Translate this page from Indonesian to .......

English French German Spain Italian Dutch Japanese Korean Chinese Simplified

Widget edited by Computer Trend
Adeline Adinoto
Kura Kura Brazil bag.2 - My Red Eared Sliders
Reviewed by : Adeline Adinoto
Bulan Maret 2008 saya membeli 2 ekor kura kura brazil. Sekarang sudah hampir 1 tahun saya pelihara. Waktu pertama kali dibeli, ukurannya kurang lebih sama. Perbedaannya hanya di batoknya saja. Yang satu batoknya bagus, kata yang jualnya sih yang itu cowo, saya kasih nama Kazuya, biasa dipanggil Zui. Yang satunya lagi batoknya biasa2 aja, lebih kecil dikit, kata yang jualnya sih cewe, saya kasih nama Satsuki, biasa dipanggil Cui.
Sebelum beli Cui n Zui, saya pernah beli 2 ekor kura kura brazil, tapi semuanya mati. Sekitar beberapa minggu setelah dibeli, si Cui kelihatannya sakit. Makan ogah2an, lemes, matanya bengkak sebelah... Paniknya setengah mati, takut mati lagi. Airnya diganti sehari 2 kali, beli penghangat, makan ditungguin... Untunglah setelah kira2 1 minggu, si cui berangsur angsur pulih.
Anehnya, setelah sembuh sakit, si cui nafsu makannya jadi luar biasa. Semua makanan dimakan. Si zui kebagian sedikit banget. Gak lama, ukuran badan Cui udah 1,5 kalinya si Zui. Kadang2 kakinya zui juga suka digigit2 gt. Jadinya dipisah d mereka berdua.
Sekarang si Cui besarnya udah 3x lipat si Zui. Diameter batoknya kira2 20cm. Tapi batoknya jadi jelek warnanya, gak tau kenapa. Si Zui pertumbuhannya lambat. Gak tau kenapa memang nafsu makannya kurang bagus. Dikasih ikan kecil juga berhari hari gak dimakan. Padahal kalo dimasukin ke Cui sebentar aja udah dikejar2. Tapi batoknya Zui tetep bagus
Makanan favorit kedua Cui dan Zui juga berbeda. Cui suka semua makanan yang warnanya merah. Pelet juga lebih suka yang merah. Selain pelet, Cui juga suka Kol, Pisang, Udang, dll. Rakus lah pokoknya. Kalau si Zui paling suka makan daging ayam. Udang, pokoknya semua yang berbau daging. Pernah dikasih otak2 juga dimakan.
Kebiasaan Cui dan Zui juga berbeda. Cui suka jemur, berenangnya jago, tapi si Zui Kalo ada matahari malah cari tempat yang adem.... dan sampe sekarang gak bisa berenang.... parah banget ni kura. Anehnya badannya si Zui lumutan terus, padahal gak suka jemur. Apa gara2 jarang dijemur jadi lumutan ya? Nyikat nya setengah mati, soalnya yang lumutan di kepala. Setiap mau disikat pasti kepalanya masuk..... Ada yang bilang dikasih udang red cherry, tapi ni udang harganya lumayan mahal n ukurannya kecil... Takutnya malah dimakan....
Ada yang punya ide gimana bersihin lumutnya?
Informasi yang tersedia untuk perawatan kura-kura memang belum banyak tersedia di sekitar kita, saya harap akan ada acara yang mau meliput tentang pembudidayaan kura-kura sehingga dapat menambah wawasan para pemelihara kura-kura di Indonesia yang saya kira jumlahnya tidak sedikit.

Sekian dulu tentang Cui n Zui, ntar kapan2 disambung lagi...(yang mau baca post saya sebelumnya dapat dibaca di sini : Kura Kura Brazil) Oh ya ni ada foto2 Cui.... Kalo ada yang ahli tolong kasih tau bener gak Cui tuh Cewe ya?

Cui3 Cui Cui2
Labels: | edit post
1 Response
  1. pas ganti air, sekalian bersiin lumut di badan kura2nya aja..
    biar nda numpuk gt lumutnya.. :)