Translate this page from Indonesian to .......

English French German Spain Italian Dutch Japanese Korean Chinese Simplified

Widget edited by Computer Trend
Adeline Adinoto
Tips Jitu Agar Keuangan Keluarga Mantap
Reviewed by : Adeline Adinoto

Di tengah krisis ekonomi global dengan jumlah pengangguran yang semakin bertambah dari hari ke hari, Anda harus lebih cermat dalam mengatur keuangan keluarga. Berikut ini adalah tips-tips yang dapat dipertimbangkan untuk dilakukan:

  1. Tabungan dulu, baru yang lain.
    Banyak keluarga menetapkan berbagai sisa pos pengeluaran terlebih dahulu, baru kemudian “sisanya” ditabung. Cara ini membuat tabungan tidak optimal dan cenderung dikorbankan apabila ada pengeluaran-pengeluaran tambahan di luar yang rutin. Jadi dianjurkan untuk menetapkan terlebih dahulu sejumlah dana yang ditabung, baru kemudian menetapkan pos-pos pengeluaran lainnya. Perlu diingat bahwa kebutuhan dan kemampuan keuangan suatu keluarga tentu berbeda dengan keluarga lainnya.
  2. Tetapkan prioritas dan disiplinkan untuk mematuhi apa yang telah direncanakan.
    Kunci keuangan keluarga yang mantap adalah perencanaan yang baik. Namun, rencana sebaik apapun tidak akan berarti jika tidak dijalankan dengan baik. Dalam perencanaan agar tidak keliru tetapkan dahulu prioritas. Utamakan hal-hal yang dianggap penting seperti pendidikan dan kesehatan anak, baru kemudian hal-hal yang kurang penting.
  3. Jangan mengutak-atik tabungan jika memang belum waktunya.
    Mengetahui ada dana menganggur kerap kali membuat tangan gatal ingin menariknya. Namun, jika tidak benar-benar dibutuhkan dalam keadaan darurat, sebaiknya tabungan tidak ditarik (apalagi tabungan jangka panjang seperti untuk pendidikan anak). Upayakan untuk mengatur lagi prioritas keuangan dan hilangkan pos-pos yang kurang penting seperti rekreasi.
  4. Manfaatkan fitur asuransi.
    Banyak produk tabungan berjangka panjang atau rencana dewasa ini disertai fitur asuransi. Dengan demikian, target atau rencana yang diinginkan nasabah dapat tercapai meskipun terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
  5. Mulailah hari ini juga.
    Anda mungkin telah mengetahui ada banyak produk tabungan yang baik dan bermanfaat, namun merasa belum waktunya untuk bertindak. Berhentilah berpikir demikian. Luangkan waktu anda sekarang juga, jangan menunda-nunda lagi, karena Anda tidak akan mengetahui pasti kapan dana itu akan dibutuhkan. Segeralah menabung hari ini juga.
  6. Ikuti berbagai macam kontes atau undian berhadiah.
    Tips ini mungkin terkesan aneh, tetapi dengan mengikuti kontes atau undian berhadiah, memungkinkan kita untuk mendapatkan uang tambahan yang dapat dipergunakan untuk berbagai keperluan.
1 Response
  1. Dijaman emang penting banget buat kita untuk mengatur keuangan, terutama untuk yang sudah berkeluarga..
    Harus itu...