Translate this page from Indonesian to .......

English French German Spain Italian Dutch Japanese Korean Chinese Simplified

Widget edited by Computer Trend
Adeline Adinoto
Daftar List Oleh-Oleh Jajanan Makanan Enak Khas Bandung
Reviewed by : Adeline Adinoto
Kalau Anda berkunjung ke Bandung Kota Kembang, selain berbelanja/shopping berbagai macam barang, Anda tentunya tak kan melewatkan kesempatan mencicipi berbagai hidangan atau jajanan khas Bandung. Bagi Anda yang bingung tentang apa saja sih oleh-oleh jajanan makanan enak khas Bandung kota Parahyangan?

Mungkin bagi Anda yang belum pernah ke Bandung dan bingung, ada beberapa rekomendasi/info tentang daftar/list oleh-oleh Bandung/jajanan Bandung/makanan enak khas Bandung yang mungkin dapat membantu dari Blog Kuliner, diantaranya adalah:

  1. Pisang Bolen/Pisang Molen
  2. Pisang Molen Kartika Sari
    Pisang Bolen/Pisang Molen sudah terkenal sejak dulu merupakan salah satu oleh-oleh yang banyak dicari di Bandung, bahkan selain rasa yang original, sekarang tersedia pula dalam berbagai pilihan rasa. Nah, untuk mencari jajanan atau oleh-oleh yang satu ini, jangan khawatir, pisang bolen/pisang molen ada di banyak tempat, di antaranya adalah Kartika Sari, Prima Rasa, Mayasari, bahkan di sepanjang jalan di mana tempat turis/pelancong datang ke Bandung banyak tersedia oleh-oleh Bandung yang satu ini, seperti di Cihampelas, di sepanjang jalan Pasteur, di daerah jalan Dago dan Riau yang banyak terdapat Factory Outlet. Harganya sendiri, untuk pisang bolen/pisang molen berkisar Rp 27.000 – Rp 35.000 an per kotak atau per paknya.
  3. Brownies
  4. Brownies
    Untuk Brownies Bandung, walaupun makanan enak/oleh-oleh khas Bandung yang satu ini baru booming dalam beberapa tahun terakhir, tapi banyak sekali yang terjun ke dalam bisnis makanan yang satu ini. Ada berbagai macam versi dari Brownies, mulai dari Brownies Kukus, Brownies Panggang, dll. Tempat-tempat yang bisa dikunjungi bila Anda berminat memborong oleh-oleh atau jajanan khas Bandung yang satu ini adalah Amanda Brownies, Kartika Sari, Prima Rasa, dll. Harga untuk Brownies berkisar antara Rp 30.000 – 60.000 an per kotak/ per pak nya. Nah, silahkan memborong oleh-oleh Bandung yang satu ini.
  5. Peuyeum
  6. Nah, yang dinamakan peuyeum ini banyak di jumpai tergantung di toko-toko oleh-oleh sebagai salah satu ikon khas Bandung. Di kawasan Cibaduyut, Cihampelas, Pasteur, bahkan di daerah sekitar terminal pun banyak dijual peuyeum Bandung. Banyak wisatawan yang membawa pulang peuyeum sebagai oleh-oleh khas Bandung. Bagi Anda yang belum tahu apa itu peuyeum, peuyeum adalah tapai (tape) singkong. Seperti ini loh bentuk peuyeum :
    Peuyeum
  7. Keripik
  8. Keripik untuk oleh-oleh yang merupakan keripik khas Bandung bermacam-macam, di antaranya keripik oncom, keripik pedas yang akhir-akhir ini sedang booming, dll. Untuk keripik pedas berbagai nama pun disiapkan produsen untuk menarik konsumen, seperti keripik setan, pikset, dll. Keripik pedas yang terkenal di Bandung di antarnya adalah Keripik Ma’Icih dan Keripik Karuhun. Keripik-keripik tipe ini terkenal dengan derajat kepedasan yang berbeda-beda disesuaikan dengan selera konsumen. Keripik Karuhun : * Keripik Singkong Level S ( Standart / Sedang ) * Keripik Singkong Level P ( Pedas ) * Keripik Singkong Level SP ( Sangat Pedas ) * Keripik Singkong SI ( Sambel Ijo ) * Keripik Singkong SISP ( Sambel Ijo Super Pedas ) * Dorokdok ( Keripik Kulit )
    Keripik Karuhun
    Keripik Ma’Icih/Keripik Maicih juga demikian, dengan mengandalkan tingkat level kepedasan yang berbeda-beda, namun umumnya dijual dari level 3 sampai dengan level 5, Anda bisa mencicipi keripik singkong pedas. Keripik Maicih juga mudah dijumpai dimana-mana, terutama di daerah-daerah tempat turis berkumpul seperti jalan Cihampelas, kawasan Dago dan Riau tempat banyak Factory Outlet, dll.
    Keripik Ma'Icih
    Harganya sendiri untuk keripik/oleh-oleh Bandung yang satu ini tidaklah bisa dibilang murah, malah terhitung agak mahal. Keripik Ma Icih sendiri mantap untuk rasa pedasnya, namun saran penulis, kurang cocok bila menjadi oleh-oleh untuk orang lanjut usia, karena agak keras alias kurang renyah untuk ukuran orang tua, biasanya anak-anak muda yang menggemari keripik ini. *Update* Terakhir penulis membeli Keripik Ma Icih dihargai Rp. 18.000, namun coba saja dulu keripik/oleh-oleh Bandung yang satu ini, apakah sesuai dengan selera Anda? Bila ya, maka tak ada salahnya memborong oleh-oleh Bandung yang satu ini.
  9. Serabi Bandung atau Surabi Bandung
  10. Nah, serabi/surabi yang berasal dari kota kembang Bandung berbeda tipenya dengan serabi yang berasal dari Solo, Jawa Tengah. Seperti inilah tampilan serabi/surabi Bandung:
    Serabi Bandung
    Variasinya sekarang menjadi sangat banyak karena penjual otomatis mengikuti permintaan konsumen. Salah satu tempat yang terkenal dengan Surabi/serabi Bandung adalah kawasan Setiabudi Bandung, yaitu Surabi Enhaii Bandung (NHI Bandung). Kenapa dinamakan Surabi Enhaii, lokasinya karena terletak dekat dengan kampus Enhaii (NHI) Bandung Utara. Ada juga Surabi Ina yang juga menjajakan berbagai macam variasi surabi/serabi. Nah, bagi Anda yang ingin membawa pulang surabi Bandung sebagai oleh-oleh, datang saja ke lokasi-lokasi di atas.
  11. Baso Tahu Siomay
  12. Jajanan atau makanan yang satu ini termasuk banyak terdapat dimana-mana. Biasanya jajanan/makanan yang satu ini dihidangkan setelah dikukus panas-panas. Pilihannya sendiri bermacam-macam. Selain Baso Tahu, Siomay, Kol, Kentang, terkadang tersedia pula Paria dan Kulit. Setelah diiris, disiram dengan sambal kacang, kecap manis, dan diberi air jeruk nipis untuk menambah rasa nikmat. Baso Tahu yang terkenal di Bandung diantaranya adalah Baso Tahu Tulen dan Raja Baso Tahu Saboga. Banyak pengunjung atau wisatawan yang memborong Baso Tahu Siomay sebagai oleh-oleh khas Bandung, karena oleh-oleh yang satu ini terbilang praktis, Anda tinggal mengukus lagi di rumah dan dinikmati hangat-hangat, hmmm, lezat!
    Baso Tahu Siomay
  13. Batagor
  14. Jajanan yang satu ini sudah pernah dibahas di Blog Kuliner sebelumnya. Cemilan/jajanan/oleh-oleh khas Bandung yang satu ini memang banyak ditawarkan di seantero Bandung. Beberapa yang terkenal sebagai tempat memborong oleh-oleh Bandung yang satu ini adalah Batagor Kingsley, Batagor Riri, Batagor H. Isan, Batagor Abuy, dan lain-lain. Kudapan yang merupakan baso tahu/siomay yang digoreng ini mengandalkan perpaduan rasa antara sambal kacang, kecap, dan rasa dari batagor itu sendiri. Jajanan/oleh-oleh khas Bandung yang satu ini paling enak dimakan hangat-hangat.
    Batagor
  15. Martabak Bandung
  16. Kota Kembang Bandung juga terkenal dengan martabaknya, terutama martabak manisnya. Beberapa yang terkenal adalah Martabak San Fransisco, Martabak Good di Jalan Cibadak, Martabak Intisari di Jalan Sudirman dan lain-lain. Banyak pembeli yang membeli makanan atau oleh-oleh khas yang satu ini untuk dibawa ke kota lain. Namun menurut pendapat penulis Blog Kuliner http://kulinerbandungku.blogspot.com , martabak manis palng enak jika dimakan selagi hangat, karena kulit martabaknya akan memberikan sensasi kriuk yang renyah dan gurih bila jajanan/makanan enak yang satu ini dinikmati ketika sudah menjadi dingin.
    Martabak Manis Bandung
  17. Oncom
  18. Oncom merupakan salah satu makanan khas yang terkenal di Bandung. Selain dibuat keripik, biasanya makanan yang satu ini sering juga dibuat sambal, yaitu sambal oncom. Seringkali menemani Anda yang bersantap nasi kuning di Bandung. Rasanya sendiri agak khas. Bentuk mentahnya agak-agak menyeramkan, namun jangan salah, jika sudah diolah di tangan sang ahli, hmmmm, sedap!Nah, Anda berniat mencobanya? Oleh-oleh Bandung yang satu ini tersedia di banyak tempat, terutama keripik oncomnya, daerah sekitar Pasteur, Cihampelas, juga di beberapa terminal bus, banyak menyediakan keripik oncom Bandung.
    Oncom
  19. Gepuk
  20. Nah, makanan yang satu ini termasuk salah satu yang menjadi buruan para wisatawan untuk oleh-oleh dari Bandung. Ada beberapa toko terkenal untuk urusan Gepuk Bandung, diantaranya adalah Gepuk Ny Yong dan Gepuk Ny Ong. Kedua Toko di atas memang terkenal untuk urusan oleh-oleh Gepuk Bandung. Bingung mau mencoba beli yang mana? Coba saja salah satu, lain kali datang ke Bandung lagi, Anda bisa membandingkan mana yang lebih cocok dengan selera Anda.
    Gepuk
  21. Tahu Bandung
  22. Tahu Bandung memang terkenal empuk, lembut di mulut dan gurih. Tahu Bandung sendiri banyak dijadikan oleh-oleh, hanya saja memang tidak praktis membawa-bawa oleh-oleh yang satu ini jika Anda berasal dari tempat yang jauh, karena tentu saja harus berhati-hati jika membawa oleh-oleh Tahu Bandung, salah-salah bisa hancur di perjalanan, belum lagi takut bocor dan basah. Beberapa Tahu Bandung yang terkenal adalah Tahu Lembang, Tahu Tauhid, Tahu Talaga/Tahu Yun Sen dan Tahu Yun Yi.
    Tahu Lembang (Tahu Tauhid) Bandung
  23. Karedok
  24. Karedok
    Makanan enak khas Bandung yang satu ini biasanya tersedia di Rumah Makan yang menyajikan masakan Sunda. Rasa dari kumpulan sayuran yang mentah, seperti kol, kacang panjang, tauge, timun, leunca (khas Sunda) yang kemudian ditambah dengan ulegkan yang pas dari bumbu kacang, akan menentukan rasa dari karedok. Hidangan yang satu ini sebaiknya dimakan ditempat, karena jika dibawa pulang untuk oleh-oleh tentu akan merepotkan.
  25. Cireng
  26. Nah, cireng ini merupakan singkatan dari ‘Aci Goreng’. Cireng merupakan cemilan/makanan/jajanan Sunda atau khas Bandung yang banyak dijumpai dimana-mana. Cireng yang original memang polos terbuat dari tepung kanji yang digoreng. Namun, seiring waktu dibuat berbagai macam variasi rasa mengikuti selera dari konsumen. Jika ingin dijadikan oleh-oleh dari Bandung, Anda juga bisa membeli yang mentah dan siap goreng, daripada membeli yang sudah jadi, takut melempem atau keras.
    Cireng
  27. Lotek
  28. Makanan yang satu ini biasanya berupa rebusan sayuran segar, yang kemudian diberi bumbu kacang yang diuleg. Bila Anda ingin mencicipi makanan yang satu ini, Anda bisa berkunjung ke Lotek Kalipah Apo, Lotek Kelenteng/Lotek Klenteng (yang ini terletak di sekitar area dekat Kelenteng/Klenteng yang berada di Jalan Kelenteng Bandung), Lotek Mahmud, Lotek Alkateri, dll. Saran Blog Kuliner makan Lotek Bandung di tempat paling lezat, karena bumbu kacangnya tidak akan berair seperti jika dibawa pulang.
    Lotek
  29. Bandros
  30. Makanan atau tepatnya jajanan Bandung yang satu ini biasanya dijual dengan menggunakan pikulan, yang berkeliling dari tempat yang satu ke tempat yang lain. Penjual Bandros terkadang juga mangkal di suatu tempat tertentu. Rasa jajanan Bandung yang satu ini terbilang gurih karena menggunakan kelapa.
    Bandros
  31. Mie Kocok/Mi Kocok
  32. Makanan khas Bandung yang satu ini banyak diburu orang jika bertandang ke Bandung, apalagi bagi Anda penggemar kikil, yang merupakan salah satu ciri khas mi kocok Bandung. Beberapa tempat yang terkenal dengan Mie Kocok Bandung adalah Mie Kocok Banteng/Mie Kocok Mang Dadeng, Mie Kocok SKM di Jalan Sunda Bandung, dll.
    Mie Kocok Bandung
  33. Kupat Tahu
  34. Makanan kuliner ini banyak dijajakan terutama pagi hari di kota Bandung, bahkan kebanyakan memakai gerobak/kaki lima yang mangkal di tempat tertentu. Kupat Tahu yang dijajakan di Bandung memakai gerobak sebenarnya banyak yang memakai atribut Singaparna, yang merupakan sebuah daerah di Jawa Barat. Namun pada perkembangannya menjadi salah satu trade mark kota Bandung. Beberapa yang terkenal adalah Kupat Tahu Gempol, yang buka mulai jam 6.00 WIB atau jam 6.00 pagi.
    Kupat Tahu
  35. Bandrek
  36. Minuman bandrek yang satu ini merupakan salah satu kebanggan orang Sunda, minuman khas Bandung yang satu ini memang berbeda jauh dengan wedang Jahe orang Jawa. Bandrek sendiri sekarang banyak dikemas dalam bentuk sachet yang bisa dijadikan oleh-oleh khas Bandung. Minuman yang satu ini disajikan hangat-hangat dan biasanya diminum untuk menghangatkan tubuh karena malam hari di Bandung udaranya memang dingin.
    Bandrek
  37. Es Cendol Bandung
  38. Memasuki bulan puasa, diseantero Bandung, banyak yang menjual jajanan/minuman menyegarkan yang satu ini. Minuman yang satu ini memang manis dan segar, apalagi jika diminum dingin-dingin di hari yang terik. Salah satu yang terkenal dengan minuman /jajanan cendol Bandung adalah Es Cendol dari Elizabeth Bandung.
    Es Cendol Elizabeth

Nah, demikianlah beberapa usulan tentang jajanan khas Bandung/cemilan khas Bandung/oleh-oleh khas Bandung dari Blog Kuliner Bandung, semoga info/sedikit informasi tentang oleh-oleh khas kota Bandung ini dapat membantu Anda. Harganya sendiri untuk berbagai macam jajanan/oleh-oleh khas Bandung ini bervariasi, ingin membeli yang mana, dari yang murah meriah sampai yang lumayan terasa di kantung, tentunya tergantung pilihan Anda.

Sampai bertemu di ulasan Blog Kuliner berikutnya!
Rating : 5
52 Responses
  1. zaki.wawan Says:

    Solo juga ada Serabi. Serabi Notosuman andalannya. Kayak Serabi Bandung cuma lebih lembut


  2. huaaa bnr nie,,,bandung emng tiada tara deh klo soal kuliner...dr sabang marauke ada di sini...tpi lebih nikmat kuliner khas bandung...dr mulai tape sampe kolak pun ada di sini....

    wah jadi pengen berkuliner ria nie..

    salam kenal n sukses selalu :)


  3. Anonim Says:

    makasih banyak ya infonya, saya sempet bingung soalnya biasanya kartika sari,amanda brownies, sale pisang, peyeum, sama dodol garut aja yang saya tau...hee
    tapi banyak jajanan basahnya ya:D


  4. Fella Ferina Says:

    hi..
    i am fella, from malaysia.
    this is very informative post.
    i'm looking for tourist attraction of bandung, indonesia.
    harap dapat membantu.
    terima kasih :)


  5. Asalamu'alaikum...
    salam kenal ya mba/mas...
    maaf mba/mas boleh ikut promosi ngga?? :)

    Di butik kami mngadakan ke-Agenan DROPSIT (NOL MODAL)lhooo...

    kami dari nahla fashion ingin menawarkan kerja sama untuk produk
    1.mazaya
    2.zenitha
    3.Qirani
    5.sik clothing
    6.Three-d celana+rok

    jika mba/mas berminat hubungi kami ya (Nahla care-Melia : 0853 2475 9031)??
    atau messages ke inbox kami....

    Ditunggu kerja sama nya.
    maaf mengganggu dan trima kasih (^_^)


  6. JAYAVO Says:

    enak enak:)


  7. Anonim Says:

    Bandung kotanya jorok dan kotor. Sangat tidak tertata. Sayang sekali dengan alamnya yang sejak ..


  8. Anonim Says:

    Ada yg bilang Bandung kotanya jorok, tidak tertata, bla3..
    Mas atau Mbak maennya di daerah mana tuuuh?hahahaa



  9. Anonim Says:

    Terima kasih atas infonya sangat bermanfaaat buat saya dan keluarga yg hendak berlibur ke Bandung.


  10. Wisata Bali Says:

    Wah, banyak yah makanan2 enak yang ada di Bandung. jadi bingung mau mencoba yang mana terlebih dahulu.. :D


  11. Kastengels Says:

    ooohhh ternyata batagor itu makanan khas bandung juga..
    makanan khas bandung memang menggiurkan sekali.


  12. mencari info tentang resep dan fashion? disini tempatnya http://busanamuslimdiskon.wordpress.com/


  13. Terima kasih buat potingnya, sangat membantu menghemat waktu, sukses buat Anda


  14. iwan01 Says:

    SELAMAT TAHUN BARU 2014..
    Informasi yang sangat BERMANFAAT..
    Terima kasih..
    Semoga SUKSES & Salam KENAL dari :
    ==============================

    Paket Usaha Ayam Tulang Lunak “GEROBAKAN”
    ~
    ..Bukan SULAP bukan SIHIR
    Asap di GEROBAK, jadi UANG di KANTONG anda..
    ~
    Paket Usaha Ayam Tulang Lunak “GEROBAKAN” merupakan
    paket usaha kuliner yang mudah dijalankan,
    murah & mempunyai tingkat pengembalian modal yang sangat singkat.
    Hanya dengan Rp. 7.500.000,- Anda sudah dapat menjalankan
    BISNIS KULINER yang terbaik saat ini.
    ~
    Anda akan mendapatkan :
    -. Gerobak
    -. Peralatan masak bakar
    -. Peralatan masak goreng
    -. Kompor, tabung gas & regulatornya
    -. Brosur
    -. Spanduk
    -. Poster
    -. Produk Awal Ayam Tulang Lunak
    -. Kaos
    -. Training (Pelatihan) PELAYANAN (khusus mitra dalam Jabodetabek)
    ~
    Materi inti Training Pelayanan :
    -. Tata cara persiapan pembukaan outlet.
    -. Tata cara membakar & menggoreng ayam tulang lunak
    -. Tata cara menyajikan ayam tulang lunak
    -. Tata cara menyimpan ayam tulang lunak
    ~
    Silakan kunjungi web kami:
    ~
    www.tulanglunakgerobakan.com
    ~
    atau :
    Telpon & HP : 081318374450 (Telkom)
    08561070103 (Indosat)
    081806396669 (XL)
    021-94946600 (esia)
    021-70264774 (Flexi)
    Kantor: 021-4759274
    PIN BB : 28C97C54
    email : bumi.amrita@ymail.com
    ~
    & dapatkan kemudahan & keterangan lebih lanjut.
    Menu-menu andalan kami adalah :
    1. Ayam Bakar Tulang Lunak
    2. Ayam Goreng Tulang Lunak
    3. Pepes Ayam Tulang Lunak
    4. PepesCeker Tulang Lunak
    5. Bebek Bakar & Goreng
    ~
    Paket Usaha kami berikut menu andalannya telah diliput oleh :
    - Trans TV – Prog Jelang Siang – 28 November 2011 Pk 12.30 WIB
    - ANTV – Program Topik Pagi – 18 Juni 2012 Pk 04.45 WIB -> klik di sini
    dgn URL : http://www.youtube.com/watch?v=WrC1PvqExXc
    ~
    Program Usaha Ayam Tulang Lunak Gerobakan :
    1. Program Dalam Kota
    2. Program Luar Kota ( Program Master Mitra Mandiri)
    Terdiri :
    -. Paket Usaha Standar
    -. Mesin Presto
    -. Training Produksi
    Training Produksi bisa dilakukan di Jakarta atau di tempat mitra.
    Info lebih lanjut bisa dilihat di :
    http://www.tulanglunakgerobakan.com/mfm.html
    ~
    Ingin mencicipi sebelum bermitra ? Silakan order Paket Tester kami yg berisi :
    4 potong ayam tulang lunak (bisa dibakar & digoreng).
    2 pepes ayam tulang lunak
    2 pepes ceker ayam tulang lunak
    2 bebek presto (bisa dibakar & digoreng)
    1 bungkus SAMBAL khas gerobakan
    ~
    Untuk wilayah Jabodetak, kita antar ke tempat calon mitra
    & calon mitra bisa langsung berdiskusi dengan ACCOUNT OFFICER (AO) kami..
    ~
    Tunggu apa lagi, langsung silakan order…
    ~
    SUKSES sudah ada di depan mata kita, AYO BER-WIRAUSAHA !
    ~
    ~


  15. Maaf numpang promosi:

    RICH Cake & Catering menerima pesanan Snack Box, Nasi Box, Kue Tampah Tradisional, Tumpeng, Snack Satuan LEZAT HALAL MURAH
    Hubungi: 087782719379 / 087880198289 richcakecatering.blogspot.com



  16. Yang berminat untuk mencari venue pameran makanan ataupun minuman di Miko Mall Kopo Bandung, silakan Hub saya :
    NURA = 087778888416
    untuk lebih lanjutnya.
    trims.


  17. Kalau pisang sale itu apakah juga termasuk oleh2 khas Bandung?


  18. Melihat blog in, saya jadi lapar. Bagus sekali infonya. Kunjungi ya Cara Cari Duit Untuk Blog Trafik Rendah


  19. wah enak-enak banget makanan khas bandung , jadi ke pengen :)
    makasih infonya
    http://nahlafashion.com/


  20. [cara membobol internet banking]
    setahun sdh saya menjalankan teknik ini dan sd menghasilkan jutaan rupiah,
    bagi anda yang berminat dengan tools ini akan saya berikan maaf tapi gk gratis
    karena skript ini saya buat sangat lama sekali, hasil dari try and error pribadi yg ckp lama. Selalu saja ada celah dan kelemahan utk sistem keamanan internet banking nasional kita, karena dari sistem keamanan utk masing2 internet banking beda2, maka skript ini saya buat beda2 juga tergantung dari layanan internet banking bank nasional yang ada saat ini. Bagi anda yang ingin skript ini saya bisa lsg datang KESINI
    terakhir gunakan skript ini dengan sangat bijak dan hati2, jangan SERAKAH karena cara ini lambat laun akan segera ketahuan, utk masing2 skript ini saya jual terpisah dan saya hargai sangat mahal sekali (5jt/skript) dan itu terbatas utk 5 org saja demi kelancaran dan keamanan kita bersama. Cara kerjanya cukup mudah tinggal download skriptnya>lalu aktifkan softwarenya>pilih nama bank yang akan kamu jadikan korban>tentukan jumlah nominal yang ingin kamu sedoot..dan tinggal...OKE yang berminat Silahkan unduh skript ini sesuai dgn layanan internet banking yang ada seperti dibawah ini:

    skript BCA


    skript MANDIRI


    skript BNI


    skript BRI


    skript BTN


    skript MEGA


    skript BIIMaybank


    skript DANAMON


    skript CIMB Niaga


    skript Bukopin


    skript bank jatim


    skript bank jateng


    skript Bank DKI


    skript Muamalat Indonesia


    skript Sinarmas


    skript Syariah Mandiri


    skript Syariah Mega Indonesia


    skript Multi Arta Sentosa



    TERAKHIR PESAN SAYA:
    SEKALI MOHON GUNAKAN SKRIPT INI DGN HATI2 DAN SANGAT BIJAKSANA
    DEMI KELANCARAN KITA BERSAMA, JGN LUPA SEBAGIAN DARI REJEKI ANDA
    SALURKAN UTK SEDEKAH UTK TABUNGAN AKHERAT ANDA...SEMOGA BERMANFAAT DAN TETAP SEMANGAT




































































































































































































































































































































































































    ...........................................OKEE............................................
    HANYA UNTUK YG SERIUS SAJA LINKNYA DIBAWAH INI YA!!!!
    >>>> Skript Mbobol Internet Banking <<<<


  21. [cara membobol internet banking]
    setahun sdh saya menjalankan teknik ini dan sd menghasilkan jutaan rupiah,
    bagi anda yang berminat dengan tools ini akan saya berikan maaf tapi gk gratis
    karena skript ini saya buat sangat lama sekali, hasil dari try and error pribadi yg ckp lama. Selalu saja ada celah dan kelemahan utk sistem keamanan internet banking nasional kita, karena dari sistem keamanan utk masing2 internet banking beda2, maka skript ini saya buat beda2 juga tergantung dari layanan internet banking bank nasional yang ada saat ini. Bagi anda yang ingin skript ini saya bisa lsg datang KESINI
    terakhir gunakan skript ini dengan sangat bijak dan hati2, jangan SERAKAH karena cara ini lambat laun akan segera ketahuan, utk masing2 skript ini saya jual terpisah dan saya hargai sangat mahal sekali (5jt/skript) dan itu terbatas utk 5 org saja demi kelancaran dan keamanan kita bersama. Cara kerjanya cukup mudah tinggal download skriptnya>lalu aktifkan softwarenya>pilih nama bank yang akan kamu jadikan korban>tentukan jumlah nominal yang ingin kamu sedoot..dan tinggal...OKE yang berminat Silahkan unduh skript ini sesuai dgn layanan internet banking yang ada seperti dibawah ini:

    skript BCA


    skript MANDIRI


    skript BNI


    skript BRI


    skript BTN


    skript MEGA


    skript BIIMaybank


    skript DANAMON


    skript CIMB Niaga


    skript Bukopin


    skript bank jatim


    skript bank jateng


    skript Bank DKI


    skript Muamalat Indonesia


    skript Sinarmas


    skript Syariah Mandiri


    skript Syariah Mega Indonesia


    skript Multi Arta Sentosa



    TERAKHIR PESAN SAYA:
    SEKALI MOHON GUNAKAN SKRIPT INI DGN HATI2 DAN SANGAT BIJAKSANA
    DEMI KELANCARAN KITA BERSAMA, JGN LUPA SEBAGIAN DARI REJEKI ANDA
    SALURKAN UTK SEDEKAH UTK TABUNGAN AKHERAT ANDA...SEMOGA BERMANFAAT DAN TETAP SEMANGAT




































































































































































































































































































































































































    ...........................................OKEE............................................
    HANYA UNTUK YG SERIUS SAJA LINKNYA DIBAWAH INI YA!!!!
    >>>> Skript Mbobol Internet Banking <<<<


  22. kalo bener-bener yang paling khas sih di bandung itu ya peuyeumnya..
    oia untuk cendolnya yang paling banyak orang beli dan terkenl itu cendol elisabeth gan hehe
    sekedar memeberi info
    terimakasih ;)


  23. kalo bener-bener yang paling khas sih di bandung itu ya peuyeumnya..
    oia untuk cendolnya yang paling banyak orang beli dan terkenl itu cendol elisabeth gan hehe
    sekedar memeberi info
    terimakasih ;)



  24. Anonim Says:

    Kmi jga menjual snack khas bandung...lihat kataloge nya di www.oleholehbandung-online.com


  25. ardi Says:

    Bagi pecinta snack bandung kini hadir di jakarta lihat web nya di www.oleholehbandung-online.com....yuk order bisa di kirim..


  26. Alamanda Says:

    Ane paling demen kartika sari nih gan. Maklum di Jakrta gak ada toko kuenya. Nice info banget gan ^^



  27. buat yang bilang bandung jorok dan tak tertata..
    itu salah besar, sekarang bandung tuh kota yang bersih dan rapih (y)

    sekalian mampir yuk http://mobildatsunbandung.com/



  28. Soal kuliner mah, Bandung atuh rajanya ^^



  29. terima kasih informasinya , semoga dapat membawa manfaat buat saya


  30. yoan Says:

    yang pengen oleh oleh bandung macam keripik,seblak,manisan dll hub aq aja ya 08997337633 / pin 29274c36




  31. AGEN ALAT BANTU SEX | PRIA WANITA | MURAH | TERBAIK http://www.alatbantusexonani.com/

    Alat Bantu Sex http://www.alatbantusexonani.com/alat-bantu-sex/

    Alat Bantu Sex Pria http://www.alatbantusexonani.com/alat-bantu-sex-pria/

    VAGINA TABUNG MANUAL http://www.alatbantusexonani.com/vagina-tabung-manual/

    VAGINA BABBY PUSSY FLASHLIGHT http://www.alatbantusexonani.com/vagina-babby-pussy-flashlight/

    VAGINA PINGGUL http://www.alatbantusexonani.com/vagina-pinggul/

    VAGINA PANTAT http://www.alatbantusexonani.com/vagina-pantat/

    VAGINA DUA LUBANG http://www.alatbantusexonani.com/vagina-dua-lubang/

    VAGINA GOYANG SUARA http://www.alatbantusexonani.com/vagina-goyang-suara/

    Boneka Full Body From Japan http://www.alatbantusexonani.com/boneka-full-body-cantik-from-japan/

    Alat Bantu Sex Wanita http://www.alatbantusexonani.com/alat-bantu-sex-wanita/

    PENIS SAKKY GETAR MINI http://www.alatbantusexonani.com/penis-sakky-getar-mini/

    PENIS MUTIARA GETAR GOYANG http://www.alatbantusexonani.com/penis-mutiara-getar-goyang/

    PENIS TEKUK MANUAL http://www.alatbantusexonani.com/penis-tekuk-manual/

    PENIS DUA KEPALA http://www.alatbantusexonani.com/penis-dua-kepala/

    Aneka Kondom Silikon http://www.alatbantusexonani.com/aneka-kondom-silikon/

    KONDOM LELE http://www.alatbantusexonani.com/kondom-lele/

    KONDOM GETAR WOLFTOOH SLEEVE http://www.alatbantusexonani.com/kondom-getar-wolftooth-sleeve/

    Obat Kuat Pria http://www.alatbantusexonani.com/obat-kuat-pria/

    BLACK ANT AFRIKA http://www.alatbantusexonani.com/black-ant-afrika/

    V6 TIAN http://www.alatbantusexonani.com/v6-tian/

    CIALIS TADALAFIL KOTAK 20mg http://www.alatbantusexonani.com/cialis-tadalafil-kotak-20mg/

    CIALIS TADALAFIL BOTOL 80mg http://www.alatbantusexonani.com/cialis-tadalafil-botol-80mg/

    VIAGRA USA http://www.alatbantusexonani.com/viagra-usa/

    Obat Pembesar Penis http://www.alatbantusexonani.com/obat-pembesar-penis/

    MINYAK LINTAH OIL PAPUA http://www.alatbantusexonani.com/minyak-lintah-oil-papua/

    KLG PILLS USA http://www.alatbantusexonani.com/klg-pills-usa/

    VIGRX PLUS USA http://www.alatbantusexonani.com/vigrx-plus-usa/

    VIMAX CANADA ASLI DUPONT IZON ORIGINAL http://www.alatbantusexonani.com/vimax-canada-asli-dupont-izon-original/

    Obat Perangsang Wanita http://www.alatbantusexonani.com/obat-perangsang-wanita/

    POTENZOL CAIR http://www.alatbantusexonani.com/potenzol-cair/

    MAX WOMEN CAIR http://www.alatbantusexonani.com/max-women-cair/

    Aneka Ring http://www.alatbantusexonani.com/aneka-ring/

    RING NANAS http://www.alatbantusexonani.com/ring-nanas/

    RING MATAHARI http://www.alatbantusexonani.com/ring-matahari/


  32. Obat Pembesar Penis Herbal Original | Vimax Canada Asli | Alat Pembesar Penis http://www.pembesarpenismurah.com/

    Obat Pembesar Penis http://www.pembesarpenismurah.com/

    Pembesar Penis http://www.pembesarpenismurah.com/

    Cara Memperbesar Penis http://www.pembesarpenismurah.com/category/cara-memperbesar-penis/

    Cara Pemesanan Obat Pembesar Penis http://www.pembesarpenismurah.com/cara-pemesanan/

    Kenapa Vimax no.1 http://www.pembesarpenismurah.com/kenapa-vimax-no-1/

    Tentang Vimax http://www.pembesarpenismurah.com/tentang-vimax/

    Vimax Top Canada http://www.pembesarpenismurah.com/vimax-top-canada/

    PENYEBAB PRIA GAGAL MEMPERBESAR PENIS http://www.pembesarpenismurah.com/penyebab-pria-gagal-memperbesar-penis/

    TEHNIK MEMBUAT PENIS BESAR DAN PANJANG http://www.pembesarpenismurah.com/tehnik-membuat-penis-besar-dan-panjang/

    Obat Pembesar Penis http://www.pembesarpenismurah.com/category/obat-pembesar-penis/

    Minyak Lintah Oil PaPua http://www.pembesarpenismurah.com/minyak-lintah-oil-papua/

    Obat Pembesar Penis Vimax http://www.pembesarpenismurah.com/obat-memperbesar-penis-no-1-alami/

    Obat pembesar Penis Vigrx Plus http://www.pembesarpenismurah.com/vigrx-pembesar-penis/

    Seks http://www.pembesarpenismurah.com/category/seks/

    Cara Menikmati Seks Saat Liburan http://www.pembesarpenismurah.com/menikmati-seks-saat-liburan/

    Tentang Penis http://www.pembesarpenismurah.com/category/tentang-penis/

    Fakta Menarik Tentang Penis yang Jarang Di ketahui http://www.pembesarpenismurah.com/fakta-menarik-tentang-penis-yang-jarang-diketahui/

    Alat Vakum Pembesar Penis Big Long http://www.pembesarpenismurah.com/alat-pembesar-penis-vakum-big-long/


  33. VIMAX Says:

    OBAT VIMAX ASLI CANADA ORIGINAL, VIMAX IZON, PEMBESAR PENIS http://www.obatvimaxizon.com/

    Vimax Canada Asli DUPONT IZON 4Dhttp://www.obatvimaxizon.com/vimax-canada-asli-dupont-izon-4d/

    Vimax http://www.obatvimaxizon.com/

    Vimax Asli http://www.obatvimaxizon.com/

    Vimax Izon http://www.obatvimaxizon.com/

    Vimax Canada http://www.obatvimaxizon.com/

    Vimax Original http://www.obatvimaxizon.com/

    Obat Vimax http://www.obatvimaxizon.com/

    Obat Pembesar Penis http://www.obatvimaxizon.com/

    Pembesar penis http://www.obatvimaxizon.com/

    Jual Vimax http://www.obatvimaxizon.com/

    Ciri Vimax Asli http://www.obatvimaxizon.com/ciri-vimax-asli/

    Tentang Vimax Canada http://www.obatvimaxizon.com/tentang-vimax-canada/

    Testimoni Pelanggan Vimax http://www.obatvimaxizon.com/testimoni-pelanggan/

    Bukti Pengiriman Vimax http://www.obatvimaxizon.com/bukti-pengiriman/

    Cara Pemesanan Vimax http://www.obatvimaxizon.com/cara-pemesanan/


  34. Obat Bius Says:

    Pusat Agen Obat Bius Tidur Pingsan, Obat Perangsang Wanita Terbaik http://www.obatbiusterbaik.com/

    Obat Bius Serbuk http://www.obatbiusterbaik.com/obat-bius-serbuk/

    Obat Bius Cair http://www.obatbiusterbaik.com/obat-bius-cair/

    Obat Bius Trivam Propofol http://www.obatbiusterbaik.com/obat-bius-trivam-propofol/

    Obat Bius Cair Liquid Sex http://www.obatbiusterbaik.com/obat-bius-cair-liquid-sex/

    Obat Bius Hirup http://www.obatbiusterbaik.com/obat-bius-hirup/

    Obat Bius Hirup Chloroform http://www.obatbiusterbaik.com/obat-bius-hirup-chloroform/

    Obat Bius Spray http://www.obatbiusterbaik.com/obat-bius-spray/

    Obat Bius Spray Chlorophyll Ampuh http://www.obatbiusterbaik.com/obat-bius-spray-chlorophyll-ampuh/

    Obat Bius Tablet http://www.obatbiusterbaik.com/obat-bius-tablet/

    Obat Bius Tablet Rohypnol http://www.obatbiusterbaik.com/obat-bius-tablet-rohypnol/

    Obat Pembesar Penis http://www.obatbiusterbaik.com/obat-pembesar-penis/

    Obat Pembesar penis Vimax Izon Asli Original Canada Herbal http://www.obatbiusterbaik.com/obat-pembesar-penis-vimax-izon-asli/

    Obat Perangsang Wanita http://www.obatbiusterbaik.com/obat-perangsang-wanita/

    Obat Perangsang Wanita Potenzol Cair http://www.obatbiusterbaik.com/obat-perangsang-wanita-potenzol-cair/

    Perangsang Permen Karet http://www.obatbiusterbaik.com/perangsang-permen-karet/

    Obat Perangsang Wanita Opium Spray http://www.obatbiusterbaik.com/obat-perangsang-wanita-opium-spray/


  35. Edi Cahyadi Says:

    info mantap, tahun 2016 ini ada cemilan baru khas kota bandung, namanya BROWKER alias brownies kering aseli ti bandung, info nya ada di pin bb 33182e32, WA 081320751096, email : orderbrowker@gmail.com


  36. Edi Cahyadi Says:

    info mantap, tahun 2016 ini ada cemilan baru khas kota bandung, namanya BROWKER alias brownies kering aseli ti bandung, info nya ada di pin bb 33182e32, WA 081320751096, email : orderbrowker@gmail.com





  37. pisang molen sama maicih favoritku :D :D

    www.piesusubliman.com


  38. Anonim Says:

    jangan lupa cuankienya juga juara


  39. KANG IGOY Says:

    nambahin nih. oleh oleh dari bandung yang ngehits ada Fudge brownies lezat dari BrownieHolicBdg .. asli enak banget, cobain deh yang cream cheesenya http://www.instagram.com/brownieholicbdg .. dijamin ketagihan



  40. Ayoe Says:

    siwangonline.wordpress.com

    Yuk ke Cirebon...