Translate this page from Indonesian to .......

English French German Spain Italian Dutch Japanese Korean Chinese Simplified

Widget edited by Computer Trend
Adeline Adinoto
Nasi Bancakan Mang Barna - Kuliner Bandung
Reviewed by : Adeline Adinoto
Jika Anda pergi ke kota kembang Bandung untuk berwisata atau bersantai bersama keluarga maupun teman, jangan lupa untuk mampir ke tempat makan enak khas Sunda yang satu ini. Nasi Bancakan Mang Barna & Bi O’om terletak di Jalan Trunojoyo No. 62 Bandung. Lokasinya sendiri di pinggir jalan besar Trunojoyo bersebelahan dengan RM Sambara Bandung, berikut ini adalah peta lokasi yang dimaksud (jika Anda ingin melihat gambar-gambar yang ada dengan lebih jelas, bisa di klik untuk memperbesar gambar). Telp. dari Rumah Makan Sunda Nasi Bancakan Mang Barna & Bi O’om yaitu 022-4203650 dan fax nya adalah 022-4212166.

Photobucket Bancakan Depan 2 Photobucket

Dengan motto "Insya Alloh murah meriah", Nasi Bancakan Mang Barna & Bi O’om ini memang tidaklah mengecewakan para pengunjung baik dari segi harga maupun variasi lauk-pauk. Ornamen-ornamen bahkan tulisan-tulisan yang ada di tempat wisata kuliner Bandung yang satu ini memang unik. Suasana warung makan tempo dulu khas Sunda terasa sangat kental disini, hal ini terlihat dari perlengkapan makan dan minum serta slogan-slogan atau wejangan-wejangan yang terpasang di dinding Nasi Bancakan Mang Barna & Bi O’om di Trunojoyo No. 62 Bandung ini. Rumah makan Nasi Bancakan Mang Barna & Bi O’om Bandung ini buka mulai pukul 10.00 WIB – 22.00 WIB, khusus hari Minggu buka mulai jam 09.00 WIB – 22.00 WIB.

Photobucket Photobucket

Mang Barna sendiri sebagai pemilik Nasi Bancakan ini masih senantiasa menyempatkan diri menyambut pengunjung yang berdatangan untuk menikmati kuliner Sunda. Penulis sendiri sempat disambut dan berjabat tangan langsung dengan Mang Barna di sela-sela kesibukannya.

Photobucket Bancakan Mang barna

Di rumah makan Sunda Nasi Bancakan Mang Barna & Bi O’om ini antrian yang sangat panjang biasanya terjadi pada jam-jam makan seperti suasana waktu penulis berkunjung pada siang hari saat jam makan siang. Para pengunjung tampak mengantri dengan sabar.

Photobucket Photobucket

Terlihat para penikmat kuliner Sunda mengantri untuk memilih lauk-pauk yang terhidang di meja panjang. Berbagai macam hidangan yang mengundang selera nampak memenuhi meja. Nasi yang disediakan di rumah makan khas Sunda Nasi Bancakan Mang Barna & Bi O’om ada dua macam, yaitu nasi liwet yang terhidang dalam wadah yang besar, dan nasi timbel yang terbungkus daun pisang dengan apiknya. Pencinta Nasi Bancakan Mang Barna & Bi O’om bisa memilih nasi dan lauk-pauk sesuai dengan selera.

Nasi Bancakan 4 Photobucket

Photobucket Photobucket

Lauk-pauk yang ada di meja panjang terhidang dalam satu wadah baskom seng yang besar, yang merupakan ciri khas unik dari tempat makan Sunda Nasi Bancakan Mang Barna & Bi O’om Bandung ini. Lauk-pauk yang bisa ditemui di tempat kuliner Bandung ini antara lain Sate (sate babat, sate paru, sate limpa, sate usus sapi, sate telor puyuh), Ayam goreng/bakar Cisaga, gepuk, semur, sambel goreng. Ada juga macem2 pindang (lauk sawah, bandeng, deles goreng, tongkol, dll). Macem2 tumis (genjer, paria, tahu brokoli, waluh, soun cabe, sambel goreng kentang, buntil, ceos kacang, orek tempe, tumis tahu toge, dll). Gorengan seperti perkedel jagung, bala-bala, rempeyek, tahu/tempe. Lotek dan rujak sampai semur jengkol ataupun goreng jengkol juga tersedia di rumah makan Nasi Bancakan Mang Barna & Bi O’om ini.
Tungku yang ada untuk pembakaran dan bumbu-bumbu masak tradisional terlihat pula pada gambar (klik gambar untuk memperbesar). Suasana tempo dulu yang dipertahankan dapat terlihat disini. Bahkan piring untuk makan serta cangkir untuk minum teh tawar masih memakai yang terbuat dari seng (disediakan gratis untuk teh tawar).

Photobucket Photobucket
Photobucket Photobucket

Bagi para pengunjung yang ingin memesan minuman yang terlihat menyegarkan di tempat kuliner Sunda Nasi Bancakan Mang Barna & Bi O’om, bisa memesan di tempat pesanan khusus minuman. Disediakan berbagai macam variasi seperti es goyobod, es jus terong walanda, es kopi nyereng, es melon selasih, rupi-rupi jus, teh/kopi tubruk, susu soda kampung/gembira, dll. Ada juga kue balok yang dibikin di atas arang. Kue balok merupakan jajanan tradisional khas Sunda. Anda bisa bernostalgia di rumah makan Nasi Bancakan Mang Barna & Bi O’om ini.

Photobucket Photobucket Bancakan Es Goyobod

Bagi yang ingin minum Es Goyobod ataupun Es Cingcaw Hijau, sudah tersedia. Harganya pun murah meriah, yaitu Rp 5.000.
Setelah puas dengan pilihan makanan dan minuman Anda, datang saja ke meja kasir untuk mencatatkan apa saja yang Anda pesan/order. Tidak usah langsung bayar. Cukup sodorkan makanan dan minuman Anda, kasir akan memberi Anda nomor meja yang berguna saat pembayaran nanti. Praktis bukan.

Photobucket Photobucket

Tempat makan kuliner Sunda Nasi Bancakan Mang Barna & Bi O’om juga menyediakan menu paket bagi yang ingin memesan untuk acara tertentu. "Pesenan Dua Dinten Sateacana,"tercantum di dalam brosur, yang artinya diharapkan untuk memberitahu paling tidak dua hari sebelumnya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Paket Besek Bancakan ini sendiri murah meriah. Dengan harga mulai Rp 15.000 – Rp 50.000, Anda bisa memilih sesuai dengan budget Anda. Paket besek bancakan yang seharga Rp.15.000 saja sudah terhitung lezat, diberikan pilihan sangu daun, hayam goreng Cisaga/pepes lauk sawah/gepuk/peda goreng, tahu tempe goreng/oreg tempe cabe/tumis genjer, tumis buncis/soun goreng, dan masih ditambah lalapan + sambel yang menggoda selera.

Photobucket Photobucket Photobucket

Harga berbagai macam aneka lauk di tempat makan kuliner Sunda Nasi Bancakan Mang Barna & Bi O’om ini terhitung murah meriah. Tumis sayur rata-rata Rp 3.500. Perkedel, tahu/tempe sekitar Rp 1.000. Pindang sekitar Rp 5.000an. Ayam dan semur sekitar Rp 7.000. Kue balok Rp 1.250. Minuman sekitar Rp 5.000 an sudah bisa menikmati sajian es goyobod. Kalau Anda hanya memesan es teh manis, teh /kopi tubruk, ataupun kopi susu manis, Anda hanya akan merogoh kocek sekitar Rp 2.000 an. Berikut adalah daftar harga menu di tempat makan kuliner Sunda Nasi Bancakan Mang Barna & Bi O’om Bandung.

Photobucket Photobucket Photobucket

Jadi jika Anda ingin mencari suasana tempo doeloe di Bandung, datang saja ke tempat makan kuliner Sunda Nasi Bancakan Mang Barna & Bi O’om. Harga juga relatif murah. Tergantung pilihan kita, tapi jangan khawatir, harga di Nasi Bancakan Bandung ini termasuk wajar, terhitung murah meriah tak mahal. Untuk yang mau mengirit tidak usah membeli minuman. Disediakan teh gratis (yang tersedia di cangkir seng berwarna-warni, yaitu warna kuning atau hijau telur asin di dekat tempat kue balok). Tempat makannya sendiri cukup luas, Anda bisa memilih duduk di meja, atau bagi yang ingin lesehan tersedia pula beberapa tempat duduk lesehan. Terakhir jangan lupa membayar pesanan Anda sebelum pulang, seperti slogan yang tertera di tempat makan kuliner Sunda Nasi Bancakan Mang Barna & Bi O’om, yang menghimbau Anda untuk jujur mengatakan apa yang Anda pesan.

Artikel Terkait :

Kuliner Bandung Jalan sutera
Kuliner Bandung Makanan Ringan
Kuliner Bandung bag. 3
Kuliner Bandung Jajanan Malam
Sagoo Kitchen - Kafe Bandung
Bubur Ayam Mang H.Oyo Bandung
Tips Bermain di Trans Studio Bandung

19 Responses
  1. aa'mil Says:

    Hmmm PERTAMA NIH....

    Enak kali ya??? bagi donk


  2. DAFTAR SEKARANG DISINI
    http://www.usahaweb.com/24960.html
    LANGSUNG DAPATKAN CASH MONEY Rp 100.000,-

    AMBIL KESEMPATAN SEKARANG JUGA
    TIDAK ADA SALAHNYA UNTUK MENCOBA …
    APALAGI GRATIS!!!!!
    http://www.usahaweb.com/24960.html


  3. gudangtool Says:

    wah boleh juga nie nasi bancakannya..
    nnti klo di bdg,, keknya mampir nie hehe..
    info yang berguna..


  4. anak nelayan Says:

    mak nyus hehehehehehe


  5. bayunature Says:

    waduh jadi inget masa keci, "nasi bancakan", dulu dibagikan klw ada hajatan kecil,...sekarang mah, jadi model dagangan yg laku. sukses Kang!!


  6. rudi Says:

    di batam juga ada boss yang kayak nasi bancakan, murah meriah eeuyyy


  7. imam meqel Says:

    WAH MEMANG KULINER INDONESIA MANTAB KITA BISA MEMILIH BERJUTA CITA RASA YANG SANGAT MEMIKAT SELERA,KITA WAJIB BERSYUKUR YAH JADI ORANG INDONESIA,SALAM


  8. imam meqel Says:

    YANG JEJAS KULINER INDONESIA NGGAK ADA YANG BISA NGALAHIN DEH,UDAH MURAH BERGIZI SEHAT DAN YANG PENTING TIDAK ADA MEMAKAI BAHAB KIMIA,CATAT ITU,TANPA BAHAN KIMIA,MANTAB KAN HEHEHE,SALAM


  9. Narti Says:

    wah nasi bancakan dah masuk resto juga yah? asyik....ayo lestarikan kuliner nusantara!


  10. wah,,jadi pingin maem nih??
    ntar dech,kalu aku k bandung, aku akan santap nasi bancakan ini


  11. FuadY RahmaN Says:

    heeemmm enak memangg kalau masakan banduung


  12. ekosulistio Says:

    ikut donk makan2......


  13. dewi Says:

    oke deh...
    bagus infonya, terimakasih ya...
    kpn2 kalo ke bandung lg smg bs mampir


  14. kim Says:

    yummy... asik nih...
    sayangm=nya gw blum pernAH ke bandung... hihi


  15. pasti maknyusss nih..
    kapan ya buka cabang di medan? hiks..


  16. Wah,.ieu aal urang tempatna,..kmaha emang bner-bner enak sob,.makan didinya??


  17. Lyla Says:

    wah saya paling suka nasi bancakan gini


  18. wah....kalau ane jalan2 pasti mampir di bancakan, memang kuliner dibandung enak-enak.


  19. farinaandini Says:

    Jadi Pengen Ke Bnadung Lagi..

    http://farinaandini.blogspot.com/