Translate this page from Indonesian to .......

English French German Spain Italian Dutch Japanese Korean Chinese Simplified

Widget edited by Computer Trend
Unknown
Daftar List Oleh-Oleh Jajanan Makanan Enak Khas Bandung
Reviewed by : Unknown
Kalau Anda berkunjung ke Bandung Kota Kembang, selain berbelanja/shopping berbagai macam barang, Anda tentunya tak kan melewatkan kesempatan mencicipi berbagai hidangan atau jajanan khas Bandung. Bagi Anda yang bingung tentang apa saja sih oleh-oleh jajanan makanan enak khas Bandung kota Parahyangan?

Mungkin bagi Anda yang belum pernah ke Bandung dan bingung, ada beberapa rekomendasi/info tentang daftar/list oleh-oleh Bandung/jajanan Bandung/makanan enak khas Bandung yang mungkin dapat membantu dari Blog Kuliner, diantaranya adalah:

  1. Pisang Bolen/Pisang Molen
  2. Pisang Molen Kartika Sari
    Pisang Bolen/Pisang Molen sudah terkenal sejak dulu merupakan salah satu oleh-oleh yang banyak dicari di Bandung, bahkan selain rasa yang original, sekarang tersedia pula dalam berbagai pilihan rasa. Nah, untuk mencari jajanan atau oleh-oleh yang satu ini, jangan khawatir, pisang bolen/pisang molen ada di banyak tempat, di antaranya adalah Kartika Sari, Prima Rasa, Mayasari, bahkan di sepanjang jalan di mana tempat turis/pelancong datang ke Bandung banyak tersedia oleh-oleh Bandung yang satu ini, seperti di Cihampelas, di sepanjang jalan Pasteur, di daerah jalan Dago dan Riau yang banyak terdapat Factory Outlet. Harganya sendiri, untuk pisang bolen/pisang molen berkisar Rp 27.000 – Rp 35.000 an per kotak atau per paknya.
  3. Brownies
  4. Brownies
    Untuk Brownies Bandung, walaupun makanan enak/oleh-oleh khas Bandung yang satu ini baru booming dalam beberapa tahun terakhir, tapi banyak sekali yang terjun ke dalam bisnis makanan yang satu ini. Ada berbagai macam versi dari Brownies, mulai dari Brownies Kukus, Brownies Panggang, dll. Tempat-tempat yang bisa dikunjungi bila Anda berminat memborong oleh-oleh atau jajanan khas Bandung yang satu ini adalah Amanda Brownies, Kartika Sari, Prima Rasa, dll. Harga untuk Brownies berkisar antara Rp 30.000 – 60.000 an per kotak/ per pak nya. Nah, silahkan memborong oleh-oleh Bandung yang satu ini.
  5. Peuyeum
  6. Nah, yang dinamakan peuyeum ini banyak di jumpai tergantung di toko-toko oleh-oleh sebagai salah satu ikon khas Bandung. Di kawasan Cibaduyut, Cihampelas, Pasteur, bahkan di daerah sekitar terminal pun banyak dijual peuyeum Bandung. Banyak wisatawan yang membawa pulang peuyeum sebagai oleh-oleh khas Bandung. Bagi Anda yang belum tahu apa itu peuyeum, peuyeum adalah tapai (tape) singkong. Seperti ini loh bentuk peuyeum :
    Peuyeum
  7. Keripik
  8. Keripik untuk oleh-oleh yang merupakan keripik khas Bandung bermacam-macam, di antaranya keripik oncom, keripik pedas yang akhir-akhir ini sedang booming, dll. Untuk keripik pedas berbagai nama pun disiapkan produsen untuk menarik konsumen, seperti keripik setan, pikset, dll. Keripik pedas yang terkenal di Bandung di antarnya adalah Keripik Ma’Icih dan Keripik Karuhun. Keripik-keripik tipe ini terkenal dengan derajat kepedasan yang berbeda-beda disesuaikan dengan selera konsumen. Keripik Karuhun : * Keripik Singkong Level S ( Standart / Sedang ) * Keripik Singkong Level P ( Pedas ) * Keripik Singkong Level SP ( Sangat Pedas ) * Keripik Singkong SI ( Sambel Ijo ) * Keripik Singkong SISP ( Sambel Ijo Super Pedas ) * Dorokdok ( Keripik Kulit )
    Keripik Karuhun
    Keripik Ma’Icih/Keripik Maicih juga demikian, dengan mengandalkan tingkat level kepedasan yang berbeda-beda, namun umumnya dijual dari level 3 sampai dengan level 5, Anda bisa mencicipi keripik singkong pedas. Keripik Maicih juga mudah dijumpai dimana-mana, terutama di daerah-daerah tempat turis berkumpul seperti jalan Cihampelas, kawasan Dago dan Riau tempat banyak Factory Outlet, dll.
    Keripik Ma'Icih
    Harganya sendiri untuk keripik/oleh-oleh Bandung yang satu ini tidaklah bisa dibilang murah, malah terhitung agak mahal. Keripik Ma Icih sendiri mantap untuk rasa pedasnya, namun saran penulis, kurang cocok bila menjadi oleh-oleh untuk orang lanjut usia, karena agak keras alias kurang renyah untuk ukuran orang tua, biasanya anak-anak muda yang menggemari keripik ini. *Update* Terakhir penulis membeli Keripik Ma Icih dihargai Rp. 18.000, namun coba saja dulu keripik/oleh-oleh Bandung yang satu ini, apakah sesuai dengan selera Anda? Bila ya, maka tak ada salahnya memborong oleh-oleh Bandung yang satu ini.
  9. Serabi Bandung atau Surabi Bandung
  10. Nah, serabi/surabi yang berasal dari kota kembang Bandung berbeda tipenya dengan serabi yang berasal dari Solo, Jawa Tengah. Seperti inilah tampilan serabi/surabi Bandung:
    Serabi Bandung
    Variasinya sekarang menjadi sangat banyak karena penjual otomatis mengikuti permintaan konsumen. Salah satu tempat yang terkenal dengan Surabi/serabi Bandung adalah kawasan Setiabudi Bandung, yaitu Surabi Enhaii Bandung (NHI Bandung). Kenapa dinamakan Surabi Enhaii, lokasinya karena terletak dekat dengan kampus Enhaii (NHI) Bandung Utara. Ada juga Surabi Ina yang juga menjajakan berbagai macam variasi surabi/serabi. Nah, bagi Anda yang ingin membawa pulang surabi Bandung sebagai oleh-oleh, datang saja ke lokasi-lokasi di atas.
  11. Baso Tahu Siomay
  12. Jajanan atau makanan yang satu ini termasuk banyak terdapat dimana-mana. Biasanya jajanan/makanan yang satu ini dihidangkan setelah dikukus panas-panas. Pilihannya sendiri bermacam-macam. Selain Baso Tahu, Siomay, Kol, Kentang, terkadang tersedia pula Paria dan Kulit. Setelah diiris, disiram dengan sambal kacang, kecap manis, dan diberi air jeruk nipis untuk menambah rasa nikmat. Baso Tahu yang terkenal di Bandung diantaranya adalah Baso Tahu Tulen dan Raja Baso Tahu Saboga. Banyak pengunjung atau wisatawan yang memborong Baso Tahu Siomay sebagai oleh-oleh khas Bandung, karena oleh-oleh yang satu ini terbilang praktis, Anda tinggal mengukus lagi di rumah dan dinikmati hangat-hangat, hmmm, lezat!
    Baso Tahu Siomay
  13. Batagor
  14. Jajanan yang satu ini sudah pernah dibahas di Blog Kuliner sebelumnya. Cemilan/jajanan/oleh-oleh khas Bandung yang satu ini memang banyak ditawarkan di seantero Bandung. Beberapa yang terkenal sebagai tempat memborong oleh-oleh Bandung yang satu ini adalah Batagor Kingsley, Batagor Riri, Batagor H. Isan, Batagor Abuy, dan lain-lain. Kudapan yang merupakan baso tahu/siomay yang digoreng ini mengandalkan perpaduan rasa antara sambal kacang, kecap, dan rasa dari batagor itu sendiri. Jajanan/oleh-oleh khas Bandung yang satu ini paling enak dimakan hangat-hangat.
    Batagor
  15. Martabak Bandung
  16. Kota Kembang Bandung juga terkenal dengan martabaknya, terutama martabak manisnya. Beberapa yang terkenal adalah Martabak San Fransisco, Martabak Good di Jalan Cibadak, Martabak Intisari di Jalan Sudirman dan lain-lain. Banyak pembeli yang membeli makanan atau oleh-oleh khas yang satu ini untuk dibawa ke kota lain. Namun menurut pendapat penulis Blog Kuliner http://kulinerbandungku.blogspot.com , martabak manis palng enak jika dimakan selagi hangat, karena kulit martabaknya akan memberikan sensasi kriuk yang renyah dan gurih bila jajanan/makanan enak yang satu ini dinikmati ketika sudah menjadi dingin.
    Martabak Manis Bandung
  17. Oncom
  18. Oncom merupakan salah satu makanan khas yang terkenal di Bandung. Selain dibuat keripik, biasanya makanan yang satu ini sering juga dibuat sambal, yaitu sambal oncom. Seringkali menemani Anda yang bersantap nasi kuning di Bandung. Rasanya sendiri agak khas. Bentuk mentahnya agak-agak menyeramkan, namun jangan salah, jika sudah diolah di tangan sang ahli, hmmmm, sedap!Nah, Anda berniat mencobanya? Oleh-oleh Bandung yang satu ini tersedia di banyak tempat, terutama keripik oncomnya, daerah sekitar Pasteur, Cihampelas, juga di beberapa terminal bus, banyak menyediakan keripik oncom Bandung.
    Oncom
  19. Gepuk
  20. Nah, makanan yang satu ini termasuk salah satu yang menjadi buruan para wisatawan untuk oleh-oleh dari Bandung. Ada beberapa toko terkenal untuk urusan Gepuk Bandung, diantaranya adalah Gepuk Ny Yong dan Gepuk Ny Ong. Kedua Toko di atas memang terkenal untuk urusan oleh-oleh Gepuk Bandung. Bingung mau mencoba beli yang mana? Coba saja salah satu, lain kali datang ke Bandung lagi, Anda bisa membandingkan mana yang lebih cocok dengan selera Anda.
    Gepuk
  21. Tahu Bandung
  22. Tahu Bandung memang terkenal empuk, lembut di mulut dan gurih. Tahu Bandung sendiri banyak dijadikan oleh-oleh, hanya saja memang tidak praktis membawa-bawa oleh-oleh yang satu ini jika Anda berasal dari tempat yang jauh, karena tentu saja harus berhati-hati jika membawa oleh-oleh Tahu Bandung, salah-salah bisa hancur di perjalanan, belum lagi takut bocor dan basah. Beberapa Tahu Bandung yang terkenal adalah Tahu Lembang, Tahu Tauhid, Tahu Talaga/Tahu Yun Sen dan Tahu Yun Yi.
    Tahu Lembang (Tahu Tauhid) Bandung
  23. Karedok
  24. Karedok
    Makanan enak khas Bandung yang satu ini biasanya tersedia di Rumah Makan yang menyajikan masakan Sunda. Rasa dari kumpulan sayuran yang mentah, seperti kol, kacang panjang, tauge, timun, leunca (khas Sunda) yang kemudian ditambah dengan ulegkan yang pas dari bumbu kacang, akan menentukan rasa dari karedok. Hidangan yang satu ini sebaiknya dimakan ditempat, karena jika dibawa pulang untuk oleh-oleh tentu akan merepotkan.
  25. Cireng
  26. Nah, cireng ini merupakan singkatan dari ‘Aci Goreng’. Cireng merupakan cemilan/makanan/jajanan Sunda atau khas Bandung yang banyak dijumpai dimana-mana. Cireng yang original memang polos terbuat dari tepung kanji yang digoreng. Namun, seiring waktu dibuat berbagai macam variasi rasa mengikuti selera dari konsumen. Jika ingin dijadikan oleh-oleh dari Bandung, Anda juga bisa membeli yang mentah dan siap goreng, daripada membeli yang sudah jadi, takut melempem atau keras.
    Cireng
  27. Lotek
  28. Makanan yang satu ini biasanya berupa rebusan sayuran segar, yang kemudian diberi bumbu kacang yang diuleg. Bila Anda ingin mencicipi makanan yang satu ini, Anda bisa berkunjung ke Lotek Kalipah Apo, Lotek Kelenteng/Lotek Klenteng (yang ini terletak di sekitar area dekat Kelenteng/Klenteng yang berada di Jalan Kelenteng Bandung), Lotek Mahmud, Lotek Alkateri, dll. Saran Blog Kuliner makan Lotek Bandung di tempat paling lezat, karena bumbu kacangnya tidak akan berair seperti jika dibawa pulang.
    Lotek
  29. Bandros
  30. Makanan atau tepatnya jajanan Bandung yang satu ini biasanya dijual dengan menggunakan pikulan, yang berkeliling dari tempat yang satu ke tempat yang lain. Penjual Bandros terkadang juga mangkal di suatu tempat tertentu. Rasa jajanan Bandung yang satu ini terbilang gurih karena menggunakan kelapa.
    Bandros
  31. Mie Kocok/Mi Kocok
  32. Makanan khas Bandung yang satu ini banyak diburu orang jika bertandang ke Bandung, apalagi bagi Anda penggemar kikil, yang merupakan salah satu ciri khas mi kocok Bandung. Beberapa tempat yang terkenal dengan Mie Kocok Bandung adalah Mie Kocok Banteng/Mie Kocok Mang Dadeng, Mie Kocok SKM di Jalan Sunda Bandung, dll.
    Mie Kocok Bandung
  33. Kupat Tahu
  34. Makanan kuliner ini banyak dijajakan terutama pagi hari di kota Bandung, bahkan kebanyakan memakai gerobak/kaki lima yang mangkal di tempat tertentu. Kupat Tahu yang dijajakan di Bandung memakai gerobak sebenarnya banyak yang memakai atribut Singaparna, yang merupakan sebuah daerah di Jawa Barat. Namun pada perkembangannya menjadi salah satu trade mark kota Bandung. Beberapa yang terkenal adalah Kupat Tahu Gempol, yang buka mulai jam 6.00 WIB atau jam 6.00 pagi.
    Kupat Tahu
  35. Bandrek
  36. Minuman bandrek yang satu ini merupakan salah satu kebanggan orang Sunda, minuman khas Bandung yang satu ini memang berbeda jauh dengan wedang Jahe orang Jawa. Bandrek sendiri sekarang banyak dikemas dalam bentuk sachet yang bisa dijadikan oleh-oleh khas Bandung. Minuman yang satu ini disajikan hangat-hangat dan biasanya diminum untuk menghangatkan tubuh karena malam hari di Bandung udaranya memang dingin.
    Bandrek
  37. Es Cendol Bandung
  38. Memasuki bulan puasa, diseantero Bandung, banyak yang menjual jajanan/minuman menyegarkan yang satu ini. Minuman yang satu ini memang manis dan segar, apalagi jika diminum dingin-dingin di hari yang terik. Salah satu yang terkenal dengan minuman /jajanan cendol Bandung adalah Es Cendol dari Elizabeth Bandung.
    Es Cendol Elizabeth

Nah, demikianlah beberapa usulan tentang jajanan khas Bandung/cemilan khas Bandung/oleh-oleh khas Bandung dari Blog Kuliner Bandung, semoga info/sedikit informasi tentang oleh-oleh khas kota Bandung ini dapat membantu Anda. Harganya sendiri untuk berbagai macam jajanan/oleh-oleh khas Bandung ini bervariasi, ingin membeli yang mana, dari yang murah meriah sampai yang lumayan terasa di kantung, tentunya tergantung pilihan Anda.

Sampai bertemu di ulasan Blog Kuliner berikutnya!
Rating : 5
51 Responses
  1. Solo juga ada Serabi. Serabi Notosuman andalannya. Kayak Serabi Bandung cuma lebih lembut


  2. huaaa bnr nie,,,bandung emng tiada tara deh klo soal kuliner...dr sabang marauke ada di sini...tpi lebih nikmat kuliner khas bandung...dr mulai tape sampe kolak pun ada di sini....

    wah jadi pengen berkuliner ria nie..

    salam kenal n sukses selalu :)


  3. Anonim Says:

    makasih banyak ya infonya, saya sempet bingung soalnya biasanya kartika sari,amanda brownies, sale pisang, peyeum, sama dodol garut aja yang saya tau...hee
    tapi banyak jajanan basahnya ya:D


  4. Fella Ferina Says:

    hi..
    i am fella, from malaysia.
    this is very informative post.
    i'm looking for tourist attraction of bandung, indonesia.
    harap dapat membantu.
    terima kasih :)


  5. Asalamu'alaikum...
    salam kenal ya mba/mas...
    maaf mba/mas boleh ikut promosi ngga?? :)

    Di butik kami mngadakan ke-Agenan DROPSIT (NOL MODAL)lhooo...

    kami dari nahla fashion ingin menawarkan kerja sama untuk produk
    1.mazaya
    2.zenitha
    3.Qirani
    5.sik clothing
    6.Three-d celana+rok

    jika mba/mas berminat hubungi kami ya (Nahla care-Melia : 0853 2475 9031)??
    atau messages ke inbox kami....

    Ditunggu kerja sama nya.
    maaf mengganggu dan trima kasih (^_^)



  6. Anonim Says:

    Bandung kotanya jorok dan kotor. Sangat tidak tertata. Sayang sekali dengan alamnya yang sejak ..


  7. Anonim Says:

    Ada yg bilang Bandung kotanya jorok, tidak tertata, bla3..
    Mas atau Mbak maennya di daerah mana tuuuh?hahahaa



  8. Anonim Says:

    Terima kasih atas infonya sangat bermanfaaat buat saya dan keluarga yg hendak berlibur ke Bandung.


  9. Wisata Bali Says:

    Wah, banyak yah makanan2 enak yang ada di Bandung. jadi bingung mau mencoba yang mana terlebih dahulu.. :D


  10. Kastengels Says:

    ooohhh ternyata batagor itu makanan khas bandung juga..
    makanan khas bandung memang menggiurkan sekali.


  11. mencari info tentang resep dan fashion? disini tempatnya http://busanamuslimdiskon.wordpress.com/


  12. Terima kasih buat potingnya, sangat membantu menghemat waktu, sukses buat Anda


  13. Maaf numpang promosi:

    RICH Cake & Catering menerima pesanan Snack Box, Nasi Box, Kue Tampah Tradisional, Tumpeng, Snack Satuan LEZAT HALAL MURAH
    Hubungi: 087782719379 / 087880198289 richcakecatering.blogspot.com



  14. Unknown Says:

    Yang berminat untuk mencari venue pameran makanan ataupun minuman di Miko Mall Kopo Bandung, silakan Hub saya :
    NURA = 087778888416
    untuk lebih lanjutnya.
    trims.


  15. Kalau pisang sale itu apakah juga termasuk oleh2 khas Bandung?


  16. Melihat blog in, saya jadi lapar. Bagus sekali infonya. Kunjungi ya Cara Cari Duit Untuk Blog Trafik Rendah


  17. wah enak-enak banget makanan khas bandung , jadi ke pengen :)
    makasih infonya
    http://nahlafashion.com/


  18. kalo bener-bener yang paling khas sih di bandung itu ya peuyeumnya..
    oia untuk cendolnya yang paling banyak orang beli dan terkenl itu cendol elisabeth gan hehe
    sekedar memeberi info
    terimakasih ;)


  19. kalo bener-bener yang paling khas sih di bandung itu ya peuyeumnya..
    oia untuk cendolnya yang paling banyak orang beli dan terkenl itu cendol elisabeth gan hehe
    sekedar memeberi info
    terimakasih ;)



  20. Anonim Says:

    Kmi jga menjual snack khas bandung...lihat kataloge nya di www.oleholehbandung-online.com


  21. ardi Says:

    Bagi pecinta snack bandung kini hadir di jakarta lihat web nya di www.oleholehbandung-online.com....yuk order bisa di kirim..


  22. Alamanda Says:

    Ane paling demen kartika sari nih gan. Maklum di Jakrta gak ada toko kuenya. Nice info banget gan ^^


  23. Unknown Says:

    buat yang bilang bandung jorok dan tak tertata..
    itu salah besar, sekarang bandung tuh kota yang bersih dan rapih (y)

    sekalian mampir yuk http://mobildatsunbandung.com/



  24. Soal kuliner mah, Bandung atuh rajanya ^^


  25. terima kasih informasinya , semoga dapat membawa manfaat buat saya


  26. yoan Says:

    yang pengen oleh oleh bandung macam keripik,seblak,manisan dll hub aq aja ya 08997337633 / pin 29274c36



  27. Unknown Says:

    info mantap, tahun 2016 ini ada cemilan baru khas kota bandung, namanya BROWKER alias brownies kering aseli ti bandung, info nya ada di pin bb 33182e32, WA 081320751096, email : orderbrowker@gmail.com


  28. Unknown Says:

    info mantap, tahun 2016 ini ada cemilan baru khas kota bandung, namanya BROWKER alias brownies kering aseli ti bandung, info nya ada di pin bb 33182e32, WA 081320751096, email : orderbrowker@gmail.com


  29. pisang molen sama maicih favoritku :D :D

    www.piesusubliman.com


  30. Anonim Says:

    jangan lupa cuankienya juga juara


  31. Unknown Says:

    nambahin nih. oleh oleh dari bandung yang ngehits ada Fudge brownies lezat dari BrownieHolicBdg .. asli enak banget, cobain deh yang cream cheesenya http://www.instagram.com/brownieholicbdg .. dijamin ketagihan


  32. Ayoe Says:

    siwangonline.wordpress.com

    Yuk ke Cirebon...


  33. mikekim Says:

    RASAKAN Sensasi Bermain Poker ala Las Vegas !!

    PinoPoker .Com | PinoPoker .ORG | PinoPoker .INFO

    Promo BONUS Cachback TERBESAR
    BONUS Refferal SELAMANYA
    >> Modal Kecil Dapat Menang BESAR Hanya Di PinoPoker.Org <<
    Segera Daftarkan User ID nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 10.000,-
    1 user ID sudah bisa bermain 8 Permainan.

    • PokeR
    • AduQ
    • Capsa
    • Domino99
    • BandarQ
    • Bandarpoker.
    • Sakong
    • Bandar 66 *BARU*

    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.

    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER

    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam

    • WA: +855 96 9787314
    • BB : DCFA96C4
    • LINE : pinopoker

    Come & Join Us!


  34. Unknown Says:

    artikel ini sangat menarik, diupdate terus ya blog nya

    Sbobet Mobile Indonesia


  35. Maria Lee Says:

    JobSide buat tambahan jajan .... Info { 5*E*E*8*0*A*F*E }


  36. Sangat menari dan sepertinya enak semua menunya...

    Salam blog kuliner
    https://www.sambellayah.com


  37. Unknown Says:

    JUAL Obat Aborsi Di Bandung MANJUR UNTUK USIA 1-7 BULAN.
    Obat Penggugur Kandungan Di Bandung YANG KAMI JUAL RESMI DARI RUMAH SAKIT, JADI ANDA TIDAK PERLU RAGU LAGI UNTUK ORDER Cytotec Asli Di Bandung
    YANG KAMI JUAL KARENA BERGARANSI DAN DIJAMIN 100% TUNTAS TANPA HARUS KURET LAGI.
    Ciri Cytotec Asli adalah obatnya tidak ada bentuk lain selain persegi enam dan warnanya pun cuma putih.

    INFO LEBIH LANJUT KLIK WEBSITE RESMI KAMI YANG TERTERA DI BAWAH INI:

    Obat Aborsi Di Bandung
    Obat Penggugur Kandungan Di Bandung
    Penggugur Kandungan Di Bandung
    Obat Penggugur Janin Di Bandung
    Obat Cytotec Asli Di Bandung
    Cytotec Asli Di Bandung


    Obat Aborsi
    Cara Menggugurkan Kandungan
    Menggugurkan Kandungan
    Menggugurkan Janin
    Obat Penggugur Kandungan
    Penggugur Kandungan
    Obat Cytotec Asli
    Cytotec Asli
    Obat Peluntur Janin
    Peluntur Janin
    Obat Penggugur Janin
    Penggugur Janin
    Obat Telat Bulan
    Cytotec Asli

    CALL/WA : 081325000880
    BBM : 54D5479D


  38. Ngisep rokok sama secangkir kopi aja juga udah nikmat.



  39. Wah terimakasih yaa info yang anda bagikan sangat bermanfaat. Semoga terus bisa menginspirasi dan terus bisa berbagi konten yang menarik serta bermanfaat seperti ini.



  40. halohia Says:

    bingung mencari situs poker online yang berkualitas?
    ini nih saya perkenalkan website bandarq terpercaya yaitu bebasqq
    dengan hanya menggunakan 1 id bisa memainkan 8 permainan sekaligus yaitu :
    -aduq
    -bandarq
    -sakong
    -poker
    -bandarpoker
    -dominoqq
    -bandar66
    -capsa susun

    *minimal deposit 20 ribu
    *minimal withdraw 20 ribu
    *bonus rollingan yang mencapai 0,5%
    *bonus refferal 20%
    *persentasi kemenangan yang sangat tinggi
    *dilayani oleh cs yang baik dan ramah
    *proses deposit dan withdraw dibawah 1 menit.

    untuk nomor wa bisa hubungi : +6285381564626 ya
    agen domino teraman dan terpercaya



  41. Kamu lagi cari jasa nasi box di purwokerto? kunjungi penawaran kami untuk mendpatakan informasi seputar nasi box di purwokerto dan sekitarnya. Kenapa harsu pesan dan hubungi kami? karena kami ahlinya nasi box di purwokerto. Kami sudah terbiasa meneripa pesanan ribian bahkan pulihan ribu nasi box. Kunjungi kami sekarang, dan klik Nasi Box Purwokerto


  42. molektoto Says:

    DUDUK santai , MAIN game dapet duit buang Stres Loh Tunggu apa lagi? yuk gabung sekarang juga di MOLEKTOTO DAPATKAN: BONUS NEW MEMBER 10%
    BONUS DEPOSIT HARIAN 5RB
    DEPOSIT VIA PULSA TANPA POTONGAN LOH!!
    Dan Lagi Ada TIPS & TRICK NYA .. berapapun kami bayar.^^
    Yuk gabung sekarang juga! WA : +6281264639345
    LINK : WWW.MOLEKWIN.ORG