Translate this page from Indonesian to .......

English French German Spain Italian Dutch Japanese Korean Chinese Simplified

Widget edited by Computer Trend
Adeline Adinoto
Tips Merawat Mobil
Reviewed by : Adeline Adinoto
Bagi para pemilik mobil, memakai mobil merupakan sesuatu yang rutin dilakukan setiap hari, tetapi merawat mobil seringkali dipandang sebelah mata, padahal agar mobil dapat berjalan mulus dan awet, perawatan ini sangat penting adanya. Agar kendaraan nyaman dan enak dikendarai, ada baiknya senantiasa dirawat secara kontinyu. Seperti layaknya manusia, mesin pun membutuhkan perawatan dan pemeriksaan secara rutin agar segera ditangani bila ada bagian yang rusak atau butuh perbaikan. Pemeriksaan secara umum pada mobil sebaiknya dilakukan setiap 2 atau 3 bulan sekali, baik untuk mobil yang sudah lama tidak digunakan atau setelah menempuh perjalanan panjang
Tips perawatan mobil kali ini saya bagi menjadi dua bagian, yaitu tips untuk perawatan mobil secara umum, dan tips perawatan mobil saat musim hujan. Berikut ini adalah tips untuk perawatan mobil secara umum :
  1. Bersihkanlah eksterior dan interior senantiasa, karena bila terlalu lama menempel, kotoran akan mengeras dan akan mengakibatkan cat mobil terlihat kusam dan cacat. Pada bagian interior, kotoran yang tidak segera dibersihkan akan menimbulkan bau tidak sedap.
  2. Periksa kualitas dan volume oli, baik itu oli mesin, gardan, rem, power steering, dan kopling. Oli selain untuk pelumas, juga berfungsi sebagai pendingin, sehingga sangat membantu keawetan mesin dan komponen-komponennya.
  3. Kontrol selalu kondisi ban, baik itu kembangnya maupun tekanan anginnya. Ini selain demi keamanan, juga mencegah terjadinya kerusakan lain terutama pada bagian suspensi.
  4. Periksa secara rutin kondisi air aki, air radiator, dan wiper. Tambahkan dengan cairan yang sesuai jika kondisinya berada di bawah batas minimum.
  5. Jika terdengar suara-suara aneh pada mesin ataupun tenaganya terasa berkurang, segeralah periksakan ke bengkel, jangan menunda-nunda
  6. Pastikan semua lampu pada mobil anda dalam keadaan baik. Ini terutama demi faktor keamanan selama berkendara.
Pada waktu musim hujan sepertsi saat ini, biasanya mobil memerlukan perawatan ekstra. Perawatan apa saja yang perlu diperhatikan ? Ada baiknya anda membaca tips-tips berikut ini :
  1. Air hujan bersifat asam dan banyak mengandung butiran kotoran halus. Jadi setelah tersiram hujan, sebaiknya anda tidak langsung mengelapnya. Basahilan dahulu dengan air bersih secara merata, kemudian cuci dengan shampo mobil dan kemudian dilap setelah dibilas secara bersih.
  2. Jangan membiarkan mobil yang habis terkena hujan selama beberapa hari tanpa dibilas. ini akan mudah menimbulkan karat, dan noda-noda lain pada body mobil.
  3. Periksa sistem pembakaran dan pengapian. Hal ini penting untuk menghindari masuknya air ke dalam sistem pembakaran akibat ada bagian-bagian yang bocor. Juga pada sistem pengapian, kebocoran akan dapat mematikan sistem ini secara tiba-tiba bila tersiram air.
  4. Periksa dinamo stater dan sistem kelistrikan. Jika air samapai masuk ke bagian ini, akan mudah terjadi hubungan arus pendek dan membuat mobil mogok.
Semoga dengan perawatan yang benar tersebut anda akan selalu siap jika sewaktu-waktu diterjang hujan ataupun terpaksa harus melalui daerah banjir. Juga ada baiknya anda bergabung dengan suatu komunitas pecinta mobil, karena dalam komunitas ini anda bisa saling membantu dan bertukar pengalaman mengenai bagaimana merawat mobil yang baik dan benar. Semoga tips kali ini bermanfaat bagi anda semua.
Bagi anda yang menyukai modifikasi mobil, anda dapat membaca pula Tips Modifikasi Mobil dari saya.
Labels: , | edit post
2 Responses
  1. Ardiz Says:

    @Blog Anda telah berada di http://ardiz.blogspot.com/ terima kasih.


  2. Terima kasih tipsnya akan saya coba.
    Bagi cewek2 yang mencari accessories untuk mobil kamu, kunjungi di
    http://girls-car-accessories.blogspot.com/

    Bagi pemilik kendaraan toyota camry atau corolla bisa membeli spare part di
    http://toyotacorollaparts.blogspot.com/


    http://toyotacamry-parts.blogspot.com/


    Terimakasih.