...sewajarnyalah berselancar di dunia maya....


  2. Fajar_Bukan Says:

    thks top tips langsung dipakai ilmunya,..


  3. pupuk organik , pupuk organik , pupuk organik , pupuk organik , pupuk organik , pupuk organik , pupuk organik , pupuk organik , pupuk organik , pupuk organik , pupuk organik , pupuk organik , pupuk organik , pupuk organik , pupuk organik , pupuk organik , pupuk organik , pupuk organik