Translate this page from Indonesian to .......

English French German Spain Italian Dutch Japanese Korean Chinese Simplified

Widget edited by Computer Trend
Adeline Adinoto
Tips Menghadapi Gempa
Reviewed by : Adeline Adinoto
Mungkin sudah agak terlambat untuk menulis mengenai tips menghadapi gempa karena gempa besar yang melanda Indonesia sudah lewat hampir 2 bulan. Namun ada baiknya kita selalu waspada dan tidak ada salahnya untuk memperhatikan beberapa tips yang perlu kita lakukan ketika terjadi gempa bumi yaitu :
  1. Tetap tenang. Jika sedang berada di dalam rumah, tetaplah di ruangan. Berlindunglah di kolong meja atau tempat tidur. Jauhi dinding, lemari, jendela, pintu, dan sumber api (listrik)
  2. Lindungi kepala dan badan anda dari reruntuhan bangunan dengan bersembunyi di bawah meja atau benda lain yang dapat menahan tekanan (dengan catatan benda yang dipakai berlindung harus benar-benar kokoh). Jika tidak begitu yakin dengan kekuatannya, ambil posisi di samping suatu benda, di samping sofa, di samping benda besar yang akan remuk sedikit tapi menyisakan ruangan kosong di sebelahnya. Jika anda berada di tempat tidur pada saat gempa terjadi, bergulinglah ke samping tempat tidur. Ruangan kosong yang aman akan berada di samping tempat tidur.
  3. Jika Anda sedang memasak, matikan kompor terlebih dahulu, selain itu, jika memungkinkan, matikan saluran gas yang berada dalam rumah Anda. Seringkali gempa yang terjadi tidak menghancurkan rumah tetapi rumah justru terbakar karena pemilik rumah membiarkan kompor tetap menyala.
  4. Jika Anda berada di dalam gedung perkantoran atau Anda sedang bekerja di gedung bertingkat, sebaiknya Anda jangan terburu-buru untuk keluar. Tunggu sampai gempa sedikit mereda dan berlindung di dekat pilar atau tembok bagian dalam. Setelah gempa mereda, keluarlah melalui jalur darurat yang telah disediakan sambil melindungi kepala.
  5. Jika sedang mengendarai mobil, berhentilah perlahan-lahan ke kiri bahu jalan, keluarlah dan menjauh dari mobil untuk menghindari jika terjadi pergeseran. Ada baiknya juga berbaring di sebelah kendaraan. Semua kendaraan yang hancur memiliki ruangan kosong yang aman kira-kira setinggi 1 meter di sampingnya. Jangan berhenti di dekat pom bensin, karena sangat rawan terjadi ledakan.
  6. Jika sedang berada di gunung, waspadailah terhadap kemungkinan terjadi tanah longsor atau pohon tumbang. Dan jika berada di pantai, waspada terhadap kemungkinan bahaya tsunami.
  7. Jangan masuk ke dalam rumah meski guncangan gempa telah berbenti. Masuk ke dalam rumah sangat berbahaya. Masuklah kembali ke dalam rumah setelah mendapat pemberitahuan dari pihak yang berwenang bahwa tidak ada lagi gempa susulan.
Selain tips-tips saat gempa terjadi, ada baiknya juga kita mempersiapkan diri sebelum gempa terjadi sebagai berikut :
  1. Siapkan kondisi peralatan di rumah Anda seperti lilin, senter atau alat penerangan lainnya. Dan pastikan, kondisi baterai dalam keadaan baik. Siapkan pula air mineral kemasan dan alat pertolongan pertama.
  2. Jika memungkinkan, periksa kembali konstruksi rumah Anda apakah sudah benar-benar aman, dan kenali strukturnya untuk mengetahui di bagian mana Anda dapat berlindung dengan aman jika terjadi gempa.
  3. Belajar melakukan P3K dan menggunakan alat pemadam kebakaran. Jangan lupa mencatat nomor telepon penting yang dapat dihubungi pada saat terjadi gempa bumi.
  4. Persiapkan keadaan rumah agar dapat meminimalkan akibat gempa. Contohnya, perabotan seperti lemari ataupun kabinet diatur menempel pada dinding dengan cara dipaku atau diikat.
  5. Bangunan dari kayu adalah tipe konstruksi yang paling aman selama gempa bumi. Kayu bersifat lentur dan bergerak seiring ayunan gempa. Jika bangunan kayu ternyata tetap runtuh, banyak ruangan kosong yang aman akan terbentuk. Disamping itu, bangunan kayu memiliki sedikit konsentrasi dari bagian yang berat. Bangunan dari batu bata akan hancur berkeping-keping. Kepingan batu bata akan mengakibatkan luka badan tapi hanya sedikit yang meremukkan badan dibandingkan beton bertulang.
Semoga tips-tips tersebut dapat sedikit memberikan pengetahuan tambahan dan bahan pertimbagan bagi Anda ketika gempa terjadi.

Baca juga tips-tips lainnya :

Tips berselancar dengan Aman di Dunia Maya
Tips Meletakkan Ponsel yang Tepat
Tempat Makan di Bandung Pindah Lokasi

3 Responses
  1. santhy Says:

    thanks for the good information.


  2. pupuk organik , pupuk organik , pupuk organik , pupuk organik , pupuk organik , pupuk organik , pupuk organik , pupuk organik , pupuk organik , pupuk organik , pupuk organik , pupuk organik , pupuk organik , pupuk organik , pupuk organik , pupuk organik , pupuk organik , pupuk organik


  3. pupuk organik , pupuk organik , pupuk organik , pupuk organik , pupuk organik , pupuk organik , pupuk organik , pupuk organik , pupuk organik , pupuk organik , pupuk organik , pupuk organik , pupuk organik , pupuk organik , pupuk organik , pupuk organik , pupuk organik , pupuk organik