Translate this page from Indonesian to .......

English French German Spain Italian Dutch Japanese Korean Chinese Simplified

Widget edited by Computer Trend
Adeline Adinoto
Kuliner Bandung, Jajanan Malam
Reviewed by : Adeline Adinoto
Pembahasan Kuliner Bandung kali ini akan membahas tentang berbagai jajanan malam di kota Bandung. Bagi Anda yang mencari tempat makan enak atau ingin berwisata kuliner di malam hari, ada beberapa tempat atau lokasi di Bandung yang bisa dituju. Beberapa jajanan malam terkenal di Bandung antara lain : (Klik gambar untuk memperbesar)
  1. Bubur Ayam Pikiran Rakyat (Bubur Ayam PR).

    Photobucket Photobucket Bubur PR 4

    Lokasi : Jl Asia Afrika 112 Bandung (seberang Savoy Homann).
    Harga : Rp 10.000.
    Menu : Bubur ayam (pakai telor, ati, dan ampela).
    Comment : Kalo malem-malem laper, datang aja ke tempat mangkal Bubur Ayam PR di Asia Afrika. Soalnya bubur PR ini buka mulai jam 20.00 malem ampe 03.00 WIB subuh. Nama bubur PR ini sendiri asal muasalnya gara-gara nongkrong 25 tahun lebih di depan kantor pusat Pikiran Rakyat (koran harian Bandung) yang terkenal. Buat yang istrinya lagi ngidam malem-malem makan bubur juga bawa aja kesini. Rasanya lumayan, harganya juga terjangkau. Krupuknya juga bukan krupuk biasa, tapi emping. Jadi khas bubur PR. Walaupun cuma pake bawang goreng (ga pake bawang daun atau seledri) tapi tetep lezat. Yang paling berasa adalah ketika udara dingin menusuk, bubur yang hangat benar-benar membuat badan terasanya nyaman.

  2. Bebek Borromeus


    Photobucket

    Lokasi : Jl Hasanuddin 8 Bandung (di tenda pinggir jalan di dekat belokan seberang pintu selatan RS St Borromeus)
    Harga : Bebek Goreng + Nasi Rp 13.500, Teh Botol Rp 2.500, Krupuk kuning Rp 500, Tahu, Tempe Rp 500. Murah meriah bener.
    Menu : Bebek Goreng/Bakar, Tahu, Tempe, Pecel Lele, Ayam Goreng/Bakar, Kol Goreng, dll.(Klik gambar untuk memperbesar)

    Photobucket Photobucket Photobucket

    Comment : Tenda pinggir jalan yang satu ini selalu full pengunjung, selain karena harganya yang benar-benar terjangkau, keempukan dari bebek Borromeus ini memang tak ada duanya. Soft banget pas digigit, kayanya dagingnya sudah dimasak berjam-jam. Rasanya juga nikmat, tidak amis sama sekali karena bumbu rempah yang dimasak berjam-jam itu benar-benar menghilangkan rasa amis bebek. Makan bebek Borromeus ini, kucing atau anjing juga ga kan kebagian sisa-sisanya selain murni tulangnya. Wkwkkwk. Rasa sambal pecelnya sendiri boleh dibilang soft banget. Buat yang takut pedas, disini tempatnya. Cuma kalau berminat mencoba bebeknya, jangan datang terlalu malam. Walau mulai buka pukul 17.00 WIB, namun karena peminat bebek Borromeus ini banyak banget, maka sekitar pukul 19.00 WIB saja kadang sudah kehabisan stok, apalagi kalau stok bebek Borromeus hari itu cuma sedikit. Kecewa sih kalau sudah kehabisan, cuma kalau sudah malas lagi pindah ke tempat lain, Anda bisa memesan ayam atau pecel lelenya, rasanya juga tak kalah sedapnya, tapi tetap saja beda dengan rasa bebek Borromeus. Tendanya sendiri sih tidak ada tulisan bebek Borromeus, tapi kalau Anda melihat antrian mobil dan motor di lokasi, langsung bisa terlihat yang mana tenda yang dimaksud. Atau kalau Anda kurang yakin, tanyakan saja pada tukang parkir di sekitar itu. Dijamin mereka pasti menunjukkan Anda tempat yang tepat. Porsi nasinya sendiri termasuk banyak untuk ukuran cewek, kekenyangan malah. Pokoknya soal harga sih dijamin murah meriah. Kalau makan berdua paling hanya habis sekitar Rp 27.000 an. Kalau mengincar bebek Borromeus sekali lagi yang perlu digarisbawahi jangan datang terlalu malam, bisa kecewa nantinya.

  3. Gorengan Mang Iying


    Photobucket Photobucket Photobucket

    Lokasi : Jl Lodaya 81 Bandung (depan hotel Lodaya di perempatan Jl Lodaya – Jl Palasari)
    Harga : Rp 600
    Menu : Tahu isi, Bala-bala (bakwan), Combro, Tempe, Pisang
    Comment : Tahu isi Mang Iying ini bener-bener enak, selain empuk, rasanya juga mantap. Cuma memang tahunya pakai tahu pasar, jadi rasanya khas, asem-asem dikit. Tapi tenang, ga mengurangi kelezatannya. Soalnya adonan tepungnya renyah abis. Kalau rasa tempe gorengnya sih termasuk standar. Combronya sendiri banyak yang suka, walaupun menurut penulis pribadi biasa saja. Yang penting si tetehnya bageur. Selaen ramah, kalo kita belinya Rp 5.000, dikasi 9 biji gorengan. Jadi kaya dapet korting Rp 400. Hehehe. Hatur nuhun teteh!:)

  4. Iga Bakar Si Jangkung
    Lokasi : Jl Cipaganti 75G Bandung (sebelum Mesjid Cipaganti)
    Telp : 08112205513.
    Buka : Setiap hari jam 18.00 – 24.00 WIB.
    Harga : Iga bakar kambing/sapi Rp 15.000, Sate potong kambing/sapi Rp 17.000 (kecuali untuk ayam hanya Rp 15.000), Tongseng kambing/sapi/ayam Rp 11.000, Krengsengan kambing/sapi/ayam Rp 17.000, Nasi goreng Rp 12.000, Gulai kambing Rp 10.000, Sate goreng kambing/sapi/ayam Rp 15.000. Untuk nasi putih Rp 2.000, sedangkan untuk minuman dipatok harga Rp 2.000 – Rp 3.000 an.
    Menu : Iga bakar, Sate potong, Tongseng, Krengsengan, Gulai, Nasi goreng, Sate Goreng.(Klik gambar untuk memperbesar)

    Iga Bakar Si Jangkung 4 Krengsengan Si Jangkung

    Comment : Tempat yang satu ini hanya berupa tenda di pinggir jalan Cipaganti. Namun hal ini tidak mengurangi membludaknya pengunjung yang makan di tempat ini. Waktu bertandang kesini penulis mencoba iga bakar kambing dan krengsengan kambing. Buat krengsengan kambing diakui rasanya lumayan sedap, bumbunya berani, hanya saja kuahnya terasa berminyak. Sedangkan untuk iga bakarnya kurang memuaskan, karena terasa masih liat, dan relatif tipis kurus (mungkin kambingnya kecil kali yah, hehehe). Bumbu iga bakar kambing sendiri terasa kurang, soalnya rasanya terdominasi sama rasa kecap bango, sehingga seakan-akan termonopoli rasa kecap saja walaupun dihidangkan bersama irisan tomat dan bawang bombay. Mungkin lain kali nasi goreng atau daging sapinya patut dicoba (kalau pesan iga bakar sapi hasil akhirnya kotak-kotak dadu tanpa rib). Siapa tahu rasanya lebih menggoyang lidah. Kalau buat minuman sendiri sih relatif biasa, hanya sizenya memang termasuk kecil sehingga masih terasa kurang. Oya, jika Anda ingin memesan jus juga bisa, harganya berkisar Rp 5.000an.

  5. Roti Bakar 234 Gg Kote
    Lokasi : Jl Jendral Sudirman. Biasanya buka setiap hari mulai jam 3 siang ampe tengah malem.
    Harga : Rp 20.000 • Rp 32.000 .
    Menu : Roti bakar biasa n roti bakar super.
    Comment : Kalo mesen yang roti bakar super, otomatis bahannya lebih lembut. Isinya macem2, mulai dari keju, kacang, susu, kornet, cokelat, bahkan ada juga rasa lobi2. Nah lo, penasaran kan?. Dateng aja cobain.

  6. Surabi Enhaii
    Lokasi : Jl Setiabudi 190 (di depan kampus NHI)
    Harga : Rp 7.000 an
    Menu : Surabi aneka rasa, colenak, ada juga pisang bakar. Surabinya bisa pake macem2 topping, mulai dari sosis, cokelat, oncom, telur, dll. Minumannya ada bandrek, dll.
    Comment : Anget d malem2 kesini. Apalagi kalo weekend, full. Bukanya mulai jam 18.00 • 23.00.

  7. Perkedel Bondon
    Lokasi : Jl Kebon Jati (di pintu selatan stasiun kereta api)
    Harga : Rp 1.000
    Menu : Perkedel kentang.
    Comment : Perkedel ini dijual di warung nasi M. Unus, dimasaknya pake bahan bakar kayu/arang. Kalo dimakan anget2 asik banget. Bondon = Wanita malam. Dijadiin nama perkedel soalnya bukanya mulai dari tengah malem. Sekitar jam 23.00 mulainya. Ati2 suka pake nomer antrian saking larisnya.

  8. Jagung Bakar 4 Rasa
    Lokasi : Jl Ir H. Juanda (Dago, seberang Superindo, depan Dunkin Donut)
    Harga : Jagung Bakar Rp 4.500, kalo jagungnya diiris Rp 5.000.
    Menu : Macem2 rasa jagung bakar, ada juga Corn Pie Rp 3.500.
    Comment : Kalo malem mingguan butuh tempat nongkrong yang rame, dateng aja ke sini d, biasanya padet banget, lagian variasi rasa jagungnya juga macem2. Bisa manis, asin, asam, pedas, bisa juga kalo mau pake keju, dll. Kalo bosen ama jagung, pesen aja colenak, ga kalah kok lezatnya. Murah meriah lagi.

  9. Kafe Madtari.

    Photobucket

    Lokasi : Jl Dipatiukur 5 (dpn Medicore), Jl Dr Otten 11, Jl Suci 70.
    Buka : Mulai pukul 16.00 WIB - 03.00 WIB.
    Harga : Mulai dari Rp 3.000 - Rp 15.000, terjangkau abis pokoknya, sikattt!!
    Menu : Roti n pisang yang divariasiin ama telor, kornet, keju, susu, strawberry (bisa milih mau yang mana, beda pilihan beda harga). Ada juga Indomie yang rebus atau goreng dengan pilihan pake telor, kornet, keju. Paling mahal kalo pake keju sekitar Rp7.500an, tapi mengingat kuantitas keju yang ditawarkan, ga kan nyesel. Buat minuman sendiri juga macem-macem pilihannya. Dari susu murni ampe susu kolaburasi (pake jahe, telor, teh, ovaltine, dll). Ada juga teh botol n es jeruk. Dari yang panas2 anget ampe yang seger2 dingin.(Klik gambar untuk memperbesar)
    Mad Tari 1 Mad Tari 2 Mad Tari Menu 1

    Comment : Wah tempat yang satu ini (yang di Dipatiukur) rame abis, ga pernah d keliatan sepi kecuali pas sore baru buka pisan selagi beres-beres tenda sekitar jam 16.00. Kalo dah mulai abis maghrib dipastikan full abis, apalagi kalo Sabtu malem minggu. Wow, parkir motor n mobilnya aja ngederet banget. Yang paling asik kalo yang maniak keju d, dateng aja kesini, ga kan rugi. Kalo bisa ngabisin bersih keju yang ada di piring, patut dikasi jempol. Soalnya kejunya murah hati banget, bener-bener menggunung. Orang-orang aja umumnya masi nyisa. Kalo mau live musik juga ada, pengamen maksudnya, hehehe, tapi lumayan kreatif kok, lagu-lagunya up to date, terus alat musiknya juga biasanya bukan cuma gitar aja. Buat yang mau nongkrong rame2 tapi irit, dateng aja kesini, dijamin puas. Cuma kalo ujan sih agak repot, soalnya lokasinya tenda di pinggir jalan. Tapi kalo dah nyampe di mulut makanannya sih kebayarlah basah2 juga.

  10. AA Bistik

    Nasi Goreng AA 1 Nasi Goreng AA 2

    Lokasi : Jl Astana anyar 264 Bandung (dekat Rumah Sakit Bersalin Astana Anyar, seberang WM Bintang Seafood).
    Telp : 08121427856. Harga : Mulai Rp 11.000 – Rp 16.000.
    Menu : Nasi Bistik, Nasi Ca Jamur, Nasi Pu Yong Hai, Nasi Cap Cai, Nasi Kuluyuk Rp 11.000. Nasi Goreng Bistik Rp 13.000. Mie Goreng, Mie Kuah, Kwetiaw Goreng, Kwetiaw Kuah, Bihun Kuah dan Bihun Goreng Rp 13.000, Mie Bistik, Kwetiaw Bistik dan Bihun Bistik Rp 16.000. Buat yang ingin beli lauk aja seperti Cap Cai Goreng, Bistik, Kuluyuk, Pu Yong Hai sekitar Rp 13.000 – Rp 14.000.
    Comment : Waduh tempat yang satu ini ga pernah ga ngantri kayanya. Penuh terus. Walaupun tempatnya bener-bener dipinggir jalan, tapi peminatnya ga pernah sepi. Andalan di tempat yang satu ini adalah nasi goreng bistik. Itu loh nasi goreng terus dikasi daging ayam yang udah digoreng tepung terus dikasi kentang goreng, wortel plus buncis. Dipinggirnya juga dikasi sambal. Jangan kuatir sambalnya sendiri juga relatif ga pedes. Ayam goreng tepungnya renyah abis. Sama sekali ga alot. Top abis. Jadi dengan Rp 13.000 bener-bener puas d pokoknya. Porsinya juga cukup. Antrian mobil dan motor juga selalu rame. Sebagian milih makan di tempat, sebagian pengen dibawa pulang. Asal tidak hujan saja, kalau tidak terbayang repotnya akan seperti apa. Oya kalau mau cepat pesan saja nasi goreng bistik, soalnya karena banyak pelanggan yang memilih menu ini jadi si koki terus menerus membikin bistik ayam (yang digoreng tepung). Otomatis kalau pesan menu ini bisa ikutan nimbrung, hehehe. Atau kalo mau cepet telp dulu aja mesen. Jadi pas sampe lokasi tinggal bilang d kalo tadi dah telp, biasanya diprioritasin sama dia. Buka mulaisekitar jam 17.30 sampai tengah malam.

  11. Nasi Kalong
    Lokasi : Jl RE Martadinata 57 (Riau 57)
    Menu : Macem-macem lauknya, kayanya ada 20 macem lebih. Kita tinggal milih. Katanya sih pake bahan-bahan alami buat bumbunya, seperti kluwek atau daun salam, jadi termasuk healthy food juga.
    Harga : Relatif tergantung yang kita pilih. Pas ama kantong pokoknya.
    Comment : Bukanya jam 20.00 – jam 02.00 pagi, makanya disebut kalong, soalnya malem doang bukanya.

  12. Sarwang (Sariwangi)
    Lokasi : Jl Rancabentang Ciumbuleuit
    Menu : Ayam Goreng/Bakar, Tahu Goreng/Bakar, Tempe Goreng/Bakar, Macem-macem pepes, Ikan Mujair Bumbu Rujak, Usus Ayam Pepes/Goreng/Bakar, Perkedel Jagung/Kentang Goreng/Bakar, dll
    Harga : Pas sama budget anak kos. Terutama anak-anak UNPAR.
    Comment : Bukanya mulai jam 15.00, letaknya di tenda. Tempatnya sih sederhana, rasanya yang mewah. Kalo gua sih doyannya yang bakar-bakar. Mulai dari ayam, perkedel, ampe usus mintanya dibakar semua. Kalo mau sip pesen aja yang bumbu rujak. Dijamin maknyuss…

Sekian dulu bahasan mengenai jajanan malam Bandung kali ini. Nantikan bahasan kuliner Bandung berikutnya.

Artikel terkait :

Kuliner Bandung Jalan Sutera
Kuliner Bandung Makanan Ringan
Kuliner Bandung Van Java



    Labels: | edit post
    7 Responses
    1. Waaaaaah enak2nya, tes.. tes (ngiler)


    2. bening Says:

      aduhhhhhhhhhhhhhh
      jadi makin lapar neh, pesen Bubur Ayam Pikiran Rakyat, Bebek Borromeus, ama air mineral deh kirim ke sini ya
      http://beningsecret.blogspot.com/2009/04/jodoh-yang-terlambat.html


    3. Abdee Adien Says:

      wahhh siga na urang bandung nyah???!sya sering k bandung.. boleh dunkz sekali-kali ajak saya berwisata kuliner.. ok Kang.. hehe..


    4. MIGOMAGI Says:

      kru kami juga penyuka bubur ayam, ada bebrapa lagi tempat makan bubur yang buburnya juga enak di Bandung ini...
      mau?


    5. Anonim Says:

      Soal singkat menyingkat nama makanan ini, entah sejak kapan memang orang Sunda, khususnya orang Bandung selalu menyebut nama makanan dengan disingkat.
      Beberapa contohnya adalah jajanan-jajanan yang sudah ada sejak jaman dulu seperti Gehu = Toge Tahu, Comro = Oncom dijero, Misro = Amis dijero, Sukro = suuk dijero, Cilok = Aci dicolok, Cimol = Aci digemol-gemol, Cireng = Aci digoreng, pismol = pisang molen, dan tentunya Batagor = Baso Tahu Goreng, bahkan belakangan ini Brownies Kukus = Brokus dan Martabak Jepang = Bakpang yang sangat populer sebagai oleh-oleh dari Bandung.


    6. Anonim Says:

      dahsyat abis !!
      wajib dicoba semua, gw uda nyoba madtari, surabi enhai, nasi kalong, dan seluruhnya mmaannnttaapp!!!
      bagi yg blum mencoba langsunglah datang ke bandung dan mencoba kuliner yang direkomen diatas. gw jg mo melanjutkan yang belum gw coba.


    7. Pak Riswanto Says:

      Assalamualaikum wrb, saya mohon maaf kalau postingan saya menyinggung perasaan anda semua tapi saya lillahi ta’ala hanya mau menceritakan pengalaman pribadi saya saya berharap ada yang sama seperti saya.perkenalkan terlebih dahulu saya aini andari tinggal di Padang,dulu saya penjual kue keliling himpitan ekonomi yang membuat saya seperti ini,saya tidak menyerah dengan keadaan saya tetap usaha,pada suatu malam saya buka internet tidak sengaja saya lihat postingan seseorang yang sama seperti saya tapi sudah berhasil,dia dibantu oleh nyi rawih tampa pikir panjang saya hubungi beliau saya dikasi pencerahaan dan dikasi solusi,awalnya saya tidak mau tapi sya beranikan diri mengikuti saran beliau,alhamdulillah berjalan lancar sekarang saya punya toko bangunan Jaya Abadi didaerah Padang,terimah kasih saya ucapkan pada Nyi rawih berkat beliau saya seprti ini,mungkin banyak orang yang menyebut saya mengada-ada tapi saya buktikan sendiri,khusus yang serius mau bantuan silahkan hub beliau nyi rawih beliau orangnya baik ini nomor beliau 082250546417 atau klik UNTUK INFO LEBIH JELAS KLIK DISINI ini pengalaman pribadi saya percaya atau tidak semua tergantung pembaca demi Allah ini nyata sekian dan terima kasih ,Assalamualaikum Wrb....allahuakbar....allahuakbar....allahuakbar