Translate this page from Indonesian to .......

English French German Spain Italian Dutch Japanese Korean Chinese Simplified

Widget edited by Computer Trend
Adeline Adinoto
Tips Mencegah Kanker Serviks
Reviewed by : Adeline Adinoto
Kanker serviks (kanker leher rahim) merupakan momok yang menakutkan bagi kaum hawa. Kanker serviks sebenarnya dapat dicegah, tapi tetap saja setiap tahun lebih dari 11.000 perempuan di Amerika didiagnosa dengan penyakit ini, begitu menurut American Cancer Society. Kabar baiknya, kanker serviks ini bisa dicegah dengan cara :
  1. Dapatkan pemeriksaan terbaik.
    Kebanyakan kasus kanker serviks disebabkan infeksi HPV, sejenis virus yang tersebar lewat kontak seksual. Sekitar 90% dari HPV sembuh dengan sendirinya. Tapi jika tidak, bisa terbentuk sel-sel prakanker. Pemeriksaan papsmear masih merupakan standar untuk mendeteksi sel-sel ini, tapi beberapa studi terkini mengungkapkan, pemeriksaan untuk HPV bisa secara lebih mudah menghentikan kanker sebelum dimulai. Jika hasil tes ini positif, maka dokter akan memperhatikan secara lebih cermat perubahan-perubahan serviks dan mengangkat sel-sel prakanker yang mungkin ada.

  2. Makan serealia sarapan yang difortifikasi
    Makan serealia yang difortifikasi folic acid sekitar 400 mcg setap hari dari serealia atau roti yang difortifikasi, atau dalam bentuk suplemen dapat membantu. Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda untuk lebih jelasnya. Cegah kanker serviks sebisa mungkin.

  3. Makan sayuran pembasmi HPV
    Perempuan yang diet tinggi sayuran beresiko lebih rendah 50% menderita infeksi HPV yang berlangsung lama, yang juga berarti berkemungkinan lebih kecil mengembangkan kanker serviks. Tambahkan semua jenis buah dan sayuran warna pelangi ke dalam diet Anda untuk mendapatkan perlindungan terbaik.

  4. Jangan merokok
    Kendati kebanyakan infeksi HPV lenyap dengan sendirinya tanpa diobati, hal ini jarang terjadi pada perempuan yang merokok. Penyebabnya adalah asap rokok melemahkan pertahanan tubuh. Infeksi HPV berlangsung lebih lama pada perempuan yang merokok dibandingkan yang tidak, dan meningkatkan resiko kanker serviks. Sedapat mungkin cegah kanker serviks dengan menghindari merokok.

  5. Pelumas organ intim
    Menggunakan pelumas organ intim yang dibuat dari carrageenan, senyawa pengental yang berasal dari rumput laut, menghentikan HPV bertahan dalam sel-sel sehat.

  6. Makan brokoli dan kerabatnya
    Senyawa tumbuhan di dalam brokoli, kembang kol, dan lain-lain dapat membantu sel-sel yang terinfeksi HPV menghancurkan diri sendiri. Cara ini sangat alamiah untuk menghilangkan sel-sel yang tidak sehat sehingga dapat meminimalkan resiko terkena kanker serviks.

  7. Tingkatkan akurasi pemeriksaan papsmear (Klik gambar untuk memperbesar)

    Dokter atau petugas kesehatan Anda berkemungkinan menyarankan Anda menjalani pemeriksaan papsmear setiap tahun atau setiap 3 tahun tergantung faktor resiko Anda untuk kanker serviks. Untuk mendapatkan hasil yang akurat jadwalkan pemeriksaan antara 10-20 hari sesudah hari pertama mens terakhir Anda. Jadwalkan ulang jika Anda mens pada hari pemeriksaan yang direncanakan. Jangan menggunakan foam, krim, obat atau doach vaginal selama 2 hari sebelum pemeriksaan. Jangan berhubungan intim 48 jam sebelum hari pemeriksaan.

  8. Vaksin HPV
    Saat ini tersedia vaksin untuk strain HPV yang paling berbahaya. Vaksin ini bisa membantu untuk mencegah kanker serviks. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk lebih jelasnya untuk mendapatkan informasi yang lebih detail tentang vaksin HPV untuk mencegah kanker serviks.
Jadi usahakan cegah kanker serviks sedini mungkin. Semoga tips-tips pencegahan kanker serviks di atas bisa bermanfaat sebagai bahan masukan.

Artikel Terkait :

Tips menyiapkan kamar bayi
Romantis dalam Seminggu
Kuliner Bandung Jalan Sutera


14 Responses
  1. langkah pertama mencegah AIDS
    sangat berguna thank's


  2. semar Says:

    mantav infonya.. nomor 5 itu buat co ato ce ?


  3. Yaa bagus infonya menambah wawasan orang agar menjaga dirinya dari virus tersebut thanks////!


  4. info yang bagus, bisa nambah pengetahuan buat pasangan saya...thx bro


  5. Gaina Says:

    kirain ada suguhan kue basah, ga taunya disuguhin kanker... hehehehe
    salam kenal


  6. dee-Q Says:

    Nice info...detail and akurat..:)


  7. mantap banget infonya,makasih ya


  8. infonya mantap nih.. terusin lebih lanjut dunk, tes pap-smears itu apa n kayak gimana sih..


  9. Lina Says:

    untung masih dapet di cegah ya si 'seviks' ini.
    He-


  10. penjelajah Says:

    artikelnya bagus.. ibuku divonis kanker ini stadium 4 A+.., sangat kecil kemungkinan tuk sembuh.. skarang beliau dah meninggal...


  11. ALO NICE...BLOGGER...


  12. andre45 Says:

    ih,... porno.
    only for healthy and up to 17th year old...
    he....


  13. Ada kabar baik nih bagi penderita kanker serviks.. Ada teknologi baru yang mampu membantu perawatan penyakit ini namanya TRANSFER FACTOR. Sudah mendapat rekomendasi dari Kementrian Kesehatan Rusia untuk pengobatan kanker dan masuk ke Buku Rujukan Dokter di Amerika (PDR) sejak tahun 2003. Sudah diterbitkan lebih dari 3500 uji klinis manfaat penggunaannya bagi kesehatan manusia.
    http://thetransferfactorindonesia.com


  14. jasmine Says:

    makasih buat infonya gan.