Translate this page from Indonesian to .......

English French German Spain Italian Dutch Japanese Korean Chinese Simplified

Widget edited by Computer Trend
Adeline Adinoto
Tips Kehidupan Sehari-hari
Reviewed by : Adeline Adinoto
Dalam kehidupan sehari-hari, seringkali kita salah kaprah dalam berbagai hal. Ini seringkali disebabkan karena kekurangtahuan dan ketidakpedulian kita. Untuk itu, disini saya mencoba memberi beberapa tips yang kiranya dapat berguna dalam kehidupan kita sehari-hari.

Tips Menyimpan Makanan Kaleng
Trik memilih makanan kaleng yang baik mungkin sudah sering Anda terapkan saat berbelanja. Tapi tahukah Anda bahwa cara penyimpanan yang baik juga sudah menentukan umur makanan kaleng? Nah, agar tetap aman dikonsumsi dalam waktu yang cukup lama, beberapa tips berikut ini mungkin perlu Anda simak:
  1. Pastikan kemasan dalam kondisi bersih dan tersegel baik sebelum disimpan.
  2. Pilihlah tempat penyimpanan yang bersih, kering, sejuk dan mempunyai temperatur ruang yang stabil, misalnya di dalam lemari, kabinet dapur, atau rak tertutup.
  3. Agar makanan kaleng tidak tersimpan terlalu lama, pilihlah tempat yang mudah dijangkau dan sering Anda gunakan sebagai tempat penyimpanan. Hindari menyimpan di tempat yang tersembunyi, gelap, terlalu dekat dengan lantai, atau langit-langit ruangan.
  4. Simpan makanan kaleng Anda dengan aturan sebagai berikut:
    - Kelompokkan produk berdasarkan jenis makanan yang dikalengkan
    - Letakkan produk yang baru Anda beli di belakang produk yang lama
    - Susun produk berdasarkan tanggal kadaluarsa
  5. Untuk makanan kaleng yang kemasannya sudah terbuka, sebaiknya simpan didalam kulkas. Jangan lupa rapatkan kembali kemasannya atau pindahkan ke dalam wadah tertutup lainnya.

Tips Membuat Kopi
Minum kopi bersama adalah salah satu hal yang paling menyenangkan. Simak tips yang satu ini sebagai panduan Anda:

  1. Gunakan air dengan kualitas yang baik.
    Air yang mengandung zat besi akan mengubah rasa kopi. Bila Anda menggunakan coffee maker, pastikan tempatnya bersih dari sisa-sisa kopi sebelumnya, karena akan menimbulkan bau apek pada kopi yang baru akan dibuat.
  2. Gunakanlah air yang telah mendidih.
    Ini dilakukan agar seluruh rasa kopi lebih tajam saat diminum. Lalu tunggulah sekitar 30-60 detik sebelum menuangnya di dalam gelas.

Tips Merawat Gigi Putih dan Sehat
Dengan senyum, kehidupan Anda pasti diwarnai kebahagiaan. Senyum indah pastinya dilengkapi dengan gigi yang sehat. Untuk gigi putih dan sehat, simak dahulu tips berikut :

  1. Rawatlah sebelum terlanjur menjadi rusak. Sedapat mungkin gunakan sedotan jika Anda minum kopi, teh, minuman bersoda, dan juga anggur merah. Dengan demikian minuman tak mengenai gigi secara langsung. Minuman tersebut biasanya menjadi penyebab kerusakan gigi yang sangat kuat.
  2. Perbanyak mengkonsumsi makanan yang berperan sebagai pemutih gigi alami. Contohnya buah dan sayuran. Bahan-bahan alami yang cukup efektif untuk membersihkan gigi di antaranya adalah apel, wortel, dan seledri.
  3. Strawberry adalah pemutih gigi yang special. Caranya mudah, hancurkan strawberry, kemudian tempelkan pada seluruh gigi Anda dengan menggunakan jari. Diamkan selama satu sampai dua menit, setelah itu gosoklah gigi Anda dengan menyeluruh sampai bersih.
  4. Gunakan brokoli, daun selada atau bayam untuk mencegah noda gigi.
  5. Gunakan pasta gigi yang berperan sebagai pemutih. Butuh waktu yang cukup lama memang, tetapi apabila ditunjang dengan perlakuan yang intensif, maka kita akan mendapatkan hasil yang maksimal.
  6. Menggosok gigi tiga kali sehari dan setiap selesai makan. Hati-hati dalam menyikat gigi, gosok gigi searah secara vertikal (gigi bagian atas digosok ke bawah, gigi bagian bawah digosok ke atas). Hal ini dilakukan untuk menghindari kerusakan gusi.
  7. Jika Anda ingin hasil yang terlihat langsung bisa dicoba cara bleaching, namun tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Setelah dibleaching (yang biasanya bertahan dua atau tiga tahun), Anda juga diharapkan untuk menjaga makanan dan minuman yang telah dikonsumsi.

Tips Tidur yang Berkualitas
Tidur yang cukup di malam hari sangat penting bagi tubuh. Tidur merupakan fase pemulihan setelah sehari penuh beraktivitas. Orang dewasa memerlukan minimal 6-8 jam untuk tidur demi menyegarkan kembali pikiran dan tubuh. Apabila Anda kurang tidur, aktivitas Anda akan terganggu karena kurangnya daya konsentrasi otak. Anda juga akan merasa kurang fit dan lemas. Berikut ini adalah tips-tips yang bisa membuat tidur Anda menjadi tidur yang berkualitas :

  1. Kurangi asupan kafein sebelum Anda tidur.
    Kafein berfungsi untuk merangsang otak, akibatnya orang yang sangat peka cenderung sulit tidur setelah mengkonsumsi kafein. Efek yang sama juga cenderung dialami orang yang mengkonsumsi alkohol dan rokok.
  2. Makan malam sebaiknya dilakukan minimal dua jam sebelum tidur.
    Hal ini dilakukan agar pencernaan tidak bekerja terlalu berat.
  3. Satu jam sebelum tidur lakukan aktivitas yang menenangkan.
    Anda bisa mendengarkan musik, meditasi, yoga, mandi air hangat atau menidurkan buah hati Anda. Hindari pembicaraan yang memeras otak.
  4. Kenakan baju tidur yang membuat Anda merasa nyaman.
    Suhu tubuh cenderung turun menjelang tidur, namun akan meningkat di tengah malam, dan kembali turun menjelang terbangun. Oleh karena itu kenakan baju tidur yang dapat membuat Anda bertahan melalui perubahan suhu tubuh ini.
  5. Rancang suasana menenangkan di kamar tidur.
    Pilih cat yang berwarna lembut, redupkan penerangan. Sinar dan warna yang berlebihan akan menstimulasi panca indera sehingga tidak bisa beristirahat dengan optimal.
  6. Rilekskan badan dan pikiran sebelum tidur.
    Baringkan tubuh di tempat yang nyaman, sedikit demi sedikit kendurkan setiap bagian tubuh sambil membayangkan tempat yang menyenangkan.

Sekian dulu tips dari saya. Tips-tips lain dapat juga anda saksikan dalam acara Black In News yang ditayangkan di salah satu stasiun TV swasta yang sering memberikan beberapa tips yang menarik. Bagi yang ingin menambahkan ataupun memberikan pendapatnya dipersilahkan mengisi bagian komentar. Terimakasih...

Untuk melihat tips saya yang lain dapat dilihati disini :
Tips Jitu Agar Keuangan Keluarga Mantap
Tips Dalam Berinvestasi
Kuliner Jalan Sutera Bandung
Kuliner Jalan Sutera Bandung (Makanan Ringan)
Kuliner Jalan Sutera Bandung Bag.3

1 Response
  1. DD Says:

    kebetulan aku suka banget kopi.mungkin itu yang bikin aku tidur kurang nyaman ya? thx infonya