Translate this page from Indonesian to .......

English French German Spain Italian Dutch Japanese Korean Chinese Simplified

Widget edited by Computer Trend
Adeline Adinoto
Tips Perkawinan Sehat dan Bahagia
Reviewed by : Adeline Adinoto
Perkawinan yang awet memang menjadi dambaan setiap insan. Pernikahan yang langgeng saat ini memang sulit ditemui. Banyak sekali pasangan yang dahulu mempunyai impian yang indah tentang pernikahan mereka, namun akhirnya berujung pertengkaran di meja hijau pengadilan. Perceraian menjadi hal yang tidak terelakkan lagi. Jika kedua insan itu sudah memiliki anak, tentu hal itu sangatlah disayangkan. Buah hati dari hasil pernikahan tentu akan menanggung segala kepahitan dari situasi yang tidak menyenangkan ini. Perkawinan yang sehat menciptakan suasana bahagia. Bagaimana supaya pernikahan atau perkawinan yang Anda jalani tetap langgeng selamanya? Pernikahan yang awet tidak datang begitu saja. Semua itu harus diperjuangkan. Berikut ini adalah panduan atau kiat-kiat untuk menciptakan perkawinan yang sehat dan bahagia. Tips-tips berikut bisa menjadi bahan rujukan untuk dipertimbangkan:
  1. Terima apa adanya
    Jangan mencoba mengubah pasangan atau siapa pun. Ini adalah hukum wajib. Jika seseorang benar-benar ingin berubah, orang tersebut harus punya motivasi dan mengambil tindakan. Selain itu, terima keterbatasannya. Dia bukan superman. Anda juga bukan superwoman. Atau kebalikannya. Tak ada orang yang sempurna. Jadi jangan mengharapkan kesempurnaan. Terima kelemahannya, karena setiap orang pasti mempunyainya. Anda menerima kelemahan-kelemahannya dan dia menerima kelemahan-kelemahan Anda. Itulah hidup.
  2. Membangun hubungan dan ikatan
    Membangun hubungan ikatan dengan orang lain secara umum perlu waktu. Coba berkomunikasi dengan baik, mendengarkan, berbagi yang baik dan buruk, mengajukan pertanyaan, memuji ketimbang menghina ataupun marah. Singkatnya mencoba untuk berteman. Dan ini sehat. Jika Anda tak memiliki hubungan ini, kemungkinan Anda perlu bantuan profesional seperti konselor atau terapis. Saatnya untuk bergerak ke hubungan yang lebih sehat.
  3. Jangan mengharapkan yang muluk-muluk
    Sudah bukan rahasia bahwa film, novel percintaan, drama tv sering menjual mimpi-mimpi romantis yang indah yang berbeda dengan apa yang terjadi sesungguhnya dalam kehidupan kita sehari-hari. Kadang-kadang cerita-cerita romantis yang ditampilkan seakan-akan berbeda seratus delapan puluh derajat dengan kenyataan yang ada. Tapi jangan berkecil hati, cobalah lebih realistis. Jangan mengharapkan sesuatu yang terlalu besar seperti pemasukan besar tanpa perlu kerja keras, cinta yang senantiasa menggebu-gebu setiap saat, dan lain-lain. Lihat kenyataan, bersyukurlah untuk semua cinta yang sudah Anda terima. Segala bentuk perhatian kecil, kejutan-kejutan kecil yang menyenangkan yang diberikan pasangan Anda.
  4. Fleksibel
    Bertoleransilah pada pasangan. Jangan terlalu terikat keras pada peraturan. Jadilah orang yang fleksibel. Bersikaplah bijaksana.
  5. Berkomunikasi
    Cobalah untuk bersikap terbuka pada pasangan. Jika terjadi kekacauan dan itu kesalahan Anda, jangan ragu untuk minta maaf. Berterus teranglah tentang apa yang ada dipikiran Anda. Hal ini lebih mudah daripada meminta pasangan untuk menebak-nebak apa yang Anda inginkan. Hadapi rintangan yang ada. Fokuslah untuk terus maju ke depan.
  6. Dapat dipercaya
    Jadilah seseorang yang dapat dipercaya. Demikian pula sebaliknya jagalah kepercayaan yang diberikan oleh pasangan dengan sungguh-sungguh. Jangan menyalahgunakan kepercayaan. Karena itu adalah hal yang sulit didapat, maka berjuanglah untuk mempertahankannya.
  7. Tujuan bersama
    Biasanya pasangan punya tujuan bersama. Mengembangkan beberapa tujuan bersama akan membantu memperkokoh ikatan yang ada. Ciptakan selalu tujuan-tujuan baru. Kerjasama yang ada akan membantu meningkatkan kualitas hubungan.
  8. Kesehatan
    Jaga kesehatan Anda sendiri dan dorong pasangan Anda untuk melakukan hal yang sama. Tinggalkan kebiasaan-kebiasaan yang tidak sehat. Jangan ragu berbagi pandangan tentang kesehatan dan dorong pilihan-pilihan ke arah yang lebih baik.
  9. Keintiman
    Perlu waktu untuk mengembangkan keintiman seseorang. Keintiman itu lebih berarti dari kontak fisik. Keintiman dapat berarti dapat memeluk di saat sulit, senyum untuk membesarkan hati saat ditimpa kemalangan. Jangan menyiksa atau menyalahgunakan pasangan. Jangan membiarkan diri Anda disiksa juga atau dimanfaatkan. Keintiman perlu berbagi.
  10. Boleh mengatakan tidak
    Anda tidak selalu harus setuju dengan pasangan. Boleh dan harus bisa mengatakan tidak jika memang itu adalah hal yang benar.
  11. Terus berhubungan
    Jangan hidup berpisah terlalu lama. Dengan teknologi masa kini Anda bisa berhubungan dengan berbagai macam cara. Tidak usah berlebihan, obsesif ataupun menguasai. Yang terpenting adalah kualitas pembicaraan.
  12. Jangan membesarkan masalah
    Hidup ini tidak sempurna. Karena itu selalu saja akan ada masalah. Mulai dari yang kecil sampai dengan yang besar. Jika pasangan Anda pulang terlambat dan janji makan malam bersama menjadi batal, jangan jadikan itu hal yang malah menghancurkan malam Anda. Kerjakan sesuatu yang lain. Rileks dirumah berdua, mendengarkan musik klasik bersama, ataupun berbincang-bincang ringan bisa dilakukan.
  13. Kencan
    Luangkan waktu seperti masa Anda pacaran dahulu. Pergilah ke tempat-tempat yang baru, berpetualanglah, atau jelajahi lagi kenangan di masa silam.

  14. Buat bulan madu yang abadi
    Ingat bagaimana perasaan Anda ketika menjalani momen itu. Lakukan hal-hal kecil yang Anda lakukan di awal hubungan dan buat bulan madu bertahan selamanya. Sempatkan untuk memberikan kejutan-kejutan kecil untuk menggairahkan hubungan Anda. Pulanglah lebih awal, siapkan makan malam yang romantis, dengarkan musik, berdansalah dengan pasangan.

  15. Jangan marah
    Jangan terlalu fokus pada siapa mengatakan apa, kapan, bagaimana, dan mengapa jika dia salah. Lebih baik merendah dan minta maaf lalu peluk pasangan Anda.

  16. Buka jendela jika pintu ditutup
    Jika Anda merasa sudah sampaipada batas kesabaran dan tak ingin mencoba sekali lagi, tutup pintu pada sudut masalah itu. Pergilah merenung, dinginkan hati. Sesudah rileks dan merasa segar, pulang dan buka jendela untuk udara yang berbeda.

Perkawinan yang bahagia tentu merupakan dambaan setiap pasangan. Semoga tips-tips ini dapat membantu Anda semua dalam mencapai kehidupan perkawinan yang bahagia.

Jika Anda ingin membaca tips saya yang lain, Anda dapat membacanya disini :

Tips agar Keuangan Keluarga Mantap
Tips Kehidupan Sehari-hari
Romantis dalam Seminggu







2 Responses
  1. tito Says:

    tips yang bagus sangat berguna, tnx :)


  2. Huda Says:

    sangat bagus bagi masyarakat...
    perlu disebarluaskan !!
    makasih ya !?