Translate this page from Indonesian to .......

English French German Spain Italian Dutch Japanese Korean Chinese Simplified

Widget edited by Computer Trend
Adeline Adinoto
Kura Kura Brazil
Reviewed by : Adeline Adinoto
Sekitar bulan Maret 2008, gue beli 2 ekor kura kura Brazil. Kata yang jualnya sih satu cowo satu cewe, tapi gak gitu jelas perbedaannya. Ternyata yang namanya kura kura Brazil itu nama bekennya "red eared slider". Entah kenapa orang2 sini nyebutnya kura kura brazil, padahal asalnya juga katanya bukan dari Brazil, tapi dari sungai Mississippi di teluk Mexico.

Cowo sama cewe dilihatnya dari cakar sama kloakanya (lubang anus). Yang cowo, kaki depannya punya kuku panjang2, sedangkan yang cewe, kloakanya lebih deket ke tempurung daripada yang cowo. Tapi karena kura2 gue masih kecil2, boro2 keliatan panjang kukunya, apalagi kloakanya. Jadi percaya aja d sama penjualnya....


Ternyata ngebesarin kura2 brazil dari kecil itu gampang2 susah. Suhu airnya harus agak2 anget, rajin2 diganti airnya (sehari 2 kali, minimal 1 kali) trus kadang2 makannya juga harus ditungguin (suka gak mau makan). 2 ekor kura2 yang aku beli ini mati du duanya setelah sebulan.... Sampe stress, kesannya masa ngurus kura2 aja gak bisa. Akhirnya beli lagi d 2 ekor. Yang satu (cewe) sempet sakit. Gak mau makan, harus sering2 ditungguin, soalnya makanannya sering direbut sama yang satunya lagi. Tapi sesudah sembuh justru jadi kebalikannya, makanannya diambil semua sama si cewe ini, akibatnya sekarang ukurannya jauh lebih gede yang cewe. Padahal waktu belinya yang cowo sdikit lebih gede.

Makanan dan kebiasaan kura-kura juga ternyata berbeda2. Kura2 gue yang cewe senengnya naik ke atas batu buat jemuran kalau pas ada matahari, doyan banget makan daun kol n makanan2 yang warnanya merah (pelet buat kura-kura yang warnanya ijo malah gak suka). Tapi yang cowo, kalo ada matahari malah ngumpet di tempat yang teduh. Makanannya juga milih2, paling suka daging ayam dan gak suka kol. Gak ngerti kenapa bisa bertolak belakang gini sifatnya.

Yang punya kura-kura brazil juga ceritain dong pengalaman2nya, siapa tau bisa sharing2.....

Ingin tau lebih lanjut tentang kura-kura saya ? baca Kura Kura Brazil Bag 2

Labels: | edit post
2 Responses
  1. muaniz Says:

    Informasi yang menarik. Untuk yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut tentang kura-kura Brazil atau berbagi pengalaman tentangnya, silahkan bergabung di Forum Pencinta Kura-kura Brazil

    ---------------------------------------
    Gabung yuk di Forum Pencinta Kura-kura Brazil
    www.kurabrazil.info


  2. gw juga punya res 1 ekor, hasil nemu di got depan rumah.. :D

    nda tau juga jantan ato betina.
    kalo menurut referensi di atas sih menurut aku betina.. hehehe

    kura2ku aku kasi nama nori..
    nori tuh makannya milih, nda suka sawi n kangkung, makannya dikit kalo dikasih makan itu.
    suka banget sama yg namanya selada n udang (mati, hbs dmasukin kulkas).
    kalo dikasih makan ikan hidup dia malah sembunyi di cangkangnya.. :)

    hobi ngumpet di bawah sayur, kalo pas dilepas gt hobinya mojok. hahaha..

    sekarang masih 5 cm, tp cangkang nya yg baru tumbuh kok lunak yah?
    jarang dijemur sih.. :(

    punya sdr gimana skrg kabarnya? :)